Tipe-tipe mertua idaman ini bikin kamu baper!

Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran mertua dalam kehidupan berumah tangga kita bersama pasangan merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Hal tersebut bisa menjadi keberuntungan atau hambatan dalam keharmonisan hidup berumah tangga. Biasanya, hubungan antara mertua dengan menantu sering digambarkan sebagai kucing dan tikus karena mereka sering berseteru akan suatu hal, yang biasanya berawal dari hal yang sepele. Akan tetapi tidak semua seperti itu, ada saja mertua atau menantu yang memiliki sifat-sifat mulia dan menjadi idaman dalam keluarga.

Merdeka.com

Sebelumnya telah dibahas tipe menantu yang menjadi idaman para mertua, nah sekarang giliran tipe mertua idaman yang perlu untuk kita bahas. Kira-kira, tipe mertua seperti inikah yang menjadi kriteriamu?

1. Menganggap menantu seperti anaknya sendiri

Dilansir dari keluarga.com, seorang ibu yang memperlakukan anak kandungnya dengan sangat baik menunjukkan bahwa mereka sangat tulus mencintai anaknya. Memang, meskipun sangat menyayangi anaknya, cara orangtua memperlakukan anaknya berbeda-beda. Jika mertuamu memperlakukan dirimu dengan cara yang menurutmu kurang baik, sebaiknya kamu bertanya dahulu kepada pasanganmu apakah beliau memperlakukan anak-anaknya sebagaimana beliau memperlakukanmu. Jika iya, maka sudah bisa dipastikan bahwa ia menganggapmu seperti anaknya sendiri. Caranya mungkin berbeda dengan mertua kebanyakan, tapi yakinlah beliau menyayangimu dan kamu patut berbangga. Untuk ini, balaslah perlakuan orangtua pasanganmu tersebut sebaik-baiknya kamu memperlakukan orangtuamu sendri.

2. Tidak pernah merasa ingin dilayani

Di dalam drama sinetron ataupun dalam film, banyak orangtua yang mengatakan pada anaknya bahwa jika anaknya sukses, ia tidak harus melayani orangtuanya, karena mereka sudah puas hanya dengan melihat anaknya menjadi orang yang sukses. Sekilas, hal tersebut merupakan salah satu pencitraan yang dibawakan dalam drama. Tapi ternyata, pada kenyataannya banyak sekali lho orang tua yang memiliki sifat seperti ini. Tipe orangtua seperti ini memang menjadi idaman setiap menantu dan bahkan anaknya sendiri. Akan tetapi, masa kita sebagai anaknya tidak mau membalas jasa-jasa mereka selama ini? Malu, dong. Karena orangtua kita sudah memperlakukan kita dengan baik, hendaknya kita kembali memperlakukan mereka dengan lebih baik. Buatlah mereka bahagia pada hari tua mereka sebagaimana mereka membahagiakan kita saat kita kecil.

3. Selalu mendoakan yang terbaik

Orang bijak bilang, ucapan adalah do’a, dan apapun do’a yang diucapkan oleh seorang ibu biasanya akan terkabul dengan cepat. Seorang ibu yang baik dan bijak biasanya akan menyadari hal ini dan akan selalu berusaha untuk mengeluarkan ucapan-ucapan yang mengandung do’a yang baik bagi anak-anaknya. Jika kamu memiliki mertua seperti ini, rawatlah beliau dengan baik, karena kata-kata dan do’a yang diucapkan olehnya sama pentingnya dengan kata-kata dan do’a yang diucapkan oleh orangtuamu. Keuntungannya, hubunganmu dengan orangtua pasanganmu akan semakin harmonis karena tercipta rasa saling pengertian dan saling menghormati antara mertua dan menantu, juga kamu akan merasa bahagia sepanjang penikahanmu karena do’a yang diucapkan secara terus menerus dari orangtuamu dan juga mertuamu.

4. Menyayangi cucu dengan segenap hati

Biasanya, jika hubungan antara mertua dengan anak dan menantunya sangat baik, hal ini akan berdampak pula kepada interaksinya dengan cucunya sendiri. Memang hal tersebut tidak selalu terjadi pada beberapa keluarga, ada juga yang hubungan mertua dengan cucunya sangat dekat akan tetapi hubungannya dengan anak dan menantunya sendiri kurang baik. Akan tetapi, bisa dipastikan bahwa kehidupan yang harmonis antara mertua dengan cucunya akan terjalin dengan sangat baik karena hal tersebut telah dicontohkan oleh mertua dengan anak dan menantu kepada cucunya. Karna itu, mertua yang baik dan bijak akan berusaha menjalin hubungan yang baik dengan anak dan menantunya sendiri sehingga hal tersebut berimbas pada interaksinya dengan cucunya. Sebagai menantu, kamu juga harus bersikap bijak dengan ikut berusaha membuat hubungan baik dengan mertuamu sehingga hubungannya dengan anakmu tidak akan terganggu oleh masalahmu dengan mertua.

Demikianlah beberapa tipe mertua yang menjadi idaman setiap menantu di dunia. Apa kamu punya tipe mertua ideal lainnya yang ingin kamu miliki? Yuk, dibagikan di kolom komentar!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.