Kompetisi jenggot unik di Amerika, pecinta jenggot pasti ingin ikut!

Sudah sejak dahulu, kumis dan jenggot atau brewok menjadi identitas dan sarana pengekspresian diri bagi para pria. Konon katanya, brewok tersebut membuat pria terlihat lebih keren dan lebih maskulin sehingga banyak wanita yang akan tertarik untuk mendekati mereka. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya model-model brewok yang menjadi tren di seluruh dunia. Karena ini, kadang dilakukan perlombaan yang menguji kreativitas para pria dalam membentuk jenggotnya.

Lucunya, terdapat perlombaan yang menguji keunikan jenggot para pria dari seluruh dunia. Nama acaranya, The World Beard and Moustache Championships, digelar terakhir pada tanggal 1-3 September 2017 di The Long Center for Performing Arts, Austin, Texas, Amerika Serikat. Acara yang pernah digelar di Leogang, Austria dua tahun lalu ini sempat menghebohkan dunia maya karena tampilan para pesertanya yang sangat unik. Bagaimana tidak, ada peserta yang sengaja membentuk jenggotnya seperti bintang, bulu babi, dan serigala. Ada pula yang membentuknya menjadi mirip seperti sebuah tanduk ataupun dibiarkan lurus menjuntai.

Secara keseluruhan, ada lima kategori yang dilombakan tahun ini, yaitu kategori ‘moustache’, kategori ‘partial beard’, kategori ‘full beard’, kategori ‘craft/ fantasy’, dan kategori ‘freestyle’. Pada masing-masing kategori, terdapat banyak kategori lainnya yang dilombakan. Tentu saja yang menjadi pusat perhatian ialah kategori ‘craft/ fantasy’ dan ‘Freestyle’ karena di kategori ini, peserta dituntut untuk mengekspresikan diri sekreatif mungkin untuk mendapatkan gelar juara.

Jika kamu senang segala hal tentang jenggot, kamu wajib melihat gambar-gambar di bawah ini. Siapa tahu suatu saat nanti kamu tertarik untuk mengikuti kompetisi tersebut sebagai perwakilan dari Indonesia.

Pemenang best in show, Jason Kiley, via laman facebook Greg Anderson Photography

Kaget? Tentu saja, pastinya kamu belum pernah menemukan orang yang membentuk jenggotnya seperti ini. Jason Kiley, nama pemenangnya, memiliki jenggot tebal berwarna cokelat yang panjang. Karena sangat panjang dan tebal, Kiley dapat membagi-bagi jenggot dan kumisnya serta membentuknya dengan pola bulat-bulat. Sangat unik, bukan?

Isaiah Webb, via thebeardking.com

Kira-kira apa yang terlintas di benak Isaiah Webb sebelum memutuskan untuk membentuk jenggotnya menyerupai serigala, ya? Selain membentuk jenggot di wajahnya, Webb juga menambahkan rambut-rambut di dada dan tangannya agar terlihat sangat mirip dengan serigala. Totalitas sekali ya dalam berkompetisi, sayangnya ia hanya mendapat tempat kedua dalam kategori ‘Freestyle Full Beard’, setingkat dibawah Jason Kiley. Kira-kira, berapa lama ya membentuk jenggotnya menjadi seperti itu?

 

Aarne Bielefeldt, via laman facebook Greg Anderson Photography

Apa yang kalian pikirkan saat melihat ini? Pasti bagaimana cara membentuknya hingga dapat menjadi lurus dan memutar di ujung seperti itu. Yang pasti, karena kreativitasnya ini Aarne Bielefeldt dianugerahi juara ketiga dalam kategori ‘Freestyle Full Beard’ mengalahkan 37 peserta lainnya.

Tunggu, apakah mungkin kalian para wanita juga ingin sekali mengikuti perlombaan ini? Jangan kuatir, pada kategori ‘Craft/ Fantasy’, semua pesertanya wanita lho. Berikut beberapa pemenang di kategori ini.

Angela Webb dan Isaiah Webb, via laman Facebook Greg Anderson Photography

Jika dilihat dari fotonya, Angela dan Isaiah ini sepertinya pasangan. Tidak heran, karena kekompakannya keduanya mendapatkan gelar juara di kategori masing-masing. Angela Webb mendapatkan gelar Juara Pertama di kategori ‘Craft/ Fantasy Realistic Moustache’.

Wah, perjuangannya mendapatkan gelar juara ini sepertinya tidak sia-sia ya, karena dandanannya memang benar-benar sangat realistik. Salut untuk Angela dan Isaiah Webb!

Amy Roberts, via Greg Anderson Photography

Amy Roberts menjadi juara dalam kategori ‘Craft/ Fantasy Creative Moustache’. Bagaimana tidak, Amy membawa beban yang terlihat sangat berat di atas mulutnya. Meskipun begitu idenya unik sekali, terlihat ada dua anak perempuan berbentuk barbie yang sedang bermain ayunan di kumis ranting milik Amy. Kira-kira bagaimana memasangnya ya?

Demikianlah gambaran hasil dari kompetisi unik kumis dan jenggot dunia yang diselenggarakan tahun ini di Amerika Serikat. Jika kamu ingin mengetahui hasilnya lebih banyak lagi, silakan kunjungi laman website World Beard Championships dan Austin Facial Hair Club.

Bagaimana pendapatmu? Bagikan di kolom komentar, ya!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.