Tempat Wisata Populer di Bogor ini Bikin Kamu Enggak Mau Pulang!

Jika kamu sedang berada di Bogor dan sekitarnya, tidak ada salahnya jika kamu meluangkan sedikit waktu untuk melakukan rekreasi sekadar mengistirahatan pikiran dari berbagai macam hal yang membuat pusing dan stress. Hal tersebut akan menjadi sangat menyenangkan, apalagi karena Bogor saat ini sedang memperbanyak lokasi wisata yang tentunya akan memanjakan matamu dan pikiranmu. Berikut beberapa lokasi wisata populer di bogor yang dapat kamu kunjungi.

1. Little Venice Puncak: Naiki Gondola Layaknya Wisata di Venice

hargatiketmasuk.info

Lokasi yang terletak di Kota Bunga ini menawarkan sensasi berkeliling kawasan Litte Venice dengan Gondola yang menjadi icon Kota Venice di Italia. Kawasan Little Venice merupakan danau buatan yang dirancang dengan arsitektur semirip mungkin layaknya Kota Venesia di Italia. Dilansir dari indonesia.tripcanvas.co, selain berkelilig dengan gondola yang dapat kamu dayung sendiri, kamu juga dapat mencoba berbagai permainan dan wahana seperti sepeda untuk anak-anak dan Mississippi Boat Ride dengan perahu yang bertema western. Untuk gondola, kalau malas mendayung kamu bisa meminta petugas yang mendayung gondola, sementara kamu tinggal duduk santai menikmati pemandangan. Dengan uang masuk sebesar Rp 20.000,- per orang dan tambahan Rp 30.000,- per orang jika ingin menaiki gondola, dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

2. Kebun Raya Bogor

http://traveltodayindonesia.com

Kebun Raya Bogor yang didirikan pada tahun 1817 ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kamu sedang berkunjung ke Bogor. Kebun Raya Bogor yang dikenal sebagai kebun botani paling tua di Asia dan merupakan salah satu ikon kota Bogor ini bisa dijadikan alternatif liburan seru dan hemat. Di dalam kawasan ini, kamu bukan hanya bisa duduk-duduk santai. jalan berkeliling, piknik, dan juga bisa mengajak anak-anak untuk belajar dan mengobservasi tanaman. Hal ini dimungkinkan karena hingga kini sudah ada lebih dari 15 ribu jenis pohon dan tumbuhan yang hidup di Kebun Raya Bogor.

Jika pada awalnya kebun ini hanya berisi berbagai jenis tumbuhan, kini terdapat pula objek wisata lain yang tidak kalah cantiknya. Di area belakang kebun, misalnya. Terdapat sebuah danau yang indah, akses terbatas ke kawasan Istana Bogor, jembatan gantung berwarna merah, hingga Museum Zoologi yang letaknya bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor.

3. Kampung Budaya Sindang Barang

phinemo.com

Dilansir dari anekatempatwisata.com, pernah disebutkan dalam Babad Padjajaran serta pantun khas Bogor bahwa Sindang Barang menjadi salah satu alternatif wisata budaya dan sejarah yang patut Anda kunjungi. Konon, lokasi ini bahkan sudah berdiri sejak abad ke-12!

Berdasarkan sejarahnya, Sindang Barang merupakan lokasi tempat tinggal (keraton) salah satu istri dari Prabu Siliwangi. Di sana, Anda akan menjumpai banyak bangunan rumah yang masih asli, panggung pementasan yang menampilkan kesenian asli Sunda, tarian tradisional, hingga gambaran bagaimana kondisi kasepuhan Sunda di masa lampau.

4. Taman Wisata Mekarsari

beritagar.id

Jika Kebun Raya Bogor adalah kebun botani paling luas di Indonesia, Taman Wisata Mekarsari merupakan taman buah terbesar di Indonesia. Setidaknya, ada sekitar 1.470 varietas tanaman buah dan 100 ribu pohon di atas lahan seluas 264 hektare ini. Nikmati serunya memetik dan mencicip buah langsung dari pohonnya di Taman Wisata Mekarsari. Maklum saja, tempat wisata di Bogor yang satu ini memang mengusung konsep rekreasi, edukasi, reboisasi, dan konservasi. Selain mencicipi buah langsung dari pohonnya, kamu dapat berkeliling dengan kereta untuk menyaksikan koleksi tanaman buah, menjajal wahana outbond, atau menikmati serunya paket family camp, permainan banana boat, angsa air, hingga floating donut!

5. Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

ngetripyuk.id

Berada di jalan masuk menuju Curug Ciherang, kamu akan menemukan sebuah rumah pohon dan jembatan kayu. Dibangun di sebuah pohon yang besar dan tinggi menjulang, rumah pohon ini menjadi titik berfoto yang paling menarik karena berlatar pemandangan perbukitan yang mempesona. Tempat wisata di Bogor ini beralamat di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Jakarta. Ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih, melalui Bekasi, Citereup, Cianjur, dan Cipanas. Dari Bekasi, kamu bisa memilih rute menuju Cilengsi ke Jonggol untuk kemudian ke Sukamakmur. Sementara untuk tiga rute lainnya, bisa langsung mengambil rute menuju Jonggol dan Sukamakmur.

6. Taman Sakura, Kebun Raya Cibodas

m.viva.co.id

Dilansir dari Traveloka.com, tidak perlu jauh-jauh ke Jepang jika ingin melihat pohon dan bunga sakura, karena pohon sakura juga ada di Indonesia, tepatnya di Kebun Raya Cibodas, Bogor. Uniknya, pohon sakura yang umumnya hanya bisa tumbuh di wilayah dengan empat musim juga bisa tumbuh di Indonesia yang hanya memiliki dua musim.

Kebun Raya Cibodas berlokasi di Desa Cimacan, Cipanas. Lokasi ini masih termasuk ke dalam wilayah hutan Gunung Gede Pangrango, Tepatnya di Taman Nasional Gede Pangrango. Biaya masuk yang dikenakan adalah sebesar Rp10.000 per orang. Selain keindahan bunga sakura, kebun ini juga menyediakan tempat bermain anak, pendopo untuk beristirahat, teater dengan konsep alam terbuka, dan fasilitas untuk berkemah.

Jika bunga sakura di Jepang akan bersemi pada bulan April, bunga sakura di Kebun Raya Cibodas akan bermekaran pada periode bulan Januari hingga Februari dan Juli hingga Agustus. Berada di lahan sebesar 6.000 meter persegi, ada tujuh jenis sakura yang ditanam di Kebun Raya Cibodas. Iklim dan suhu serta kontur tanah yang sesuai dengan habitat aslinya lah yang membuat pohon sakura bisa tumbuh di wilayah ini.

7. Taman Safari

wisatamu.com

Taman Safari pasti sudah tak asing lagi untukmu. Taman aneka satwa ini berlokasi di kawasan Puncak, tepatnya di Jl. Raya Puncak, Cisarua, Bogor. Taman Safari menyuguhkanmu pengalaman menjelajah alam liar yang sangat menarik dengan dua program unggulan mereka, Safari Siang dan Safari Malam.

Uniknya, jika di kebun binatang biasa semua satwa dikurung di dalam habitat mereka, maka di Taman Safari kamu lah yang akan terkurung di dalam kendaraan, sementara satwa-satwa liar dibiarkan bebas berkeliaran sesuai dengan habitat mereka. Untuk ini, kamu dilarang keras untuk membuka pintu mobil, jendela, dan memberi makan satwa-satwa tersebut.

Ada tujuh area yang bisa kamu kunjungi di Taman Safari, mulai dari Baby Zoo, Kubah Burung, Taman Buaya, Komodo Exhibits, Pinguin House, Primata Center, dan Lorong Reptile. Kamu bisa berfoto bersama bayi harimau dan bersafari dengan menunggang gajah. Selain itu, kamu juga bisa menikmati lebih dari 20 wahana permainan dan 9 pertunjukan.

Tiket masuk ke Taman safari dibanderol dengan harga Rp140.000 untuk anak dan Rp150.000 untuk dewasa. Khusus wisatawan asing, tiket masuk anak adalah sebesar Rp250.000 dan untuk dewasa sebesar Rp300.000. Di sekitar kawasan Taman Safari terdapat banyak hotel dan penginapan dengan harga yang terjangkau.

 

Nah itulah beberapa destinasi wisata populer di Bogor yang dapat kamu kunjungi. Semoga liburanmu menyenangkan, ya!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.