Jangan lupakan 8 tips penting ini jika ingin berlibur bersama keluarga.

Sebentar lagi liburan tiba! Banyak orang yang sudah mulai merencanakan liburan dari sekarang. berkeluarga sering berpikir dua kali untuk traveling bersama anggota keluarga mereka. Salah satu alasannya adalah kerepotan yang akan terjadi jika traveling bersama keluarga. Mereka lebih memilih traveling bersama teman-teman kantor daripada bersama keluarga sendiri. Padahal jika beberapa langkah di bawah ini dilakukan, kita juga bisa loh traveling asik bersama keluarga.

Vemale.com
  1. Pilih Destinasi Sesuai Budget

Ini paling penting nih. Seringkali orang memilih tempat liburan yang melebihi budget. Mereka berpikir semua biaya liburan bisa diatasi dengan sebuah kartu kredit. Selesai berlibur, tagihan kartu kredit menumpuk. 

Daripada melakukan pembayaran dengan kartu kredit, lebih baik dari awal kita menentukan tempat liburan yang sesuai dengan uang yang ada di kantong kita. Tentukan beberapa tempat dan berikan pilihan kepada anggota keluarga kita.

  1. Akomodasi

Selesai menentukan lokasi liburan, selanjutnya cari tempat penginapan yang nyaman, aman, bersih dan mudah di akses transportasi setempat. Kalau berlibur di dalam negeri, hotel bintang tiga atau guest house bisa menjadi pilihan yang tepat. Pilih hotel atau guest house yang menyiapkan breakfast. Lumayan kan hemat budget untuk sarapan.

Nah, kalau liburan di luar negeri, apartemen bisa dipilih untuk menjadi tempat menginap selama liburan. Terkadang kita, orang Indonesia, kesulitan menemukan makanan yang halal ketika berlibur ke luar negeri. Jika kita menginap di apartemen, kita bisa membeli bahan makanan halal dan membawa beberapa dari Indonesia lalu mengolahnya di dapur apartemen. Hemat dan sehat juga kan?

Untuk akomodasi, jangan lupa booking di awal ya agar tidak repot selama perjalanan.

  1. Cek Cuaca Destinasi Liburan

Sebelum membuat rencana liburan atau biasa disebut itinerary, jangan lupa untuk cek cuaca tempat liburan setempat. Baju apa saja yang perlu di bawa dan tempat mana saja yang bisa dikunjungi dengan cuaca yang seperti itu. Jangan sampai kita ngga bawa hal-hal sepele seperti payung atau jaket karena ternyata cuaca destinasi liburan kita lagi sering hujan, ya.

  1. Buat Rencana Perjalanan

Kalau yang ini wajib banget dilakukan. Sebelum membuat rencana perjalanan, ada baiknya kita browsing terlebih dahulu tempat wisata menarik dan bisa dikunjungi bersama keluarga. Sesuaikan juga dengan minat keluarga ya. Setelah itu, buatlah rencana perjalanan dari pagi sampai malam hari bersama keluarga yang akan berangkat liburan. Perlu diingat, rencananya harus fleksibel ya.

  1. Transportasi dengan Minim Budget

Untuk beberapa kota di Indonesia, kalian bisa menemukan rental mobil jika ingin berpergian nyaman bersama keluarga. Dijamin ngga nyasar juga karena bisa sekalian sewa supirnya. Kalau mau minim budget, tunjuk salah satu anggota keluarga untuk menjadi supir selama liburan dan manfaatkan Google Maps supaya ngga nyasar.

Kalau kalian liburan di luar negeri, manfaatkan transportasi umum yang ada. Jangan beli tiket harian ya karena pasti lebih mahal. Lebih baik membeli multi-trip tiket jadi bisa dipakai berkali-kali.

  1. Bawa Pakaian Secukupnya

Setiap kali liburan, kita sering kali merasa khawatir kehabisan baju. Mulai sekarang buang jauh-jauh deh pikiran itu. Bawa pakaian secukupnya saja dan sesuaikan dengan cuaca setempat. Sisakan tempat di koper untuk membawa oleh-oleh liburan. Masa iya, pulang liburan cuma bawa baju kotor saja?

  1. Obat-obatan untuk Keadaan Darurat

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat liburan. Bisa saja tiba-tiba karena tidak cocok dengan makanan setempat, perut kita jadi sakit. Oleh karena itu, penting banget nih bawa obat-obatan seperti paracetamol, minyak kayu putih, obat sakit perut dan obat-obatan lain yang menurut kalian perlu dibawa.

  1. Doa di atas segalanya!

Meskipun doa merupakan tips terakhir di tulisan ini, kita harus tetap melakukan ini sebelum kita berangkat dan pulang liburan ya supaya keluarga kita dilindungi oleh Tuhan selama liburan dan bisa pulang kembali ke rumah dengan selamat.

Oke deh. Sekian tips kali ini. Selamat merencanakan liburan bersama keluarga!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.