Oatmeal, makanan awet kenyang
Oatmeal, lengkap dengan buah sehingga rasanya tidak hambar. (Health)
in ,

Inilah makanan awet kenyang, cocok untuk menu sahur dan buka puasa

Masalah yang dihadapi ketika puasa bukan hanya soal lapar, tapi juga ngemil yang selama ini jadi kebiasaan. Maka tidak salahnya ketika sahur atau berbuka, Anda mencoba beberapa makanan tertentu yang memang bikin awet kenyangnya.

Oatmeal

Oatmeal, lengkap dengan buah sehingga rasanya tidak hambar. (Health)
Oatmeal, lengkap dengan buah sehingga rasanya tidak hambar. (Health)

Sebagaimana dikutip dari Jawaban, makanan ini biasa dipakai untuk sarapan dan menjadikan tubuh tetap berenergi. Sayangnya, banyak orang yang mengkonsumsi oatmeal dengan rasanya yang hambar dan tidak menggugah selera. Hal itu sangat disayangkan karena oatmeal adalah sumber terbaik dari serat dan fitokimia yang mempromosikan tubuh dan jantung yang sehat. Berikut beberapa cara untuk membuat oatmeal agar dapat menggugah selera makan Anda. Anda bisa pilih salah satu.
Tambahkan gula merah atau bahan baku gula lainnya, tuangkan susu, taburkan kayu manis, tambahkan buah-buahan, campur dengan kacang-kacangan, tambahkan selai kacang.

Sup

Sup Vegetarian. (Alleppofood)
Sup Vegetarian. (Alleppofood)

Sebenarnya masakan ini cocok dihidangkan sebagai menu makan malam atau menu berbuka. Tapi bisa juga lho, jadi menu sahur. Kandungan berbagai sayur di dalamnya mampu membuat Anda kenyang tahan lama. Makanlah sup jika Anda ingin mengurangi porsi makan Anda. Bahkan sebuah penelitian terbaru dari Pennsylvania State University mengungkapkan, perempuan yang mengonsumsi satu porsi sup untuk sarapan, makan 100 kalori lebih sedikit saat makan siang dibanding wanita yang makan nasi saat sarapan. Kandungan air yang tinggi dalam sup, serta sayuran yang ada di dalamnya akan membuat tubuh kenyang lebih lama. Namun catat dulu ya! Pastikan Anda mengkonsumsi sup yang cair dan bukan krim.

(baca juga : 10 Martabak manis dan gurih, ini resep lengkapnya!)

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan di sini bukan berarti kacang mainan, melainkan sejenis kacang. Bahan makanan satu ini menjadi menu favorit ketika ngobrol, nongkrong dan nonton bola. Nah, mumpung piala dunia masih digelar. Di sela-sela nonton pada jam-jam sebelum sahur, makanan bisa jadi teman yang setia mengawetkan rasa kenyang. Selain kaya serat, kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan.

Popcorn

Popcorn Fork
Tangan Anda tak perlu belepotan minyak popcorn lagi.

Dari pada kue manis atau keripik kentang, popcorn tanpa rasa lebih enak dan menyehatkan dijadikan camilan. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kentang
Kentang bisa bikin kenyang tiga kali lipat daripada roti. Coba panggang kentang dan nikmati dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi penuh dalam makanan ini.

Telur

Telur. (Manfaat-Telur)
Telur. (Manfaat-Telur)

Sebuah studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Los Angeles menemukan, orang-orang yang kelebihan berat badan dan mengonsumsi telur saat sarapan, cenderung bisa menahan lapar.

“Telur adalah kombinasi sempurna antara protein dan lemak, sehingga lebih memuaskan perut dibanding sarapan lainnya,” ujar Julie Kaye, MPH, RD, CDN, seorang ahli diet dari New York. Masih ragu makan telur karena kolesterol? Kaye juga menambahkan, “meskipun kandungan lemak dalam kuning telur cenderung tinggi, itu bukanlah penyebab utama kolesterol darah meningkat,” jelas Kaye. Jika Anda masih khawatir, Anda bisa mencoba putih telur cair, yang juga mengandung protein dan dapat mencegah kelaparan lebih lama.

Telur memiliki tingkat protein yang tinggi dan memiliki kemampuan untuk membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Seorang peneliti dari Louisiana menemukan bahwa sekelompok wanita yang memilih telur sebagai menu dietnya menunjukkan hasil yang lebih signifikan daripada wanita yang memilih roti.

