Nama bayi Islami – HARUN

Pernahkah terlintas di fikiran Anda untuk menamakan putra kesayangan yang baru lahir dengan nama Islami “Harun“?

Sekaranglah momen yang tepat. Karna nama ini sedang populer saat ini dan banyak diulas oleh berbagai media nasional dan juga luar negeri.

Popularitas kata ini mencuat belakangan setelah terjadi protes dari Singapura terhadap pemberian nama Usman Harun pada sebuah Kapal Republik Indonesia (KRI).

Terlepas dari istilah nama kapal terbaru, Harun (Arab: هارو) atau dalam Inggris:dikenal sebagai “Aaron” dikenal sebagai nama seorang nabi yang hidup selama 123 tahun, antara tahun 1531-1408 SM.

Harun terangkat menjadi nabi pada umur 29 tahun atau sekitar 1450 SM. Sebagai nabi, beliau bertugas untuk melakukan dakwah menuju ke jalan yang benar kepada kaum Firaun dan Bani Israil di Mesir. Di dalam Al-Qur’an, Harun disebutkan sebanyak 19 kali.

Adik laki-laki Harun, berbeda usia tiga tahun adalah Nabi Musa. Keduanya merupakan keturunan dari nabi-nabi sebelumnya yakni Yakub, Ishak dan Ibrahim.

Sewaktu Nabi besar Muhammad SAW menjalani Mi’raj untuk menerima perintah ibadah Shalat, beliau bertemu dengan Harun di langit kelima. Disebutkan pula nabi yang beristrikan Elisheba itu memiliki wajah sangat tampan.

Sesaat sebelum Nabi Harun meninggal, diyakini bebatuan di makamnya merekah dan membentuk sebuah goa dengan diterangi cahaya lampu. Beliau pun masuk ke dalam bersama Musa dan anak Harun bernama Eleazar. Didalamnya ditemukan sebuah tempat tidur dan seorang bidadari. Ditempat inilah Harun menghembuskan nafas terakhirnya.

Setelah Musa dan Eleazar keluar, goa itu kemudian tertutup kembali dengan sendirinya. Makam beliau saat ini terletak di Pegunungan Harun di Yordania.

Seperti dikutip dari Wikipedia.org, Harun sebagai nama bayi laki-laki memiliki arti “pegunungan tinggi“, “kekuatan dari gunung” atau bisa juga “sinar cahaya kehidupan“.
Di Amerika Serikat, nama Aaron / Harun termasuk populer, bahkan mencapai puncaknya pada tahun 1994 di urutan ke-28 secara nasional.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.