About these ads

Tanggal 15 April 2014, Bulan berwarna merah: Jangan percaya sebagai pertanda kiamat!

Gerhana bulan total akan terlihat di langit pada malam hari, Selasa tanggal 15 April 2014. Menurut para astronom, gerhana yang terjadi menjelang tengah malam ini terasa sangat istimewa. Mengapa? Karena Bulan akan berwarna merah-darah atau tembaga. Tidak heran jika fenomena alam ini disebut sebagai blood red moon, atau ada juga yang menyebut blood moon. Banyak yang mengaitkannya dengan Hari Kiamat, tapi jangan percaya! Si Momot akan memberi penjelasan ilmiahnya.

blood moon

Fenomena blood moon yang akan terjadi empat kali sepanjang tahun 2014-2015.

-

Fenomena blood moon ini akan menjadi seri pertama gerhana total dari empat gerhana bulan total (tetrad series of eclipses) tahun 2014-2014. Bulan merah pada tanggal 15 April 2014 ini dimulai pada pukul 21:20 GMT.

(Update informasi, cek artikel ini: Foto-foto gerhana bulan total dan blood moon di berbagai negara).

Berikut ini jadwal lunar tetrad tahun ini dan tahun depan:

  • 15 April 2014
  • 8 Oktober 2014
  • 4 April 2015
  • 28 September 2015

Kejadian alam ini bakal bisa disaksikan langsung melalui Griffith Observatory yang menyiarkannya langsung melalui streaming.

Fenomena tetrad series of eclipses atau disebut juga tetrad bloon moon sepanjang tahun 2014-2015 sering dikaitkan dengan keyakinan umat Kristen dan Yahudi, terutama mengenai datangnya Hari Kiamat.

Kaum Yahudi bakal merayakan Paskah pada tanggal 15 April 2014, bertepatan dengan gerhana bulan total seri pertama yang akan berlangsung selama 3 jam 29 menit.

Selanjutnya, gerhana bulan total kedua akan berlangsung pada 8 Oktober 2014, bertepatan dengan perayaan Hari Tabernakel. Gerhana kali ini akan berlangsung selama 3 jam 20 menit.

Gerhana bulan total ketika tanggal 4 April 2015 juga bertepatan dengan Paskah. Adapun gerhana yang keempat, pada 28 September 2015, juga terjadi pada perayaan Tabernakel.

Kepercayaan seperti ini juga dianut kaum Kristen, meski diterangkan dalam Kitab Perjanjian Lama, Yoel 2:31, yang menyebutkan: “Matahari akan berubah menjadi gelap gulita, dan bulan menjadi darah, sebelum datangnya Hari  Tuhan yang hebat dan dahsyat itu”.

Dalam Alkitab, Mathew 24:29-30, disebutkan, “Hari di mana kekacauan terjadi, matahari akan menjadi gelap gulita, bulan tidak akan menampakkan sinarnya dan akan muncul Anak Manusia turun dari surga dengan kekuasaan dan keagungan”.

Sebagian umat Kristen dan Yahudi menafsirkan bahwa setelah gerhana bulan total keempat, tanggal 28 September 2015, dunia bakal berakhir atau kiamat. Hal ini juga dilansir dailymail.co.uk.

Tetapi sebenarnya ini merupakan penafsiran keliru, yang lebih dipengaruhi oleh buku karangan John Hagee berjudul “Four Blood Moons: Something Is About to Change” (Worthy Publishing, 2013), yang menunjukkan hubungan antara empat  gerhana bulan total dengan nurbuat soal Hari Kiamat. Ayat di atas harus dibaca utuh, karena matahari tidak dalam kondisi gelap gulita.

Sebab, menengok ke belakangan, tetrad series of eclipses ini akan terjadi hingga delapan kali setiap abad. Bahkan, tetrad terakhir terjadi pada tahun 2003-2004, toh tidak ada Kiamat.

Bagi umat Islam, tidak akan pernah ada seorang pun yang mengetahui kapan Kiamat datang, sehebat apapun ilmunya. Sebab, Hari Akhir pasti datang, tetapi hanya Allah yang tahu.

DailyMail juga menyebutkan, sebenarnya fenomena tetrad ini wajar-wajar saja bagi ilmuwan. Sebab fenomena alamraya ini terkait dengan penyelarasan yang dilakukan Bumi, Mars, dan Matahari.

Penyelarasan Mars, Bumi, Matahari

Matahari (kiri), Bumi, dan Mars pada Selasa (15/4) malam, berada pada posisi sejajar.

