in

8 Daftar Tempat Wisata Di Kebumen Jawa Tengah

Tempat wisata di Kebumen ~ Sebuah kabupaten yang berada di provinsi Jawa Tengah yang mungkin kurang familiar di telinga para travelling sehingga sangat sedikit yang menjadikan Kebumen sebagai destinasi wisata mereka. Padahal Kebumen memiliki koleksi pantai yang sangat indah karena secara geografis Kebumen berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Meskipun terdapat banyak wisata pantai yang indah, di Kebumen juga terdapat wisata sejarah berupa bangunan peninggalan penjajah Belanda yang kini masih berdiri kokoh dan terpelihara keasliannya. penasaran dengan ragam tempat wisata di Kebumen? Berikut ini adalah daftar lokasi wisata Kebumen yang sangat direkomendasikan untuk para pencinta travelling.

Obyek Wisata Di Gombong Kebumen Dan Sekitarnya

Pantai Ayah atau Pantai Logending

Pantai Logending
Pantai Logending

Di sini adalah lokasi wisata pantai Kebumen yang sangat ramai pengunjung diantara pantai-pantai yang lain. Panorama pantai Ayah sangatlah indah dan pasti akan membuat anda ingin sesering mungkin berkunjung ke pantai ini. Meskipun bernama Pantai Ayah, bukan berarti pantai ini ditemukan oleh seorang Bapak atau Ayah, dan bukan juga pantai yang dikhususkan untuk memperingati hari Ayah. Namun karena pantai ini terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Baca juga: 7 Tempat Wisata Terkenal Dan Terindah di Dunia
Termasuk ke dalam pantai Selatan, Pantai Ayah tidak lepas dari mitos Nyai Roro Kidul. Di pantai ini terdapat batu karang yang dipercaya merupakan akses Nyi Roro Kidul ketika berpindah dunia. Di dukung dengan bentuk bebatuan yang aneh dan berbau mistis, pantai ini semakin membuat para wisatawan menjadi penasaran untuk ikut melihat dan mengamati fenomena alam yang ada di pantai tersebut. Di lokasi pantai ini anda juga bisa bermain sepak bola pantai, volley dan menunggang kuda. Pantai Ayah tidak memiliki hamparan pasir putih yang khas dengan suasana pantai, namun demikian pasir hitam yang berada di sepanjang bibir pantai menambah kesan eksotis pantai yang juga disebut dengan Pantai Logending ini.

BACA JUGA:  Menikmati Keindahan Lombok Barat Tak Cukup Hanya Ke Pantai Senggigi Saja, Lho

Pantai Suwuk

Pantai Suwuk
Pantai Suwuk

Pantai yang juga merupakan lokasi wisata kebanggaan masyarakat Kebumen. Pemandangan pantai yang disuguhkan di pantai suwuk ini tidak hanya gulungan ombak yang susul menyusul menuju bibir pantai, namun juga pemandangan pegunungan kapur yang berderet dari utara hingga selatan. Padang pasir yang ada di pantai suwuk tidak hanya dipenuhi oleh pasir hitamnya yang halus namun juga adanya padang rumput dan pohon pandang yang membuat suasana di tepi pantai menjadi terasa lebih menarik.
Pantai Suwuk memiliki gelombang ombak yang sangat besar, sehingga jika anda ingin bermain air di pantai ini harus sangat waspada, patuhi peraturan yang ditetapkan oleh pengelola pantai karena biasanya terdapat kawasan yang aman untuk bermain air dan kawasan yang berbahaya dan sebaiknya dihindari. Karakter laut akan menjadi lebih tenang ketika sore hari, sehingga anda bisa mengunjungi pantai suwuk ketika sore untuk bisa lebih aman bermain air.
Untuk menarik minat wisatawan, pemerintah setempat menempatkan eks Boeing 737 buatan tahun 2000 serta heli C100 buatan 1987 yang ditempatkan di lokasi wisata pantai Suwuk. Rupanya upaya ini diapresiasi oleh masyarakat dan mampu menyedot perhatian para pengunjung terutama anak-anak. Di sekitar pantai ini anda juga bisa menyewa kuda untuk digunakan berkeliling di sepanjang bibir pantai.

