Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas
Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas (wikipedia.org)
in

Masjid favorit untuk akad nikah di Jabodetabek

Masjid merupakan baitullah (rumah Allah) yang fungsi sebenarnya tak hanya sebagai tempat sholat. Masjid juga bisa dijadikan tempat untuk belajar mengaji, rapat membahas kemaslahatan umat, atau untuk gelaran akad nikah. Banyak sekali pasangan yang mengucapkan akad nikah di masjid. Berikut ini masjid-masjid favorit di Jabodetabek yang biasa digunakan untuk gelaran akad nikah.

1. Masjid Kubah Emas

Masyarakat di Jabodetabek menyebutnya sebagai Masjid Kubah Emas. Sebenarnya nama masjid ini adalah Dian Al-Mahri, atau nama lengkapnya Islamic Center Dian Al-Mahri.

Pengelola Islamic Center Dian Al-Mahri menyediakan ruang masjid, gedung serba guna, maupun villa untuk berbagai aktifitas masyarakat yang membutuhkan, termasuk penyelenggaraan akad nikah.

Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas (wikipedia.org)
Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas (wikipedia.org)

Khusus untuk akad nikahnya hanya dilakukan di ruangan utama masjid. Waktunya mulai pukul 07.00 hingga 09.00, kecuali hari Kamis mulai pukul 08.30 hingga 10.30.

Kapasitas gedung utama untuk tamu undangan mencapai 12.000 orang. Jika ditambah dengan teras gedung, kapasitasnya bisa bertambah menjadi 15.000 orang.

Soal parkir jangan khawatir. Areal parkir di kawasan ini bisa menampung 300 unit mobil dan 1.400 unit sepeda motor.

Alamat Masjid Kubah Emas

Jl. Meruyung – Cinere – Kecamatan Limo, Kota Depok

Telp: 021 – 7788 0803, 778 8080

2. Masjid Agung At-Tin

Masjid Agung At-Tin terletak di dalam komplek Taman Mini Indonesia Indah ini (TMII). Arsitektural masjid ini sangat indah, di mana struktur utama bangunannya mirip Masjid Usmaniah di Turki. Kubah tunggal ukuran raksasa di atap masjid, dan empat menara tinggi di empat penjuru, membuat masjid ini terlihat megah.

Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah. Credit: Harry Sufehmi
Masjid At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah. Credit: Harry Sufehmi

Untuk penyelenggaraan akad nikah dan resepsi pernikahan, fasilitas Masjid At-Tin terbilang lengkap. Di sana tersedia panggung akad nikah, karpet, meja akad nikah, dan delapan buah kursi akad nikah (tanpa kaki).

Kelengkapan perangkat resepsinya juga hebat, misalnya Ruang Serbaguna (berkapasitas 700 orang), Lobby (500 orang), areal parkir kendaraan (500 unit mobil), dan sebagainya. Kisaran harga sewanya mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 6,5 juta untuk akad nikah, dan resepsi sekitar Rp 15 juta.

Alamat Masjid Agung At-Tin

Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur

Telp: 021 – 8779 5564, 8778 1602 /  Fax: 021 – 8779 0054

Emai: info@masjidagungattin.org

3. Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, juga menjadi salah satu favorit para orangtua yang ingin menikahkan anaknya. Sejumlah pejabat negara serta pejabat daerah pun kerap menunaikan sholat Jumat masjid ini.

Masjid Agung Sunda Kelapa (wikipedia.org - Credit NaidNdeso)
Masjid Agung Sunda Kelapa (wikipedia.org – Credit NaidNdeso)

Lokasinya yang berada di jantung Ibu Kota membuat Masjid Agung Sunda Kelapa menjadi pilihan banyak keluarga calon pengantin untuk menggelar akad nikah serta resepsi pernikahan. Tempat ini juga mudah diakses tamu undangan dari berbagai arah.

Fasilitas yang dimiliki masjid ini antara lain pendingin udara, sound system, meja penerima tamu, meja dan kursi akad nikah, termasuk taplak meja, permadani, dan petugas kebersihan.

Ada dua ruangan di Masjid Agung Sunda Kelapa yang bisa digunakan untuk resepsi pernikahan, yaitu Aula Sakinah dan Serambi Jayakarta. Fasilitas di Aula Jayakarta  hampir sama seperti Aula Sakinah, hanya saja tidak dilengkapi AC. Biaya sewanya mulai dari Rp 3,5 juta sampai Rp 7,5 juta.

