Kuiper Belt
in

Ilmuwan temukan planet ke-10 di tata surya

Astronom dari Universitas Arizona baru saja mengklaim bahwa mereka menemukan sebuah planet yang diduga merupakan planet ke-10 di tata surya. Lokasinya sendiri berada di wilayah bernama “Kuiper Belt” yang merupakan tempat singgah ratusan planet es.

Pimpinan astronom mereka, Kat Volk, mengatakan bahwa planet yang diduga planet ke-10 itu memiliki massa yang mirip dengan Bumi dan Mars. Sayangnya, masih belum banyak yang bisa diteliti oleh para astronom karena keterbatasan alat yang mereka miliki.

Wilayah Kuiper Belt memang masih memiliki banyak misteri yang belum diketahui hingga saat ini. Karena itu, Kat Volk dan teman-temannya pun berharap bahwa Badan Antariksa yang lebih besar, seperti NASA dan ESA dapat bekerja sama dalam membuat peralatan untuk meneliti berbagai objek di Kuiper Belt.

Kat mengakui bahwa timnya membutuhkan setidaknya waktu tiga tahun untuk memiliki rencana yang matang dalam meneliti planet ke-10 tersebut. Waktu ini juga terkait dengan rencana NASA untuk menyiapkan teleskop Large Synoptic Survey pada tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, planet ke-9 yang merupakan pengganti dari planet Pluto telah ditemukan oleh kelompok astronom dari Caltech pada tahun 2015.

Berbeda dengan planet ke-10 yang memiliki massa mirip dengan bumi, planet ke-9 diketahui memiliki massa jauh lebih besar, yaitu sekitar 10 kali massa bumi. Selain itu, planet ini juga dikabarkan membutuhkan waktu 10 hingga 20 ribu tahun untuk satu kali mengorbit matahari.

Ditulis oleh Munzalan Mubarakan

Simomot adalah situs informasi bermanfaat untuk keluarga Indonesia. Kami menyajikan info seputar bayi dan balita, bisnis, dan rumah tangga.

Comments

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.

Loading…

0

Diskusi

0 comments

Tabel Daftar Harga Katalog Simply Reheat TUPPERWARE November 2017

Tabel Daftar Harga Katalog Kids & Teen Collection TUPPERWARE November 2017