Penyelarasan Mars, Bumi, Matahari

-

Sebab dalam gerhana bulan Selasa malam nanti, sebagian penduduk Bumi juga akan melihat planet Mars yang terlihat seperti bintang dengan warna oranye menyala. Saat itu, Matahari, Bumi, dan Mars dalam posisi sejajar.

Penyelarasan Mars, Bumi, Matahari

-

Geoff Gaherty, ilmuwan Starry Night Education, juga menegaskan, “”Gerhana seperti itu merupakan peristiwa normal, pada siklus tata surya. Ini kejadian teratur selama ribuan tahun, dan akan terjadi lagi selama ribuan tahun ke depan”.

Menghubungkan antara kejadian astronomi dengan prediksi bencana, bahkan Kiamat, tak lebih dari karangan segelintir manusia saja. Dalam setiap gerhana bulan, yang terjadi sebenarnya Bulan selama beberapa jam akan melewati bayangan Bumi. Jadi, tidak ada sesuatu yang harus dikhawatirkan.

“Sebagai pengamat langit, saya sedih mengetahui banyak hal indah di langit, seperti gerhana bulan, dianggap sebagai pertanda bencana,” tambah Geoff Gaherty.

Semoga bermanfaat.

About these ads

Comments

  1. blood:::::persiapkan diri aja baik2,,ok..persiapkan diri utk menyambut akhir dari akhir zaman,,dan jgn lupa loh,,kematian itu jg merupakan kiamat bagi pribadi masing2..ada 2 hal yg menjadi rahasia sang pencipta bagi manusia yaitu::kematian dan kedatangan sang pencipta…jdi siap siap aja,,,baik utk detik ini maupun seterusnya ok….GBU…..

    Suka

  2. Ayat-ayat yang dikutip penulis mengandung arti bahwa kesemua fenomena alam tersebut adalah tanda-tanda kedatangan-Nya (re: kiamat), bukan berarti pas terjadi pas kiamat pula. Hanya sekedar tanda-tanda kiamat akan tiba. Nah, walaupun bersiklus, siapa yg tau kalo fenomena2 tersebut akan menjadi siklus yg terakhir sebelum kedatangan-Nya? :)

    Suka

  3. Firman Tuhan buat teman-teman dan para ilmuan, “Percayalah kepada Tuhan dgn sgenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri” (Amsal 3:5)
    jangan lupa loh kepintaran & kecerdasan itu Tuhan yang kasih.
    jadilah org cerdas yg berhikmat ;)

    Suka

  4. Nice post gan, silahkan main-main juga ke sini http://www.sukatulis.wordpress.com , nikmati ulasan perjalanan yang saya rangkum. Trims gan :D

    Suka

  5. kelewat -_- yg tgl 8 oktober di indonesia keliat kan?

    Suka

  6. Jangan persepsi mengada ngada .. Karna hanya tuhan yang tahu kapan kiamat itu datang …

    __www.indigojamtangan.com

    Suka

  7. Mengerikan sekali. says:

    MATAHARI MENJADI GELAP GULITA:

    dalam alkitab matahari adalah simbol penerang. sementara bulan adalah simbol pengatur musim (baca di Kitab Genesis perjanjian lama).

    ini bermakna bahwa matahari disitu sebenarnya mengandung maksud tentang KEBAIKAN / PERBUATAN BAIK, KEBIJAKAN / PERBUATAN BIJAK,….NAH seharusnya apapun yang dilakukan oleh umat manusia untuk keberlangsungan peradabannya, haruslah mengutamakan cara/ jalan yang terbaik agar tidak sebaliknya yaitu mendapatkan malapetaka besar yang menimpa seluruh umat manusia……NAMUN TUHAN TELAH MEMBERITAHUKAN bahwa akan ada KETIDAK BAIKAN / KETIDAK BIJAKAN / KETIDAK CERMATAN yang ditempuh oleh umat manusia sehingga hal ini akan membawa bencana luar biasa….sehingga di ANALOGIKAN DAN TERTULIS DIALKITAB SEBAGAI: “MATAHARI MENJADI GELAP GULITA”

    Bulan sebagai simbol pengatur / penentu musim:

    ini bermakna bahwa musim (rentang waktu) didepan (yang kita hadapi) adalah rentang waktu MASA KESENGSARAAN YANG BESAR, SEHINGGA DISEBUT DENGAN “BULAN MERAH DARAH”, INI MERUPAKAN RENTANG WAKTU KESENGSARAAN YANG PENUH DUKA YANG AKAN MENIMPA UMAT MANUSIA.

