Foto-foto kebakaran Wisma Kosgoro: Angin hambat pemadaman

Sebanyak empat lantai bangunan gedung Wisma Kosgoro di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat terbakar sejak Senin (9/3) pukul 18.39. Kobaran api masih membara hingga Selasa (10/3) dini hari. Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta kesulitan memadamkan kobaran api yang membakar lantai 12 hingga 16 Wisma Kosgoro itu dan akhirnya merambat kelantai 17 dan 18.

“Kami masih berupaya memadamkan dan kesulitannya adalah kejadian terjadi di lantai 16 membutuhkan waktu untuk naik tangga sehingga api terlanjur meluas,” kata Subedjo Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta kepada Antara News di lokasi kejadian, Senin.

Subedjo menjelaskan, alat penunjang pemadam kebakaran di Gedung Wisma Kosgoro juga tidak bekerja sehingga anggotanya harus naik ke gedung Pertamina Lubricants yang ada di sebelahnya. “Alat pemancar air sambungan dinas kebakaran yang terdapat di Gedung Kosgoro tidak bekerja. Kami sudah tekan tapi air tidak mengalir,” keluh Subedjo.

Subedjo menambahkan kebakaran di Gedung Wisma Kosgoro terjadi pada pukul 18.39 dan pemicu api diduga bersumber di lantai 12 dan 16. Selain itu, saat ini pemadam kebakaran telah menerjunkan 34 unit mobil “blangwier” dan rencananya akan ditambah beberapa unit high pressure lagi untuk mempercepat padamnya api. Saat ini asap hitam masih membumbung dari lantai 12 hingga 16 gedung dan diperkiraan tidak terdapat korban jiwa dalam kejadian ini.

Belum padam

Menjelang tengah malam, api dari lantai 16 di sisi selatan gedung Wisma Kosgoro masih belum juga padam. Kondisi cuaca angin yang berhembus kencang juga menghambat laju air yang disemburkan oleh petugas pemadam dari atas bus Sky Lift.

Puing-puing kaca jendela Wisma Kosgoro terlihat semakin banyak berjatuhan menimpa pintu masuk gedung bagian selatan. Ini membuat petugas harus mensterilkan daerah tersebut dari pipa dan selang air.

“Sebenarnya sterilisasi sudah dilakukan dalam radius 10 meter, tapi bongkahan puing membuatnya riskan. Mau tidak mau kita harus tarik selang dari belakang gedung,” ucap Subedjo.

Tidak hanya merontokkan kaca-kaca jendela yang telah terbakar, kencangnya angin juga membuat sejumlah dokumen yang ada di dalam gedung bertebaran ke luar.

Saat berita dotirinkan, kegiatan pemadam sedang dihentikan karena hujan juga mengguyur kawasan MH. Thamrin Jakarta.

Kebakaran Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta.
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang membakar Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta, Senin (9/3). Sebanyak 25 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran yang belum diketahui penyebabnya di lantai 16 dan merembet ke lantai 17 dan 18. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Kebakaran Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta.
Kebakaran Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Kebakaran Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta.
Kebakaran Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Kebakaran Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta.
Kebakaran Gedung Wisma Kosgoro di Jakarta. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.