Pantai Karang Bolong

pantai karang bolong gombong
pantai karang bolong gombong

Setelah berwisata di Pantai Suwuk anda bisa langsung berkunjung ke Pantai Karang Bolong ini, karena letaknya tidak terlalu jauh. Pantai ini memiliki pesona alam yang sangat indah, hamparan pasir berwarna kelabu yang cukup luas dan landai. Di sekeliling pantai juga terdapat pohon kelapa yang terlihat sangat rapi.
Selain itu sesuai namanya, di pantai ini dapat melihat adanya fenomena alam berupa karang yang memiliki lubang atau bolong menurut bahasa jawa. Pantai ini menyerupai goa dengan lebar 10 meter, panjang 30 meter dan tinggi 5 meter. Menurut para ahli, goa karang bolong ini telah berusa sekitar 15 juta tahun yang lalu.
Goa karang bolong ini berpotensi akan menjadi semakin lebar karena proses alami. Di pantai ini juga terdapat banyak sekali sarang burung walet yang memang sengaja dikelola oleh pemerintah setempat sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.
Pantai Karang Bolong memiliki arus balik yang sangat kuat sehingga sangat berbahaya jika digunakan untuk mandi dan berenang. Selain dapat menikmati panorama pantai dan ombak yang bergemuruh, anda juga dapat melakukan aktivitas memancing, potensi untuk mendapatkan ikan segar terbuka cukup lebar karena Pantai Karang Bolong merupakan kawasan berkumpulnya ikan.

BACA JUGA:  Tempat Wisata Di Bali Yang Menarik Dan Wajib Dikunjungi

Benteng Van der Wijk

Benteng Van Der Wijk
Benteng Van Der Wijk

Nama dari Benteng ini sepertinya sudah menggambarkan bahwa bangunan ini merupakan bangunan asli peninggalan penjajah Belanda. Salah satu bangunan bersejarah yang ada di Indonesia dan sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh. Bangunan yang berada di lahan seluas 3.600 meter persegi ini di dominasi dengan warna merah dan sampai saat ini masih tetap sama. nama Van der Wijk kemungkinan besar adalah nama komandan atau pimpinan tentara belanda semasa itu, karena menurut informasi bangunan ini dulunya merupakan tempat sekolah militer khusus untuk warga Belanda.
Saat ini lokasi Benteng Van Der Wijk ini murni dijadikan sebagai lokasi wisata sejarah yang sangat banyak menarik perhatian para wisatawan. Mengelilingi bangunan yang cukup luas ini anda akan menemukan 16 barak yang digunakan sebagai tempat tinggal oleh tentara Belanda yang sedang menjalani pendidikan militernya. Keunikan lain dari tempat ini adalah adanya kereta mini jalurnya berada di atap Benteng sehingga anda bisa menikmati pemandangan Benteng Van der Wijk dan sekitarnya dari ketinggian.

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar Kebumen
Goa Jatijajar Kebumen

Goa Jatijajar memiliki sejarah yang cukup panjang, lokasi goa ini tidak sengaja ditemukan oleh seorang petani yang tak sengaja terjatuh di dalam lobang yang ternyata itu merupakan langit-langit dari sebuah goa. Petani tersebut bernama Jayamenawi dan awal ditemukan pada tahun 1802. Menurut sejarah goa ini adalah tempat bertapa Raden Kamandaka, putra kerajaan Pajajaran. Karena memang secara administratif, wilayah Kebumen dahulu merupakan wilayah kekuasaan kerajaan Pajajaran.
Kini goa Jatijajar telah dibangun dengan sangat indah, terdapat listrik untuk penerangan, akses jalan yang mudah serta diorama yang menarik. berkunjung ke goa ini juga bisa membuat anda mencoba kesegaran air sungai yang konon memiliki khasiat yang berbeda. Di bagian dalam goa Jatijajar terdapat 7 aliran sungai dengan nama yang berbeda, namun hanya 4 sungai yang bisa dijangkau, yaitu sungai Puser Bumi, sungai Jombor, Sungai Mawar dan sungai Kantil. Menurut mitos jika anda membasuh wajah dengan air sungai tersebut maka apa yang anda niatkan akan segera terlaksana, membuat wajah menjadi lebih berseri dan awet muda.

Ternyata pesona Wisata Kebumen sangatlah menarik, dari beberapa ulasan mengenai Tempat wisata di Kebumen pastinya menarik perhatian anda dan rasa penasaran untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut. Baca juga: Tempat Wisata Di Gresik Dan Bawean Yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh Munzalan Mubarakan

Simomot adalah situs informasi bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Kami menyajikan info seputar bayi dan balita, bisnis, dan rumah tangga.

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Permanen

Objek Wisata Favorit Di Madiun Jawa Timur Yang Terkenal