Pasta

Pasta masakan Italia. (browneyedbaker)
Pasta masakan Italia. (browneyedbaker)

Pasta adalah makanan olahan yang digunakan pada masakan Italia, dibuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna.

Mengonsumsi pasta terlalu banyak belum tentu baik bagi Anda, satu porsi sehat pasta gandum mungkin cukup untuk menghindari makan berlebihan seharian. Anda akan merasa kenyang lebih lama, bukan hanya karena pasta gandum memiliki jumlah tinggi serat, tetapi juga karena mengandung kadar protein tinggi, yang membantu Anda membentuk otot. Asal jangan keliru pasta gigi aja!! Pedhes oommm

Buncis

Buncis. (Wisnuvegetarianorganic)
Buncis. (Wisnuvegetarianorganic)

Buncis baik untuk jantung Anda dan juga dapat meningkatkan nafsu makan. Dengan serat tidak larut, buncis tidak hanya membuat Anda tetap kenyang, tetapi juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Vitamin, mineral, dan protein terkandung dalam setiap porsi buncis.

Selai kacang
Mengoleskan selai kacang di atas roti gandum merupakan trik agar Anda lebih menikmati sarapan pagi. Selai kacang dikategorikan memiliki jenis lemak yang baik juga kaya akan kandungan protein. Bahkan selai kacang bisa membantu menurunkan trigliserida yang baik untuk kesehatan jantung.

Sayuran hijau
Alasan utama kenapa sayuran hijau banyak ditambahkan sebagai menu diet adalah sayuran mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan dan menghindarkan Anda dari keinginan untuk nyemil.

Lada Merah
Rempah-rempah satu ini adalah salah satu makanan yang bisa menekan nafsu makan Anda. Penelitian dari Universitas Purdue di West Lafayette, IN, menemukan bahwa orang yang menambahkan setengah sendok teh lada merah untuk makanannya, akan mengonsumsi 60 kalori lebih sedikit saat makan berikutnya. Untuk Anda yang sedang diet, menambahkan setengah sendok teh cabai bubuk atau lada dalam makanan akan membantu menghilangkan 10 kalori pada tubuh.

Dark Chocolate

dark chocolate makanan awet kenyang cocok untuk sahur dan berbuka. (Stirfood)
dark chocolate makanan awet kenyang cocok untuk sahur dan berbuka. (Stirfood)

100 gram dark chocolate hanya mengandung 170 kalori. Penelitian yang dilakukan University of Copenhagen menyatakan, dengan mengkonsumsi dark chocolate bisa menahan rasa lapar. Karena dalam kandungan senyawa dark chocolate memperlambat proses pencernaan sehingga membuat kenyang lebih lama. Dengan sepotong kecil cokelat bisa menahan hasrat makan makanan manis, asin dan berlemak.

Kacang Pinus

Kacang Pinus (Wikipedia)
Kacang Pinus (Wikipedia)

ons kacang pinus hanya mengandung 95 kalori. Kacang pinus baik sekali untuk diet karena membuat anda cepat merasa kenyang. Kandungan asam lemak pada kacang pinus baik untuk jantung dan meningkatkan hormon yang membuat anda merasa kenyang. Pilihlah kacang ini untuk cemilan Anda.

Keju

Keju. (Kaumhawa)
Keju. (Kaumhawa)

Keju yang terbuat dari susu sapi atau kambing yang diberi pakan rumput mengandung conjugated linolenic acid (CLA), sejenis asam lemak yang mengatasi tekanan darah tinggi, kolesterol dan osteoporosis. Selalu cek produk yang berlabel “gras-fed” untuk memastikan Anda membeli keju yang tepat. Asal jangan keju kemeng ya!

Masalah kenyang tidaknya contoh makanan di atas biasanya kembali lagi ke selera. Masing-masing orang, daerah memiliki banyak perbedaan. Nah, silakan pilih! Makanan apa yang akan Anda siapkan untuk sahur atau untuk berbuka?

 

Ditulis oleh Munzalan Mubarakan

Simomot adalah situs informasi bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Kami menyajikan info seputar bayi dan balita, bisnis, dan rumah tangga.

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

puasa 21 jam di kota lulea swedia

Umat Islam di Kota Lulea (Swedia) berpuasa selama 21 jam!

Hijab Turkish Style untuk Anda yang suka tampil formal

Hijab Turkish Style untuk Anda yang suka tampil formal