Kapten Dynamo Kiev hampir tewas: Berhasil diselamatkan pemain lawan dengan menarik lidahnya!

Musibah bisa terjadi kapan saja, di mana saja, termasuk dalam sebuah pertandingan sepakbola. Dalam pertandingan Liga Primer Ukraina antara tuan rumah Dnipro Dnipropetrovsk melawan Dynamo Kiev, Minggu (30/3) kemarin, terjadi insiden yang hampir merenggut nyawa Oleg Gusev. Kapten tim Dynamo Kiev ini berbenturan keras dengan kiper Dnipro, Denys Boyko, hingga tak sadarkan diri dan lidahnya melipat ke dalam menutup tenggorokannya.

Insiden ini terjadi pada menit ke-21, saat Oleg Gusev berebut bola dengan penjaga gawang Denys Boyko. Namun naas, lutut sang kiper tanpa sengaja menghantam keras bagian wajah Gusev yang membuatnya jatuh tersungkur dan tak bergerak.

Denys Boyko
Kiper Dnipro, Denys Boyko, bermaksud mengambil bola yang melaju ke gawangnya.
Lutut Denys langsung menghantam keras bagian wajah Kapten tim Dynamo Kiev, Oleg Gusev
Lutut Denys menghantam keras bagian wajah kapten tim Dynamo Kiev, Oleg Gusev.
Akibatnya Oleg langsung tersungkur dan tidak bergerak
Akibatnya, Gusev langsung tersungkur dan tidak bergerak.

Untungnya, hal tersebut terlihat dan disadari oleh pemain lawan, Jaba Kankava. Sambil berteriak panik, Kankava secara spontan membuka mulut Gusev dan menarik lidahnya yang terlipat masuk ke tenggorokan. Setelah itu, ia mulai memberikan nafas buatan, sehingga gelandang Dynamo Kiev berusia 30 tahun itu langsung tersadar.

Kankava dengan spontan memberikan upaya penyelamatan dengan menarik lidah Guslev keluar dari tenggorokannya
Kankava spontan memberikan upaya penyelamatan dengan menarik lidah Gusev keluar dari tenggorokannya.

Seketika itu juga, tim medis masuk lapangan segera mengevakuasi Gusev dan membawanya ke rumah sakit terdekat menggunakan mobil ambulan, untuk mendapatkan penangangan lebih lanjut.

TIm medis dan offisial segera membawa Gusev ke rumah sakit
TIm medis dan official segera membawa Gusev ke rumah sakit.

Kankava terlihat mengalami sakit pada tangannya. Kemungkinan karena tangannya tergigit secara tidak sengaja sewaktu berusaha menarik keluar lidah Gusev. Para pemain Dynamo Kiev pun segera menghampiri dan berterima kasih kepada Kankava, atas tindakan penyemalatannya yang sangat berani itu.

Tangan Kankava yang kesakitan setelah digigit tidak sengaja dalam upaya penyelamatannya
Tangan Kankava kesakitan setelah digigit tidak sengaja dalam upaya menyelamatkan Gusev.

Seperti dilansir Daily Mail dan Dirty Tackle, pertandingan ini berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah Dnipro. Namun, dalam situs resminya, Dynamo Kiev yang kalah mengatakan “Nyawa seseorang lebih penting daripada segalanya”.

Berikut ini video penyelamatan Jaba Kankava terhadap Oleg Gusev:

Insiden pemain bola yang lidahnya terlipat masuk ke tenggorokan memang cukup jarang terjadi. Tetapi beberapa pemain pernah mengalaminya. Misalnya John Terry, kapten tim Chelsea, pernah mengalaminya tahun 2007, ketika dia berbenturan keras dengan pemain lawan. Untungnya, dia juga masih bisa diselamatkan.

Tetapi nasib tragis dialami pemain Yordania berusia 19 tahun. Pemain muda itu meninggal dunia setelah lidahnya terbalik dan menutupi tenggorokannya, yang menyebabkan kesulitan bernafas, dan akhirnya tak bisa bernafas selamanya.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.