    Kesimpulan: MATAHARI AKAN GELAP GULITA DAN BULAN AKAN MENJADI MERAH DARAH, adalah:

    Suatu peristiwa besar yang akan dihadapi oleh seluruh manusia planet bumi, YANG KARENA KESALAHAN CARA YANG DITEMPUH DALAM MENANGANI PERKARA / ISU BESAR OLEH PARA PEMIMPIN MANUSIA PLANET BUMI KEDEPAN, YANG TIDAK MENGHASILKAN KESEPAKATAN YANG TERBAIK SEHINGGA MENYEBABKAN BENCANA DASYAT YANG TAK TERELAKAN YAITU PERANG NUKLIR, YANG MERUPAKAN PERANG RINTISAN DATANGNYA “MASA AKHIR JAMAN”………..INI TELAHPUN DIPERLIHATKAN OLEH PEMIMPIN-PEMIMPIN MANUSIA PLANET BUMI YANG PALING BERPENGARUH DIMASA SEKARANG, YAITU PADA KASUS ANEKSASI CRIMEA OLEH RUSIA. setelah berhasil menganeksasi Crimea, Rusia makin percaya diri ingin kembali menganeksasi wilayah ukraina lainnya….jika hal ini terus terjadi, dan kedua negara kemudian terlibat perang…TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN UNI EROPA + AS AKAN SEGERA MEMBANTU PASUKAN UKRAINA….SEHINGGA TERJADILAH PERANG DASYAT YANG DILAKUKAN OLEH NEGARA-NEGARA KUAT HINGGA PENGGUNAAN SENJATA NUKLIR. DAN TERGENAPLAH NUBUATAN ALKITAB TERSEBUT…..BAHWA MASA AWAL AKHIR JAMAN ADALAH ADANYA PERANG BESAR YANG MANA DALAM PERANG BESAR TERSEBUT MENGHASILKAN ASAP JAMUR (fenomena LEDAKAN NUKLIR, baca kitab Daniel dan kitab wahyu).

    Suka

  8. Saya takut

    Suka

  9. qs.19.71 says:

    si awloh kami tau ga kapan kiamat terjadi

    Suka

  10. iyee katanye siang gerhana 15 april 2014

    Suka

  11. hamzah says:

    Tahun 1492, bangsa Yahudi dianiaya dan diusir
    dari Spanyol oleh penguasa Katolik pada saat itu
    dan mereka menemukan benua baru yaitu
    Amerika, yang kemudian menjadi sekutu utama
    bangsa Israel hingga hari ini. Dan Tetrad terjadi
    pada tanggal-tanggal:
    2 April 1493 – Paskah 5253
    25 September 1493 – Sukkot 5254
    22 Maret 1494 – Paskah 5254
    15 September 1494 – Sukkot 5255
    Tidak ada lagi Tetrad Blood Moon lainnya di abad
    ke-16 hingga abad ke-19 (awal tahun 1500-an
    hingga akhir 1800-an).
    14 Mei 1948, bangsa Israel resmi berdiri sebagai
    sebuah negara yang berdaulat. Dan terjadi
    kembali Tetrad pada tanggal-tanggal:
    13 April 1949 – Paskah 5709
    7 Oktober 1949 – Sukkot 5710
    2 April 1950 – Paskah 5710
    27 September 1950 – Sukkot 5711
    Juni 1967, Israel mengambil kendali dan
    kedaulatan penuh atas kota Yerusalem. Dan
    terjadi Tetrad pada tanggal-tanggal:
    24 April 1967 – Paskah 5727
    18 Oktober 1967 – Sukkot 5728
    13 April 1968 – Paskah 5728
    6 Oktober 1968 – Sukkot 5729
    Tetrad berikutnya akan terjadi pada tanggal-
    tanggal:
    15 April 2014 – Paskah 5774
    8 Oktober 2014 – Sukkot 5775
    4 April 2015 – Paskah 5775
    28 September 2015 – Sukkot 5776
    Pertanyaannya, kejadian besar apakah yang akan
    menimpa bangsa Israel di sekitar Tetrad
    tersebut? Ada dugaan bahwa tidak lama lagi
    peresmian Bait Allah ke-3 terjadi dan tidak lama
    setelah itu terjadi pengkhianatan perjanjian oleh
    sang Antikristus dengan menduduki serta
    menyatakan dirinya ialah Allah.

