in , ,

Baju "anti-gravitasi" PMK super canggih ini namanya Exoskeleton

Seperti Ironman, saat ini para petugas pemadam kebakaran (PMK alias fireman) bisa mengenakan pakain khusus untuk menghadapi musuhnya: api. Ken Chen, seorang desainer asal Melbourne, merancang baju khusus untuk para PMK yang disebut Exoskeleton. Baju ini meningkatkan kemampuan PMK dalam berjalan, berlari, dan membawa alat-alat pemadam kebakaran. Ya, petugas PMK berubah menjadi Super Fireman setelah menggunakan baju ini. Jadi alat ini berfungsi seperti anti-gravitasi bagi beban yang ada di tubuh petugas PMK.  

super2
Baju ini memungkinkan Fireman memanjat puluhan anak tangga tanpa rasa lelah
super 1
Exoskeleton meningkatkan kekuatan fireman, dan dapat menyesuaikan dengan beragam peralatan seperti water cannon yang tampak pada gambar.

 

super3

Cara kerjanya: Joystick memungkinkan petugas pemadam kebakaran untuk mengontrol sistem, sementara komputer yang dipasang di bagian belakang mengirimkan perintah ke lengan dan kaki.

Baju ini mampu membawa beban hingga 91 Kg yang diikatkan pada pakaian fireman. Sebuah alat khusus mentransfer berat dan setiap beban yang diangkat langsung ke tanah sehingga petugas kebakaran tidak menanggung beban. Berat baju ini sekitar 23 Kg dengan tinggi 1,6 meter.

super4
Peralatan khusus yang dipasang pada baju ini akan mentransfer berat dan beban langsung ke tanah sehingga fireman tidak menanggung beban
super5
Para peneliti mengatakan ransel pada baju ini dapat disesuaikan dengan jenis misi penyelamatan fireman

Baterai lithium yang terdapat pada baju ini bertahan hingga 2 jam saat  digunakan beraksi. Baju ini memiliki 2 aktuator (alat untuk menggerakan) dan sensor di bagian belakang, dan 10 aktuator pada setiap persendiannya. Yang kesemuanya membangun kerangka utama dan pinggang dengan pengendalian komputer.

super6
Exoskeleton yang dipakai para fireman
super7
Gambar menunjukkan jenis-jenis peralatan yang bisa dibawa dengan baju ini
super8
Beberapa ptototype baju fireman yang telah diproduksi
super9
Saat tidak digunakan, baju-baju ini berukuran kecil dan dapat disiman dalam mobil pemadam kebakaran
super10
Sebuah selang tekanan tinggi dapat dipasang di lengan exoskeleton

 

Ditulis oleh Munzalan Mubarakan

Simomot adalah situs informasi bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Kami menyajikan info seputar bayi dan balita, bisnis, dan rumah tangga.

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

LUN2

NASA ajak Anda voting gambar Bulan terbagus. Ini contoh-contohnya….

kemacetan lalu lintas

Jumlah motor naik? Itu salah Honda, Yamaha, Suzuki, blogger dan kawan-kawan…