Tipe-tipe menantu idaman mertua, apa kamu salah satunya?

Menjadi orang baru dalam suatu komunitas tentu berat, karena kita harus menghadapi langsung tatapan dan penilaian banyak orang dalam satu waktu. Hal ini juga terjadi saat kita menikah dan menjadi orang baru di keluarga pasangan. Kondisi ini menjadi semakin berat saat tahu bahwa yang akan menatap dan menilai kita langsung ialah tak lain dan tak bukan, sang mertua. Kita mungkin akan merasa takut, takut dibilang nggak bisa masak lah, dandanannya terlalu menor lah, ujung-ujungnya kita malah jadi melakukan hal-hal yang bukan kita banget. Dilansir dari yukepo.com, agar tidak merasa canggung ataupun jadi cenderung menghindari pertemuan yang suatu hari mau nggak mau pasti terjadi itu, yuk kita bahas seperti apa sih menantu yang biasanya menjadi idaman para mertua agar kita bisa mempersiapkan diri jauh sebelumnya.

vemale.com

1. Menantu yang jujur dan terbuka

Siapa sih yang suka berinteraksi dengan orang yang suka berpura-pura, apalagi jika kamu akan berinteraksi dengan orang tersebut seumur hidupmu? Kalau kamu tidak ingin hal seperti itu terjadi padamu, maka kamu pun harus menghindari sikap seperti itu, terutama pada mertuamu. Jangan berpura-pura di depan mertua, apalagi jika menyangkut urusan rumah. Jika kamu diminta membantu memasak atau membersihkan sesuatu tetapi kamu tidak bisa, kamu harus mengutarakannya langsung. Biasanya, seorang ibu mertua akan lebih tertarik pada calon menantu yang nggak berpura-pura. Tapi kamu jangan langsung pergi begitu saja setelah kamu bilang tidak bisa, mertua justru akan semakin sebal denganmu. Cobalah untuk bilang bahwa meskipun kamu tidak bisa, kamu akan berusaha untuk mempelajari itu semua dari mertua, itu akan membuat mertua lebih menghargai dan menyayangimu, lho.

2. Tidak malu-malu

Kamu tidak perlu menutup-nutupi kebiasaanmu di depan mertua seperti suka makan banyak atau mandi sambil menyanyi. Justru hal tersebut akan membuat mertua senang karena kamu sudah menganggap mereka seperti keluargamu sendiri. Namun, kamu tetap harus punya batasan dalam mengeluarkan kebiasaanmu ini. Sebaiknya kamu mengikuti adat istiadat yang berlaku di daerah keluarga pasanganmu ini, seperti tidak kentut sembarangan atau tertawa dengan sangat keras di malam hari yang dapat mengganggu orang-orang di dalam rumah. Jika ditegur, kamu cukup meminta maaf sambil tersenyum sewajarnya. Jika kamu ditegur soal makan banyak, kamu bisa memujinya dengan bilang jika hal tersebut karena makanan yang dibuat mertuamu sangat enak. Dengan begini, mertuamu bisa semakin sayang kepadamu.

3. Hidup sehat

Siapa yang tidak ingin dirinya dan keluarganya hidup dengan sehat? Saat ini, semakin banyak orang-orang yang sadar akan pentingnya kesehatan, terutama orangtua. Dalam hal memilih menantu pun, mereka kadang sangat ketat mencari seseorang yang memiliki gaya hidup sehat karena ingin yang terbaik bagi anaknya. Jika kita adalah seseorang yang rajin berolahraga, selain sehat, kita akan semakin disayang oleh mertua, lho! Jika kita bukan orang yang seperti itu, kita bisa memulai dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Kita pun bisa mencoba membagi kebiasaan tersebut kepada keluarga pasangan dengan membawakan mereka beberapa makanan sehat yang kamu buat sendiri atau beli di supermarket atau membawakan buah-buahan. Selain akan dianggap sebagai menantu yang perhatian, kamu akan semakin disukai oleh mertuamu. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui!

4. Murah senyum

Jika kamu adalah orang yang memang sulit untuk berbicara atau memulai sebuah topik pembicaraan, minimal kamu ramah dan suka senyum. Biasanya, mertua akan memulai pembicaraan lebih dahulu dan saat itulah kamu bisa melempar senyum terbaikmu kepadanya, selain menimpali dengan beberapa kalimat yang memang berhubungan dengan topik pembicaraanmu dengan mertua. Bagi orang Indonesia, dengan tersenyum kamu sudah menunjukkan bahwa kamu menghormati dan menghargai mertuamu dengan cara yang sopan, dan ini bisa menjadi nilai plus bagi mertuamu. Tapi ingat, senyumlah sewajarnya, jika kamu tersenyum terlalu lebar, selain rahangmu bisa kram, mertua juga bisa takut karena senyummu bisa dianggap mengerikan.

5. Tidak memonopoli

Kamu memiliki sifat posesif terhadap pasanganmu? Hati-hati lho, karena hal ini bisa berdampak buruk bagi pernikahanmu. Biasanya, sifat ini bisa membuat kamu membatasi hubungan pasanganmu dengan keluarganya. Padahal, pasanganmu juga masih memiliki tanggungjawab dan hak untuk bertemu dan berkumpul dengan pasangannya. Ingat jika tidak ada mertuamu, kamu tidak akan bisa menikah dengan pasanganmu ini. Jangan sampai kamu menyita waktu dan perhatian dari pasanganmu hanya untukmu sendiri karena mertuamu tidak akan menyukainya. Untuk mengatasi sifat ini, kamu sebaiknya mengikuti acara-acara yang digelar oleh keluarga pasanganmu ini. Selain bisa lebih mendekatkan diri dengan calon mertuamu, kamu juga bisa bertemu dan bersama dengan pasanganmu terus. Lama-lama, karena kamu sudah memiliki kepercayaan kepada pasanganmu dan keluargamu, kamu bisa menghindari munculnya sifat tersebut. Mertuamu juga tidak akan memusingkan cara untuk bertemu dengan anaknya, bukan? Win-win solution!

6. Peka dan perhatian

Sebagai wanita, kamu tidak boleh hanya minta pasanganmu untuk selalu peka terhadapmu. Kamu juga harus memiliki sifat itu, terutama jika menyangkut keluarganya. Seorang ibu mertua juga biasanya akan sangat senang jika menantunya adalah orang yang peka dan perhatian. Contoh yang mudah, kamu pasti sangat peka dengan kondisi orangtuamu sendiri. Jika mereka sakit kamu pasti akan mengurusnya dengan baik, kemudian jika orangtuamu ingin sesuatu, kamu langsung membelikannya. Nah, kamu pun harus memperlakukan orangtua pasanganmu seperti itu. Jika sakit, kamu harus mengurusnya, dan jika beliau sedang ingin menonton sinetron padahal kamu ingin menonton drama korea, kamu harus mengalah dan kalau perlu buatkan teh untuk beliau. Jika kamu melakukan hal-hal tersebut, dijamin mertuamu akan menganggapmu sebagai anak kandungnya sendiri.

Nah, demikianlah beberapa hal ytipe menantu idaman yang ingin dimiliki para mertua. Memang tidak ada manusia yang sempurna, tapi jika kamu bisa memiliki semua sifat-sifat tersebut, mertuamu tentu akan sangat menyayangimu dan kamu akan menjalani masa-masa pernikahan yang menyenangkan. Semoga artikel ini dapat membantumu menjadi menantu idaman para mertua, ya.

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.