Tips dan teknik memaksimalkan tempat penyimpanan di dapur rumah

Hal yang paling sering terjadi di dapur adalah tempat memasak yang berantakan, penuh dengan piring, gelas, sendok, garpu, dan peralatan memasak lainnya; berbagai bahan makanan juga tumpang tindih dengan makanan yang sudah basi; dan yang paling merepotkan: tak ada lagi tempat kosong untuk memasak atau menyimpan bahan makanan dan perkakas dapur.

Untuk mengakalinya, Anda perlu memaksimalkan segala tempat penyimpanan di dapur. Si Momot akan meringkas cara-cara bermanfaat tersebut dari Houzz untuk Anda.

Pergunakan kembali kotak atau box kayu

Credit: Joanna Thornhill Interiors via Houzz
Credit: Joanna Thornhill Interiors via Houzz

Kotak kayu tua yang biasanya disingkirkan atau dibuang bisa dipakai kembali sebagai tempat penyimpanan sekaligus rak untuk perkakas dapur. Jika tak punya, Anda bisa membuatnya dari kayu-kayu bekas. Untuk memperindahnya, Anda boleh saja melapisi dengan pernis. Dan untuk memaksimalkan fungsinya, pasang juga pengait di sisi samping untuk mengaitkan sejumlah peralatan memasak.

Manfaatkan jendela

Credit: Studio Sven via Houzz
Credit: Studio Sven via Houzz

Jika dinding dapur Anda sudah penuh dengan rak yang berisi aneka macam bahan makanan atau peralatan dapur, Anda bisa melirik jendela untuk dioptimalkan fungsinya. Caranya sederhana, Anda cukup memasang kawat atau kabel di jendela dan memberinya beberapa pengait untuk menggantung wajan, panci, dan sejenisnya. Cara ini juga bermanfaat untuk menambah privasi Anda dari pandangan luar ketika memasak.

Buat tempat penyimpanan bumbu dapur

Credit: Joanna Thornhill Interiors via Houzz
Credit: Joanna Thornhill Interiors via Houzz

Botol atau toples biasanya dijadikan tempat menyimpan bumbu dapur, terutama yang lembut. Sayangnya. Toples terkadang sangat menyita tempat karena kita menggunakan banyak toples sekaligus. Kelebihannya, toples tak terlalu berat. Untuk mengakalinya, paku saja tutup toples tepat di bawah lemari dapur atau kitchen set. Jika memerlukan bumbu, Anda cukup memutar toples dari bawah. Cerdas bukan?

Pertimbangkan area di atas pintu

Credit: Moon Design Build via Houzz
Credit: Moon Design Build via Houzz

Jika tempat penyimpanan Anda masih kurang, kenapa tidak memanfaatkan dinding di atas pintu dapur? Area ini biasanya memang tidak dipakai. Anda bisa memasang rak mengeliling pintu, terlepas pintu itu hanya sekedar gang atau memang ada pintunya. Caranya Anda bisa memajukan kusenan pintu dan membuat rak-rak di samping kanan kiri hingga atas, seperti nampak pada gambar.

Gantungan panjang

Credit: MR. FRAG via Houzz
Credit: MR. FRAG via Houzz

Jika tak suka dengan paku, buat saja gantungan panjang selayaknya gantungan baju. Cara ini cukup efektif dalam menghemat tempat. Cari saja dinding yang kosong, lalu buat gantungan dari kayu memanjang. Anda bisa menggantung apa saja di sana, mulai dari rak bumbu dapur hingga perkakas memasak. Simpel dan tak makan tempat.

Kombinasikan semua

Credit: Cream & Black Interior Design via Houzz
Credit: Cream & Black Interior Design via Houzz

Kombinasikan rak, gantungan, pengait, dan toples dalam satu tempat, seperti nampak dalam gambar. Pengait berbentuk S memang bukan ide baru, tapi masih sangat ampuh untuk menghemat tempat. Buat juga rak kecil dari kawat sebagai tempat menaruh toples bumbu. Untuk toples dan botol yang berat, Anda bisa menaruhnya di rak atas.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.