4 Minuman hangat untuk sahur sehat

Di bulan puasa, kegiatan sahur menjadi bagian yang menyenangkan sekaligus penuh tantangan. Kenapa penuh tantangan? Karena Anda harus melawan kantuk sekaligus udara dingin selagi menyantap hidangan.

Agar makan sahur semakin nikmat, akan sangat menyenangkan jika menikmati minuman hangat. Tapi tak semua minuman hangat baik untuk kesehatan selama menjalankan ibadah puasa. Inilah beberapa minuman hangat yang bisa memberi efek menenangkan dan menyehatkan.

 

Jahe

4 Minuman hangat untuk sahur sehat
Jahe

Salah satu empon-empon yang murah dan mudah dijumpai di Indonesia ini adalah bahan alami yang manjur untuk memberi efek hangat sekaligus sehat. Berbeda dengan cabai yang dapat memberi efek pedas dan panas, jahe akan memberi efek hangat yang lebih nyaman. Jahe mengandung gingerol dan shogaol yang membuat jahe berfungsi sebagai termogenik (meningkatkan suhu tubuh). Mengonsumsi wedang jahe hangat akan membuat tubuh Anda hangat dan bebas masuk angin.

Teh Hijau

4 Minuman hangat untuk sahur sehat
Teh Hijau

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi teh sebaiknya dibatasi saat sahur karena dapat membuat seseorang lebih sering buang air kecil dan membuang garam yang dibutuhkan tubuh selama satu hari penuh. Jika Anda tetap ingin menikmati teh, pilih teh hijau yang mengandung antioksidan lebih tinggi. Jaga agar teh tetap encer dan tidak pekat, semakin encer semakin baik. Hati-hati, jangan sampai memberi banyak gula.

Susu Rendah Lemak

4 Minuman hangat untuk sahur sehat
Susu Rendah Lemak

Jika Anda tidak memiliki masalah pencernaan yang berkaitan dengan susu, maka pilihan menikmati segelas susu rendah lemak hangat bisa menjadikan sahur Anda tetap hangat. Susu mengandung zat penghilang dehidrasi, sehingga Anda akan lebih terhindar dari dehidrasi selama satu hari penuh. Selain itu, kandungan nutrisi susu akan membantu Anda tetap fit hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Air Hangat

4 Minuman hangat untuk sahur sehat
Air Hangat

Minuman yang paling baik adalah air putih. Ingat, anda tetap membutuhkan minimal 8 gelas air saat puasa. Jumlah tersebut akan lebih jika aktivitas Anda banyak. Jika Anda merasa perut sudah kenyang dan malas membuat minuman yang sudah kami sebutkan di atas, air putih hangat akan membuat lambung Anda nyaman. Usahakan suhu air putih hangat Anda pas, tidak terlalu panas, karena akan membuat lidah dan tenggorokan terasa terbakar.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.