Ini jadwal lengkap semifinal Piala AFF 2016

Sebanyak empat tim berhasil lolos meraih tiket ke babak semifinal Piala AFF 2016. Keempat tim tersebut akan bersaing untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara pada edisi ke-11 turnamen ini.

Dari hasil babak penyisihan grup yang telah selesai digelar di Filipina dan Myanmar, Thailand menjadi tim pertama yang berhasil memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016.

Dari Grup A, Thailand lolos ke babak empat besar dengan status juara grup. Tim berjuluk Gajah Perang tersebut mengoleksi poin sempurna, 9 poin, setelah menyapu bersih tiga partai dengan kemenangan.

Dalam laga terakhir grup ini, Indonesia mengunci posisi runner-up dengan menundukkan Singapura 2-1. Kemenangan dramatis Skuat Garuda diraih berkat gol Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly di babak kedua.

Sementara itu, persaingan sengit juga terjadi di Grup B karena dua negara berebut tempat untuk menemani Vietnam, sang juara grup, ke semifinal. Dalam sebuah laga hidup mati di matchday ketiga, Myanmar mengalahkan Malaysia dengan skor tipis 1-0.

Sesuai regulasi turnamen, babak semifinal Piala AFF akan memakai sisten kandang-tandang dan tim runner-up berkesempatan menjamu lawannya pada leg pertama. Tim yang unggul secara agregat akan lolos ke laga pamungkas turnamen.

Nah, ini dia jadwal lengkap semifinal Piala AFF 2016 yang dikutip dari berbagai sumber:

Sabtu, 3 Desember 2016 Indonesia vs Vietnam

Minggu, 4 Desember 2016 Myanmar vs Thailand

Rabu, 7 Desember 2016 Vietnam vs Indonesia

Kamis, 8 Desember 2016 Thailand vs Myanmar

Review Timnas Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly meluapkan kegembiraan seusai Tim Merah-Putih dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2016 usai menekuk Singapura 2-1. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)
Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly meluapkan kegembiraan seusai Tim Merah-Putih dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2016 usai menekuk Singapura 2-1. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sekadar info tambahan, berikut ini review lengkap Timnas Indonesia yang berhasil meraih tiket di babak semifinal AFF 2016 pada laga terakhir penyisihan Grup A di Stadion Rizal Memorial, Jumat (25/11/2016) malam lalu.

Timnas Indonesia saat itu tertinggal terlebih dahulu pada babak pertama, tapi bangkit pada babak kedua dan mencetak gol melalui Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly. Pelatih Alfred Riedl melakukan perubahan dengan mencadangkan Lerby Eliandry. Sebagai pengganti Lerby, Riedl memainkan Bayu Pradana untuk memperkuat lini tengah.

Tampilnya Bayu membuat Evan Dimas menjadi penyerang lubang. Sementara itu, Stefano Lilipaly tampil sebagai pengatur serangan.

Peluang pertama Indonesia berawal dari tendangan bebas Lilipaly pada menit kelima. Bola hasil tendangan bebas Lilipaly membentur mistar. Boaz Solossa berusaha memanfaatkan bola rebound, tetapi masih melenceng dari sasaran.

Tiga menit kemudian, Lilipaly mencoba peruntungannya dengan melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Usaha pemain naturalisasi Belanda tersebut belum membuahkan hasil karena bola berhasil ditangkap Hassan Sunny.

Tiga menit kemudian, Indonesia memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan dari tendangan bebas yang dilepaskan Lilipaly dari luar kotak penalti. Namun, Lilipaly gigit jari karena bola berhasil ditepis Sunny.

Setelah itu, Indonesia berusaha mengendalikan permainan. Sementara The Lions—julukan Singapura—melancarkan serangan balik.

Namun, usaha Indonesia untuk menciptakan peluang tak mudah. Pemain Singapura cukup sigap memutus serangan dan menumpuk hingga tujuh pemain saat bertahan.

Usaha Singapura tersebut mampu membuat Indonesia tak mampu menciptakan gol hingga jeda. Skor 1-0 bertahan hingga 45 menit pertama usai.

Selepas jeda, gawang Indonesia nyaris kebobolan oleh sepakan keras Khairul pada menit ke-48. Namun, Kurnia Meiga berhasil memenangi pertarungan dengan menepis bola.

Pada menit ke-57, Riedl memasukkan Ferdinand Sinaga. Keputusan memainkan Ferdinand ini setelah Indonesia tak ada target man. Beberapa kali, Boaz yang diharapkan sebagai target man malah lebih banyak menjemput bola.

Masuknya Ferdinand membawa perubahan. Puncaknya, Indonesia mampu menyamakan kedudukan berkat gol Andik Vermansah pada menit ke-62.

Dari sisi kanan pertahanan Singapura, Rizky Pora melepas umpan silang ke dalam kotak penalti.

Andik yang datang dari belakang langsung merangsek ke dalam kotak penati. Dia kemudian melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung Hassan Sunny.

Lima menit kemudian, Boaz melepas dua tembakan beruntun. Namun, upaya Boaz berhasil digagalkan Hassan Sunny.

Memasuki menit ke-70, Riedl memasukkan dua pemain baru, yakni Manahati Lestusen dan Zulham Zamrun.

Ancaman pertama datang pada menit ke-78. Zulham Zamrun berhasil melepas tembakan dari jarak dekat, tetapi masih bisa digagalkan Sunny.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.