Alamat Masjid Agung Sunda Kelapa

Jl. Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng Jakarta Pusat – 10310

Tep: 021 – 319 34261 / Fax: 021 – 398 99710

Email: info@masjidagungsundakelapa.or.id

Website: masjidagungsundakelapa.or.id

4. Masjid Al Bina Gelora Bung Karno

Masjid Al Bina di komplek Gelora Bung Karno (GBK) memiliki berbagai fasilitas untuk kegiatan acara akad maupun resepsi pernikahan. Misalnya kursi tamu, meja penerima tamu, ruang VIP, ruang rias pengantin, ruang keluarga, dan sebagainya.

Masjid Al Bina Gelora Bung Karno. Credit: Marhendrata
Masjid Al Bina Gelora Bung Karno. Credit: Marhendrata

Ruangan-ruangan itu dilengkapi dengan toilet dan pendingin udara. Lantai pun dibalut karpet. Juga disediakan genset jika aliran listrik mendadak padam. Areal parkirnya luas, dan tersedia parkir gratis untuk 20 mobil keluarga dan panitia.

Untuk resepsi pernikahan tersedia dua ruang serbaguna, yaitu Ruang Vanda (kapasitas 750 orang) dan Ruang Cattelya (kapasitas 2.000 orang). Biaya sewanya mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 15 juta.

Alamat Masjid Al Bina Gelora Bung Karno

Jl. Pintu I Senayan Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat 10270

Telp: 021 – 573 4070 ext: 514 & 300

CP: Soberi & Agus Supriyanto

5. Masjid Raya Pondok Indah

Sesuai dengan namanya, Masjid Raya Pondok Indah, salah satu komples pemukiman elite di Jakarta. Masjid ini memiliki dua lantai dengan fungsi berbeda. Lantai atas difungsikan sebagai tempat ibadah salat. Adapun lantai bawah merupakan gedung serbaguna, termasuk untuk menyelenggarakan akad nikah dan resepsi pernikahan.

Masjid Raya Pondok Indah. Credit: kemenag.go.id
Masjid Raya Pondok Indah. Credit: kemenag.go.id

Fasilitas yang tersedua sangat lengkap, misanya ruang resepsi full AC,  sound system, genset beserta operator, kursi resepsi 200 buah, ruang rias empat kamar, meja akad nikah (120 X 80 cm) plus taplak meja satpam, dan karpet.

Areal parkirnya juga cukup luas dan teratur, bahkan telah disediakan pula petugas parkir. Infak untuk penggunaan fasilitas tersebut sekitar Rp 7 juta hingga Rp 9 juta.

Alamat Masjid Raya Pondok Indah

Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1 Pondok Indah, Jakarta Selatan 12310

Telp: 021 – 766 6166 /  Fax: 021 – 7666167

http://masjidrayapondokindah.blogspot.com

6. Masjid Baiturrahman MPR/DPR RI

Masjid Baiturrahman di kompleks Gedung MPR / DPR RI juga menjadi tempat favorit untuk resepsi pernikahan dan akad nikah. Sebagaimana masjid lainnya, Baiturrahman menyediakan ruang utama masjid untuk kegiatan akad nikah.

Masjid Baiturrahman MPR/DPR RI (wikimapia.org)
Masjid Baiturrahman MPR/DPR RI (wikimapia.org)

Adapun untuk resepsi pernikahan tersedia ruang serbaguna di lantai dasar. Kisaran harga sewanya mulai dari Rp 8 juta. Fasilitas yang dimiliki antara lain ruang rias, areal parkir kendaraan yang sangat luas, katering, dan fasilitas penunjang lainnya.

Alamat Masjid Baiturrahman MPR/DPR RI

Jl Blora 1 Senayan Jakarta 10270

Telp: 021-571 5676, 571 5918, 571 5872 / Fax: 021 – 571 5918

Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh Munzalan Mubarakan

Simomot adalah situs informasi bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Kami menyajikan info seputar bayi dan balita, bisnis, dan rumah tangga.

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

Warga melihat bangunan rumah yang ambruk akibat diseret  banjir, di Jalan Jokotole, Pamekasan

Kapolsek terseret banjir saat menolong warga

Taekwondo

Kisah mantan atlet Taekwondo yang sudah 4 tahun ini buta