Yuk, hemat pengeluaran dengan daur ulang barang-barang ini.

Setiap dari kita pasti memiliki banyak barang-barang bekas yang tidak terpakai, bukan? Ya, dan biasanya barang-barang tersebut menumpuk di sudut ruangan dan menjadi perusak pemandangan rumah. Daripada barang-barang tersebut hanya menjadi pengganggu, lebih baik kita jual saja barang-barang tersebut. Selain mendapatkan uang untuk tambahan tabungan kita, barang-barang tersebut juga akan dapat berguna bagi orang lain. Atau kamu masih sayang dengan barang-barang tersebut tapi kamu yakin sekali tidak akan menggunakannya kembali? Yuk ikuti tips dari Simomot untuk mendaur ulang beberapa barang bekas tersebut menjadi barang baru yang enak dipandang dan dapat berguna sebagai tempat penyimpanan barang ataupun hiasan di rumah.

1. Gulungan tissue toilet menjadi hiasan dinding

Lho, gulungan tissue toilet kan cuma berbentuk silinder, apanya yang bagus sehingga bisa dibuat menjadi hiasan dinding? Eitss, tunggu! Jika gulungan tersebut dilipat dan dipotong-potong, hasilnya bisa lho dibuat menjadi bunga-bunga yang dapat ditempel di dinding. Perhatikan pembuatannya berikut ini.

Siapa sangka gulungan tissue toilet bisa menjadi hiasan dinding yang menarik?
via woohome, pinterest.com

2. Bekas tempat telur menjadi hiasan bunga mawar

Siapa sangka karton telur yang biasanya dibuang dapat diubah menjadi barang yang cantik? Dalam pembuatannya, kita cuma memerlukan bekas tempat telur tersebut, gunting dan lem. Jika kita ingin mengubah warnanya, kita bisa sediakan pilok atau spidol atau alat pewarna lainnya. Kemudian, jika ingin membuat kelopak bunga dan daun-daunan, kita bisa potong sendiri menggunakan gunting dan diwarnai sendiri, atau kita bisa beli daun dan kelopak yang sudah jadi di toko craft sekitar kita. Pokoknya, kreasi ini sangat low budget dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Bunga mawar dari karton telur, cantik bukan?
via marietta.ru

3. Bohlam bekas menjadi pot bunga (Terrarium)

Barang ini pasti banyak terdapat di rumahmu, bukan? Orang-orang kadang sering bingung mengenai bagaimana cara membuang bohlam bekas. Karena bingung, akhirnya rata-rata dari mereka menaruh bohlam bekas begitu saja di gudang. Padahal, dengan sedikit sentuhan kreativitas bohlam tersebut bisa digunakan sebagai hiasan jendela atau terrarium. Apa itu terrarium? Dilansir dari wikipedia.org, terarium atau virarium adalah media atau wadah yang terbuat dari kaca atau plastik transparan berisi tanaman, yang diperuntukkan bagi beragam kebutuhan, seperti untuk penelitian, metode bercocok tanam maupun dekorasi. Lalu, kok bohlam bisa berubah menjadi seperti itu? bagaimana caranya? Simak tips nya berikut ini, yuk.

Terrarium dari bohlam biasa menambah nilai estetika dan mempercantik rumah kamu.
via indulgy.com

 

4. Roda sepeda menjadi jam dinding

Ide ini sangat menarik, bukan? Jika kamu memiliki sepeda bekas yang tidak dapat digunakan kembali, kamu bisa bongkar bagian-bagiannya dan ambil rodanya untuk dibuat jam dinding. Untuk ini kamu cuma perlu membeli mesin jam dan empat angka utama dalam sebuah jam, yaitu angka 3, 6, 9, dan 0 (atau 12). Bahkan untuk angka-angka ini, kamu bisa membuatnya sendiri dari kayu bekas atau karton tipis. Jika memungkinkan, cari bahan-bahan yang sudah tersedia di gudangmu, gudang temanmu, atau gudang tetanggamu, sehingga kamu dapat menyimpan uang sebanyak mungkin.

Jam roda ini dapat dijadikan hiasan rumah atau diberikan kepada orang lain sebagai hadiah.
via pinterest.com

5. Botol bekas menjadi lampu taman

Barang ini pasti banyak sekali ada di sekelilingmu. Bahkan di tempat sampah dekat rumahmu pasti banyak botol bekas yang dibuang begitu saja. Sudah tahu bukan, berapa lama sampah plastik akan dapat terurai? Jika kita peduli dengan lingkungan, botol-botol tersebut bisa kita ambil, bersihkan dan daur ulang menjadi sesuatu yang layak, seperti lampu-lampu taman yang cantik. Cukup siapkan gunting, lilin kecil, dan wadah agar botol tersebut dapat berdiri tegak, lalu tinggal eksekusi pembuatan lampu taman.

Jika kamu tidak memiliki taman, kamu dapat menaruhnya di teras rumah.
via lotsofdiy.com

 

Nah, bagaimana tips dari Simomot ini? ada yang dapat kamu aplikasikan ke rumahmu? Sudah terbayang bukan, manfaat-manfaat dari mendaur ulang barang-barang bekas tersebut? Selain bisa menghiasi rumahmu, kamu juga bisa menghemat pengeluaramu, karena furnitur tidak harus selalu dari brand terkenal atau harus baru, tetapi cukup memiliki fungsi yang sesuai dengan yang diharapkan serta nyaman digunakan dan enak dipandang.

Jadi, barang bekas apa yang akan kamu daur ulang minggu ini? Selamat berkreasi!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.