Empat tipe kepribadian dalam mengelola keuangan, kamu yang mana?

Setiap orang dilahirkan dengan sifat-sifat yang berbeda. Sifat-sifat ini tentunya sangat mempengaruhi bagaimana cara kita menyikapi sesuatu. Dilansir dari economy.okezone.com, pakar keuangan Ray Linder menemukan bahwa dari segi finansial setidaknya terdapat 16 profil kepribadian. Dari ke-16 profil kepribadian ini, diklasifikasikan lagi secara singkat menjadi 4 kelompok, yang masing-masing mencirikan tentang bagaimana cara orang tersebut dalam menyikapi serta mengatur finansialnya. Empat tipe kepribadian utama tersebut yaitu, Tipe Perencana, Tipe Pemain, Tipe Pelindung, dan Tipe Penggembira. Pada masing-masing tipe, ada tips-tips tertentu lho untuk menyikapi keuangan. Penasaran? Yuk simak!

1. Tipe Perencana (Planner)

Kelompok kepribadian ini terdiri dari orang-orang yang sangat cermat. Karena kelebihannya ini, orang-orang yang masuk tipe ini dianggap sangat pas untuk menjadi pengelola investasi jangka panjang. Orang-orang dengan tipe perencana ini juga mampu mengatur keuangan pribadi sembari mengatur keuangan orang lain sehingga kebutuhan di masa yang akan datang bisa tercukupi dengan baik. Mereka pun sangat jeli dan disiplin dalam memantau perkembangan investasi jangka panjang yang telah dijalankan.

Kekurangannya, orang-orang dengan tipe kepribadian ini biasanya kurang baik untuk melakukan investasi jangka pendek. Hal ini cukup normal karena mindset mereka sudah diarahkan untuk mengawasi rencana jangka panjang.

2. Tipe Pemain (Player)

Tipe ini diberi nama demikian karena mereka cenderung lebih senang bermain-main dengan uang mereka. Ray Linder sendiri menggunakan istilah kompulsif untuk menyebut mereka. Orang-orang dengan tipe ini biasanya cenderung untuk terus menghabiskan uang, konsumtif dengan rasa tidak peduli tentang apakah keputusannya tersebut akan memberikan resiko yang besar kepada dirinya dan orang lain.

Jangan suka menghambur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. via nl.depositphotos.com

3. Tipe Pelindung (Protector)

Orang yang memiliki tipe kepribadian satu ini sangat berhati-hati dan benar-benar melindungi uang yang dimilikinya. Salah satu keuntungan memiliki kepribadian ini ialah selalu berada di jalur aman dalam masalah finansial dan cenderung memiliki masa depan yang sudah dipersiapkan dengan matang. Dari sisi berbelanja, orang orang ini memiliki kepribadian yang pasif, dimana mereka tidak terlalu gegabah ingin memiliki suatu barang walaupun barang itu sedang ramai diperbincangkan di pasaran. Mereka cenderung menolak untuk membelanjakan uangnya untuk hal-hal tersebut.

Meskipun terlihat sempurna, orang-orang dengan kepribadian seperti ini biasanya dianggap pelit, dan ada kalanya sisi investasi tidak tersentuh, padahal bisa jadi menguntungkan dirinya secara finansial.

4. Tipe Penggembira (Pleaser)

Masing-masing dari kita pasti memiliki teman yang sangat royal dalam membelanjakan uangnya dimana mereka senang sekali mentraktir teman-temannya. Tipe ini ialah tipe penggembira atau tipe pleaser. Dikutip dari cermati.com, pakar keuangan menggolongkan tipe kepribadian ini menjadi dua tipe lagi. Pertama adalah mereka yang hobi membelanjakan uangnya sebagai bagian dari status sosial untuk orang lain. Kedua adalah mereka yang cenderung membelanjakan uangnya untuk diri sendiri. Mirip seperti tipe pemain, tipe ini tidak memperdulikan apakah hal semacam itu termasuk kategori yang beresiko atau tidak.

Sudah mengerti masing-masing tipe kepribadian di atas? Sekarang mari kita lihat beberapa tips untuk bisa membantumu mengelola keuangan.

1. Mulailah Membatasi Pengeluaran

Untuk mereka yang memiliki tipe penggembira atau tipe pemain, perhatikan ini. Mulai saat ini, berlatihlah membatasi pengeluaran dan jangan mudah tergoda untuk membelanjakan uang anda untuk hal-hal yang tidak perlu. Jika tidak mulai mendisiplinkan diri, bisa-bisa kamu terkena hutang pada usia muda, cek laman berikut untuk tips-tips menghindari hutang-piutang di umur 20-an.

2. Cobalah untuk Berinvestasi

Kebalikan dari tipe penggembira dan tipe pemain, tipe pelindung sangat protektif terhadap uang yang dia miliki. Kekurangan mereka ialah pada ketidak-inginan melakukan investasi, sehingga mereka kemungkinan memiliki pertumbuhan finansial yang kecil karena terlalu takut melakukan investasi. Jika kamu adalah tipe ini, kamu harus mulai mengubah pola pikir. Coba lakukan investasi dengan resiko yang minimal dengan harapan akan tercipta lebih banyak sumber pemasukan.

Investasi itu ibarat menanam pohon untuk dapat berteduh di masa depan. via cermati.com

3. Menekan Kebutuhan untuk Belanja Gaya Hidup

Tipe penggembira ini kadang sering mengikuti dorongan untuk membelanjakan uang sebagai bagian dari usaha menonjolkan identitas diri. Kebiasaan ini akan sangat membahayakan finansial pribadi. Ada baiknya agar pemilik kepribadian ini belajar menekan belanja demi gaya hidup dibawah kebutuhan pokok saja. Tapi hati-hati, kamu mungkin akan berubah menjadi tipe pelindung, tapi jangan sampai kamu menjadi pelit dan tidak mau melakukan investasi jangka panjang.

4. Membuat Perencanaan dengan Mencatat Pengeluaran

Membuat perencanaan merupakan kelebihan dari pemilik karakter tipe planner yang dia miliki secara alamiah. Salah satu caranya adalah dengan rutin membuat rencana belanja sebulan. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi pemborosan yang berlebihan meski dari pendapatan masih mencukupi. Bagi pemilik kepribadian lain, bisa mencontoh kelebihan tipe planner ini dengan rajin belajar dan praktik membuat perencanaan keuangan yang baik.

Nah, itulah tipe-tipe kepribadian dalam mengelola keuangan beserta tips pengelolaan keuangan yang dapat diterapkan untuk setiap tipe. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengelola keuangan ya!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.