Inilah Kronologis Penyelamatan Pendaki Korban Longsor Merapi

Boyolali, SOLORAYA.COM – Tim SAR Kabupaten Boyolali berhasil mengevakuasi dua pendaki asal Yogyakarta yang terkena longsoran tanah di kawasan Pasar Bubar lereng Gunung Merapi saat hendak turun, Senin, sekitar pukul 03.00 WIB.

Dua pendaki dari rombongan mahasiswa asal Yogyakarta tersebut yakni Anggara Yuda Lubis (22) dan Angelika (21) setelah berhasil dievakuasi ke bawah langsung dibawa ke Rumas Sakit Pandanaran Boyolali.

Menurut anggota Tim SAR Barameru Selo Boyolali, Samsuri, kecelakaan kedua pendaki mahasiswa asal Yogyakarta itu berawal dari kedua korban bersama teman satu rombangan lainnya mau istirahat di Pasar Bubrah saat hendak turun ke base camp saat mereka mendaki Gunung Merapi pada hari Minggu (26/01/2013).

Kedua korban sempat tertidur saat istirahat dan tiba-tiba tanah dan bebatuan mengalami longsor menimbun kedua mahasiswa tersebut sekitar 12.00 WIB. Rudi (23), teman korban, kemudian turun mencari bantuan ke bawah dan menghubungi SAR.

Sebanyak 50 orang anggota SAR kemudian bergerak naik ke lereng Merapi untuk mengevakuasi kedua korban, sekitar pukul 18.00 WIB.

SAR saat evakuasi terkendala cuaca hujan deras dan kabut tebal di kawasan lereng Merapi, dan jalur pndakian juga cukup curam “Kedua korban dievakuasi dengan ditandu ke bawah dan rombonganbaru tiba di base camp sekitar pukul 03.00 WIB,” kata Samsuri.

Kedua pendaki yang mengelami kecelakaan tersebut mahasiswa Universitas Atmajaya Yogyakarta, dan kini sudah dirawat di Rumah Sakit Daerah Pandanaran Boyolali.

About Munzalan Mubarakan 23201 Articles
Simomot adalah situs informasi bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Kami menyajikan info seputar bayi dan balita, bisnis, dan rumah tangga.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.