    Suka

  12. Di ajaran Kristen juga meyakini, tidak ada seorangpun yg tau kapan hari kiamat tiba.. kutipan ayat yg anda pakai mksdnya ialah tanda2 yg menyertai akhir jaman ato kiamat. BUKAN hari itu pasti kiamat., artinya hari2 ini sudah mendekati akhir jaman namun hari pastinya tdk ada yg tau.

    Suka

  13. juanita says:

    Sebaiknya waspada,……..
    daripada seperti zaman Nuh….
    dan akhirnya ketinggalan…
    pintu sudah ditutup..

    Suka

    • hansel says:

      Betul sekali, sebaiknya persiapkan diri kita masing2 jangan sampai terlambat, dan tidak bisa diulang lagi !

      Suka

  14. kanak sikur says:

    teguran bagi kita spya cpat kmbali ke jlan yang benar.. knpa itu terjadi saat ada acra kaum kristen..?? apakah bentuk teguran??

    Suka

  15. Annisa180700 says:

    Itu bsa dilihat di Indonesia???

    Suka

  16. Reblogged this on Monggo….

    Suka

  17. Izin share ya.

    Suka

  18. iwan trisnawan says:

    Matahari menjadi hitam dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah Wahyu 6:12-13

    Suka

  19. blood moon ATAU BULAN JADI MERAH, UNTUK BANGSA ISRAEL ,DAN YAHUDI MENYAMBUT HARI PASKAH.. SUDAH TERTULIS,, DAN AKAN TERJADI TAHUN 2014 2KALI. DAN TAHUN DEPAN 2015 JUGA 2 KALI,. DAN PERNAH TERJADI TAHUN 1400 AN,, HANYA BLOOD MOON, NANTI INI, TIDAK AKAN TERJADI BENCANA , DAN SEMUA BERJALAN BIASA AJA, TIDAK ADA APA2X,,, HANYA MEMANG MENGANDUNG ARTI YANG SUDAH TERTULIS DI ALKITAB ,, DAN HANYA ORANG KRISTEN YANG BENAR2X,, RAJIN BERDOA, MENDEKATKAN PADA TUHAN, SERTA TAKUT AKAN TUHAN INI YANG TAHU AKAN ARTI FENOMENA INI….. JADI DASAR SMUA DARI ALKITAB YANG HARUS DIGENAPIN OLEH TUHAN SENDIRI BUKAN MANUSIA,, DAN MASIH BANYAK LAGI AKAN TERJADI DAN PASTI TERJADI HAL2X DI LUAR PEMIKIRAN MANUSIA,, TAPI SMUA INI SUDAH DITULIS DAN DIBERITAHUKAN OLEH TUHAN SENDIRI DAN DIGENAPIN OLEH TUHAN SENDIRI,,, HANYA ORANG YANG TAKUT AKAN TUHAN ,, AKAN DISINGKAPKAN HAL2X YANG SUPRANATURAL OLEH TUHAN,,, JADI BANYAK BERDOA, MENDEKATKAN PADA TUHAN DAN PENTING TAKUTLAH AKAN TUHAN ,DAN PIKIRKAN DIATAS, YANG TIDAK KELIHATAN, BUKAN YANG DIDUNIA, KELIHATAN, / KEDUNIAWIAN.

    Suka

  20. KIAMAT,, PASTI,, TAPI MASIH JAUH DAN LAMAA,,,,,, BLOOD MOON ATAU BULAN JADI MERAH, DARI TUHAN SENDIRI DAN SUDAH TERTULIS DAN DI GENAPIN RIBUAN TAHUN LALU DI ALKITAB,, DAN BANYAK DI ALKITAB KEJADIAN YANG PASTI AKAN TERJADI,,, BUKAN RAMAAN TAPI PASTI, SEBAB DARI TUHAN SENDIRI YANG DITULIS MELALUI PERANTARAAN NABI2XNYA SEBELUM DAN SESUDAH MASEHI TAHUN 1SM. DAN APA YANG DI ALKITAB PASTI TERJADI AMIN. HANYA PARA PAKAR MENELITI 2X AJA,, TIDAK MASALAH,,TAPI TIDAK SADAR KALAU SMUA FENOMENA ALAM DLL, SUDAH TERTULIS DI ALKITAB.RIBUAN TAHUN LALU TERJADINYA ZAMAN INI ..

    Suka

KOMENTAR YANG BERSIFAT MENYERANG PIHAK LAIN DAN/ATAU SARA, LANGSUNG KAMI HAPUS. TERIMA KASIH.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 348.126 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: