Ingin Pernikahan Yang Murah Tapi Bermakna? Cek Tips-Tipsnya di Bawah ini.

Saat ini banyak sekali pasangan yang sudah sangat siap untuk menikah, akan tetapi terhalang oleh biaya yang tidak sedikit untuk melaksanakan pernikahan. Oleh karena itu, mereka kadang menundanya hingga uang yang terkumpul dapat menutupi segala biaya pernikahan. Sebenarnya, walaupun kamu memiliki biaya yang tidak banyak untuk menikah, kamu masih bisa memiliki pernikahan impianmu, lho. Bagaimana caranya? Yuk simak tips-tips di bawah ini, seperti dilansir dari keluarga.com.

pokgrand.com

1. Menabung sejak jauh hari

Menabung sejak jauh hari adalah hal paling utama yang harus dipersiapkan setiap pasangan ketika mereka merencanakan untuk menikah. Walaupun kamu belum berencana menikah, sebaiknya mulai pikirkan pernikahan impianmu dan pasanganmu. Rencanakan dan persiapkan anggarannya terlebih dahulu. Tidak apa jika kamu merencanakannya dengan budget yang mahal, perlahan-lahan kan bisa kamu pangkas sedemikian rupa. Nah, keuntungannya, jika kamu mengumpulkan uang dengan target budget maksimal, ketika kamu telah menentukan rencana pernikahan yang fix dengan buget yang lebih minim dari sebelumnya, kamu akan memiliki kelebihan uang yang bisa kamu pakai sebagai uang cadangan pernikahan atau dijadikan uang tabungan.

2. Jangan menggunakan jasa wedding organizer atau sejenisnya

Karena alasan sibuk, tidak punya cukup waktu kamu menyerahkan segala macam kebutuhan pernikahan kamu kepada mereka. Padahal, jika kamu bisa melakukannya sendiri mengapa tidak. Dalam hal ini, kamu dan pasanganmu perlu bekerja sama memersiapkannya sedikit demi sedikit dari jauh hari sebelumnya. Memang, hal ini membutuhkan skill organizer yang cukup memadai. Tapi toh kamu tidak sendiri. Kamu bisa minta bantuan keluargamu dan teman-temanmu kan, belum lagi keluarga dan teman pasanganmu yang tentunya siap mebantu. Jangan khawatir, mungkin dari pengalamanmu mengatur pernikahanmu sendiri kamu bisa membuka jasa wedding organizer sendiri. Menarik bukan?

3. Cari gedung atau tempat untuk mengadakan resepsi sejak jauh hari

Degan persiapan cukup jauh, kamu memiliki cukup waktu untuk memilih atau mencari gedung yang bagus namun tetap murah dan sesuai dengan anggaran pernikahanmu. Ketika memesan gedung dari jauh hari sebelumnya, biasanya biayanya akan jauh lebih murah dibanding mencari gedung dekat dengan hari H pernikahan.

4. Pilihlah ketering yang murah dan berkualitas

Salah satu yang penting dalam pernikahan adalah sajian makanan untuk para tamu undangan. Ketika kamu telah menganggarkan biaya pernikahan, sebaiknya kamu mulai mencari dan memilih ketering yang murah namun tetap berkualitas. kamu bisa bertanya kepada pemilik gedung yang akan kamu gunakan karena biasanya mereka bekerja sama dengan jasa katering. Jika ingin lebih murah lagi, kamu bisa melakukan survey terlebih dahulu dengan bertanya kepada teman-teman yang mungkin tahu, cari di internet, atau tanya kepada keluarga dan tetangga-tetangga. Jika ada kenalanmu yang memiliki kenalan jasa katering kan bisa saja kamu mendapat diskon tersendiri.

5. Jahit baju pengantin sendiri

Membeli kain sendiri, merancangnya sendiri dan memilih tempat jahit yang murah tapi tetap berkualitas bisa jadi pilihan ketimbang membeli gaun yang sudah jadi. Selain harganya bisa menjadi lebih murah, kamu bisa membuat gaun impianmu sendiri. Kadang, gaun yang sudah jadi tidak pas dengan selera kita, karena itu, menjahit baju pengantin sendiri bisa menjadi pilihan tepat.

6. Pilih paket make-up pengantin yang murah

Biasanya salon yang memiliki rias pengantin akan menawarkan paket-paket pengantin. Namun kamu perlu bijaksana dalam memilih paketnya. Karena kamu telah memiliki baju sendiri, berarti kamu hanya perlu memilih paket make-up. Tapi jika ternyata harga paket pengantin tersebut jatuhnya lebih murah daripada harga bajumu, kamu bisa menggunakan paket ini. Untuk ini kamu harus memeriksa paket-paket pengantin dari jauh hari. Namun kamu juga harus ingat, ada makeup yang cocok denganmu dan ada yang tidak. Untuk ini, sebaiknya kamu minta diuji coba dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa makeupnya. Walaupun targetnya mencari paket makeup paling murah, bukan berarti kamu harus rela dijadikan badut ketika kamu menikah, lho.

7. Buat undangan sendiri

Kemajuan teknologi sangat memudahkan kita untuk berkreasi. Salah satunya dengan mencontoh undangan di internet dan mencetaknya sendiri. Namun kamu mesti kalkulasikan dahulu apakah jika kamu produksi sendiri, undangannya akan lebih murah atau tidak, karena saat ini banyak kartu-kartu undangan yang sangat murah dan hasilnya menarik. Karena itu, kamu perlu lakukan banyak survey dari jauh hari.

8. Carilah suvenir yang ekonomis

Saat ini banyak suvenir pernikahan yang sangat murah, sehingga kamu hanya perlu tahu di mana membelinya. Jika kamu mau yang mudah dan murah, ada jasa photo booth yang biasa menjadi suvenir pernikahan. Namun perlu diingat, tidak semua orang ingin difoto. Karena itu kamu perlu menetapkan tujuanmu, ingin memberi souvenir kepada semua orang atau ingin memberikan suvenir dengan cara yang menyenangkan. Jika kamu ingin lebih murah lagi, kamu bisa membuatnya sendiri! Ya, misalnya tatakan gelas, kamu bisa membuatnya manual dari pita tebal yang kamu anyam sedemikian rupa dan dibentuk menjadi kotak atau bulat. Hal ini bisa menghemat pengeluaranmu besar-besaran, lho.

9. Lakukan foto pre-wedding sendiri

Daripada membayar mahal jasa photographer untuk foto pre-wedding, lebih baik kamu melakukannya sendiri. Minta tolong kerabat atau teman Anda yang memiliki kamera dan bisa memotret. Hasilnya tidak perlu harus pro seperti hasil foto dari photographer, asal tidak blur dan enak dipandang saja sudah cukup. Carilah lokasi yang menarik dan sesuai dengan tema pernikahan kamu berdua.

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk menekan biaya pernikahan serendah-rendahnya. Akan tetapi, kuncinya kamu harus disiplin, sabar, dan lakukan dari jauh-jauh hari. Nah, selamat mencoba ya, semoga kamu mendapatkan momen pernikahan yang menyenangkan!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.