Tinggal serumah dengan mertua itu banyak keuntungannya lho!

Tinggal serumah dengan mertua memang bisa dijadikan salah satu solusi untuk rumah tanggamu yang baru terbentuk. Macam-macam hal bisa memicu terbentuknya keputusan ini, seperti mertua yang sakit, kondisi finansialmu yang kurang bagus, dan lain hal. Memang, banyak cerita menyebutkan bahwa tinggal serumah dengan mertua itu tidak enak. Padahal tidak juga, kok. Jika kamu bisa meminimalisir masalah yang akan muncul, kamu bisa kok hidup nyaman bersama dengan mertuamu. Dilansir dari gulalives.co, banyak lho keuntungan hidup bersama dengan mertua, diantaranya kamu bisa lebih banyak menabung. Yuk kita simak beberapa keuntungan lainnya!

Baca juga: Tips-Tips Ampuh Ini Bikin Tinggal Serumah Dengan Mertua Menjadi Hal Yang Menyenangkan!

  1.  Bisa menabung lebih banyak

Tujuan kamu dan pasanganmu pindah ke rumah orangtua salah satunya untuk menabung, bukan? Tentunya, urusan pembayaran rumah bisa kamu tunda terlebih dahulu dan kamu bisa menabung gajimu dan pasanganmu untuk kebutuhan membeli rumah. Dengan begitu, kamu pasti bisa menghemat pengeluaran keluargamu. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kamu bukannya tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun jika tinggal disana. Memang kadang orangtua akan menawarkan diri untuk membayar semua kebutuhanmu dan pasanganmu, tapi apa kamu tidak malu menumpang secara gratis di rumah mertua? Sebaiknya kamu menawarkan diri untuk membayar kebutuhan rumah tangga lainnya seperti membayar biaya listrik atau air atau menawarkan diri untuk membelikan bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga lainnya yang akan digunakan bersama. Dengan ini, mertuamu pun akan merasa kamu adalah menantu yang perhatian dan akan sangat menyayangimu.

timesindonesia.co.id
  1. Ada orang penengah jika bertengkar dengan suami

Memang, pertengkaran itu sepenuhnya menjadi urusan dua pihak yang sedang bertengkar. Akan tetapi, jika kita bisa mendapat bantuan dari luar, terutama jika orang itu lebih bijak, kita bisa sangat terbantu untuk mengakhiri pertengkaran dengan segera. Dalam hal ini, jika kamu tinggal serumah dengan mertua, kamu akan menjadi lebih terbantu karena mertuamu tentunya sudah lebih ahli dalam masalah pernikahan dan lebih bijak daripada kamu dan pasanganmu sehingga bisa lebih objektif dalam memandang masalah. Kemudian, setidaknya ada orang lain yang bisa kamu ajak bicara atau bahkan menjadi tempat curahan hati. Mertua juga bisa memberikan saran kepadamu mengenai cara menghadapi suamimu karena bagaimanapun, beliau sudah mengenal suamimu lebih dahulu sejak ia kecil. Dengan begitu, kamu bisa minta tolong mertua untuk berbaikan dengan suami kamu.

  1. Akan merasa aman meninggalkan anak

Anak itu adalah anugerah tuhan. Jadi jika kamu ternyata diberi kepercayaan untuk memiliki anak saat kamu berada di rumah orangtua, kamu tidak perlu repot mempekerjakan baby sitter karena mertuamu sudah pasti akan menawarkan diri untuk menjaga cucunya ketika kamu dan pasanganmu harus keluar. Terlebih lagi, mertua merupakan salah satu orang yang paling dapat kamu percaya untuk merawat anakmu selain suamimu, orangtuamu, dan tentunya kamu sendiri. Tapi ingat, meskipun beliau bersedia menjaga dan merawat anakmu nanti, kamu jangan sekali-sekali memperlakukannya seperti baby sitter atau terkesan seperti pembantu. Selain karena beliau adalah orangtuamu juga, hal ini akan membuat citramu di mata mertuamu menjadi jelek.

  1. Lebih disiplin

Tinggal di rumah orang lain memang tidak senyaman tinggal di rumah sendiri. Apalagi di rumah mertua yang mana kamu harus selalu menjaga sikap dan perilaku agar tidak membuat dirimu dan mertua sama-sama tidak nyaman. Jika kebetulan mertuamu memberikan peraturan tidak tertulis yang agak menyusahkanmu seperti harus bangun pagi dan harus menyapu setiap selesai makan, kamu perlu mengikutinya karena itu berguna untuk kebaikanmu juga. Kebiasaan mematuhi peraturan inilah yang membuat hidupmu lebih disiplin. Bahkan kamu bisa menularkannya kepada anamu kelak.

  1. Mendapatkan resep makanan dari mertua

Tidak ada wanita yang siap 100 persen untuk menjadi ibu rumah tangga. Biasanya, mereka bahkan tidak tahu cara mengerjakan pekerjaan rumah tangga dengan baik dan benar seperti memasak dan mencuci baju. Nah, dengan tinggal di rumah mertua, sebenarnya kamu sangat terbantu karena kamu memiliki guru yang baik untuk mengajarimu segala hal tersebut, yaitu tak lain dan tak bukan ialah mertuamu sendiri. Jika kamu meminta beliau untuk mengajarimu dengan baik, beliau tak akan sungkan karena untuk mengajarimu karena pada dasarnya mertua sangat senang jika menantunya meminta nasehat atau menganggap mereka sebagai orangtua sendiri.

  1. Berbagi hobi yang Sama

Jika suamimu memiliki hobi menonton bola, apakah kamu tidak kasihan melihatnya menonton bola sendirian di malam hari? Jika kamu tinggal bersama mertua yang juga memiliki hobi sama dengan anaknya, kamu bisa lega karena suamimu akan memiliki teman untuk menonton bola di malam hari. Tak hanya suamimu, kamu pun bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari hobi yang sama dengan mertuamu sehingga kamu bisa lebih nyaman tinggal bersama mereka dan mereka pun akan senang karena memiliki menantu yang menyenangkan.

Demikianlah beberapa hal menguntungkan yang akan kamu dapatkan jika kamu tinggal bersama dengan mertuamu. Jadi, sekarang untuk apa khawatir? Nikmati saja!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.