Pengantin baru, yuk ikuti tips-tips berikut agar langsung disayang mertua!

Sudah jelas ketika kamu menikah, kamu akan menghadapi ritme kehidupan yang baru. Tentunya, kamu perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru tersebut, terutama dengan keluarga pasanganmu. Beberapa wanita kadang merasa kesulitan untuk bisa akrab dengan ayah dan ibu mertua mereka dan kebingungan dengan apa yang harus mereka lakukan agar dapat memecahkan dinding pembatas antara dirinya dengan orangtua baru mereka. Untuk kamu yang saat ini mengalaminya atau kamu yang sebentar lagi akan mengalaminya, jangan takut. Berikut dijabarkan beberapa tips agar kamu bisa lebih akrab dan tentunya disayang oleh mertuamu.

nakbebel.com

1. Luangkan Waktu

Jika kamu tidak ingin terlibat masalah dengan mertua, bukan berarti kamu harus menghindari mereka. Justru hal tersebut hanya akan menimbulkan masalah baru. Solusinya, kamu harus selalu bisa meluangkan waktu untuk orangtua barumu tersebut. Meluangkan waktu untuk orangtua pasangan dapat membuat hubungan kalian semakin akrab, lho. Ada pepatah mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’. Banyak keuntungan dari meluangkan waktu untuk mertua, diantaranya hubunganmu dengan pasanganmu akan menjadi lebih harmonis kedepannya, dan juga kamu akan disayang mertua.

Baca juga: 10 Etika baik yang harus dilakukan ketika bertemu calon mertua

2. Sopan

Sebagai orang Asia, terutama Indonesia, tata krama adalah hal yang sangat dijunjung tinggi. Hal ini juga yang akan pertama kali dilihat oleh mertuamu. Untuk ini, jika kamu dan keluarga pasanganmu berasal dari wilayah yang berbeda, kamu perlu menyesuaikan diri dengan adat budaya di daerah pasanganmu. Misalnya memberi salam dan mencium tangan mertua saat datang atau pulang ke rumah. Ingat, kamu harus menjaga sikap dan tata krama di depan mertuamu, akan tetapi jangan berusaha menjadi orang lain, karena itu sangat melelahkan.

3. Perhatian

Agar disayang mertua, kamu perlu menunjukan bahwa kamu memiliki kepekaan yang tinggi pada perasaan orang lain. Kamu harus bisa bersikap baik dan menunjukkan kasih sayang pada orangtua pasanganmu. Misalnya, kamu bisa merencanakan untuk menggelar pesta ulangtahun mertuamu, memberikan mereka hadiah yang sedang mereka inginkan, atau yang mendasar, kamu dapat memasakkan makanan favorit mertuamu. Dengan melakukan hal-hal mendasar in secara rutini, kamu dapat mengambil hati mertuamu dengan mudah.

Baca juga: Bingung memberikan hadiah untuk calon mertua? Berikut 4 ide hadiah yang dapat kamu pilih

4. Kendalikan emosimu

Saat kamu ingin bertemu dengan mertuamu, sebaiknya tidak dalam keadaan marah. Hal ini bisa membuat citra dirimu menjadi tidak baik di depan mertuamu, lho. Namun, jika kamu memaksakan dan memendam perasaan tersebut, kamu bisa menjadi lebih sensitif atau tersinggung ketika berinteraksi dengan mertua. Sebaiknya, ketika akan bertamu dengan beliau, kamu harus tarik napas dalam-dalam dan berusaha hilangkan perasaan tersebut. Biarkan diri merasa ringan seakan tidak ada masalah sehingga kamu bisa membawa perasaan hangat dan menyenangkan kepada orangtua pasanganmu. Dilansir dari wolipop.detik.com, kamu juga perlu istirahat yang cukup supaya tubuh bisa rileks sehingga tidak terbawa emosi seandainya mertua bersikap ‘tidak enak’ kepadamu.

5. Bersabar

Sebagai menantu, kamu perlu berinteraksi kepada mereka selayaknya kamu berinteraksi kepada orangtuamu sendiri, karena mertuamu adalah orangtuamu juga. Jika ke orangtua sendiri saja kita bisa bersabar, mengapa ke mertua tidak bisa? Kamu pasti tahu, untuk menjaga hubungan yang harmonis terhadap keluarga pasanganmu, kamu harus bisa bersabar dan berusaha melakukan yang terbaik. Jika mertua sulit didekati, kamu tidak boleh menyerah. Terus berusaha mendekatinya, karena hal-hal kecil yang kamu lakukan nantinya akan berbuah besar dan mertuamu lambat laun pasti akan menyambutmu dengan baik dan respek kepadamu.

6. Berpikir Positif

Melanjutkan dari tips nomor 5, jika mertuamu sulit untuk didekati, selain bersabar, kamu juga perlu berpikir positif dan jangan mudah jengkel atau marah menanggapinya. Terus pikirkan kebaikan-kebaikan yang pernah mereka lakukan kepadamu. Yang lebih penting, kamu harus berfikir bahwa tanpa adanya mereka, kamu tidak akan menemukan pasanganmu. Jika pasanganmu sangat menyayangi mertuamu, pasti ada sesuatu yang sangat baik pada mertuamu yang belum ia perlihatkan kepadamu. Hal positif yang kamu pikirkan tersebut akan membantu mengubah perasaan kesal yang memberatkan hatmu berubah menjadi lebih ringan sehingga kamu bisa menjadi lebih baik saat berusaha membangun hubungan yang harmonis dengan mertuamu.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam menghadapi mertua saat baru memulai rumah tangga dengan pasanganmu. Semoga artikel ini dapat membantu, ya.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.