Wisata Curug atau Air Terjun di Bogor Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Pernah merasakan nikmatnya sensasi berada di sekitar air terjun? Menyenangkan, bukan? Jika kamu berada di Bogor dan kamu menyukai wisata ke tempat-tempat seperti ini, kamu beruntung karena Bogor memiliki segudang wisata air terjun, atau dalam bahasa sunda nya, curug. Dimana saja lokasi-lokasinya? Dilansir dari traveloka.com, berikut lokasi curug-curug tersebut.

Curug Leuwi Lieuk atau Green Canyon versi Bogor, via ngetripyuk.id

1. Curug Cibaliung

Curug Cibaliung berlokasi di kawasan Sentul, tepatnya di Kampung Wadung, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Jika menggunakan mobil pribadi, kamu bisa memilih jalur tol Jagorawi dan kemudian exit di gerbang tol Sentul City. Lalu, ambillah rute utama yang menuju ke Jungle Land. Sebelum gerbang utama Jungle Land, berbeloklah ke kanan menuju arah perkampungan dan ambil rute ke arah Leuwi Hejo.

Cukup dengan membayar biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang, kamu sudah bisa merasakan jernih dan segarnya air terjun. Ditambah lagi dinginnya udara dan hijaunya pemadangan di sekitar curug. Curug Cibaliung buka mulai pukul 09.00–17.00 WIB setiap harinya.

2. Curug Ciherang

Tidak seperti curug atau air terjun pada umumnya, air Curug Ciherang mengalir deras mengikuti kelokan-kelokan hingga ke bawah. Jernih dan segarnya air bisa membuat kamu ingin merendam kaki ke dalamnya. Untuk bisa menikmati semua keindahan lokasi wisata ini, kamu cukup membayar tiket masuk seharga Rp15.000. Lokasi ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB setiap hari.

3. Curug Bidadari Sentul Paradise Park

Wisata alam lain di Bogor adalah Curug Bidadari, yang berlokasi di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor. Untuk bisa menikmati keindahan alam ini kamu harus menempuh perjalanan sejauh 2 kilometer dengan berjalan kaki dari Desa Cibimbim. Di tengah perjalanan menuju tempat wisata di Bogor ini, kamu akan melihat sebuah batu berukuran sangat besar yang telah dibelah di bagian tengahnya. Nah, bagian tengah batu inilah yang menjadi akses utama untuk menuju Curug Bidadari. Kamu bisa menikmati keindahan curug setinggi 75 meter ini dengan ditemani suasana khas pegunungan yang asri dan alami.

Curug Bidadari buka mulai jam 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya. Harga tiket untuk bisa masuk ke Curug Bidadari adalah sebesar Rp25.000 untuk hari biasa dan Rp40.000 untuk akhir pekan. Kamu juga bisa mencoba berbagai wahana lain yang tersedia di sini, seperti sepeda air, flying fox, dan terapi ikan. Lokasi di sekitar air terjun yang dangkal membuatmu dan keluarga bisa berenang dan menikmati segarnya air di bawahnya.

4. Curug Cigamea

Curug Cigamea berada di Desa Gunung Sari, Pamijahan, di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor. Sesuai dengan namanya yang berarti gemuruh, suara air dari Curug Cigamea memang terdengar hingga jauh. Dari enam curug yang ada di sana, Curug Cigamea disebut sebagai curug yang paling memukau.

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Bogor ini tergolong sangat murah, hanya Rp7.500 saja. Sebelum masuk ke Curug Cigamea, kamu akan masuk ke Kawasan Taman Nasional dan membayar biaya sebesar Rp5.000 per orang. Di sini, kamu juga bisa menikmati terapi ikan dan memacu adrenalin dengan wahana flying fox.

5. Curug Bengkok Leuwi Hejo

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa disekitar Curug Cigamea terdapat beberapa curug lainnya, salah satunya Curug Bengkok Leuwi Hejo ini. Curug Bengkok Leuwi Hejo, yang juga dikenal sebagai Curug Bengkok, beralamat di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu bisa mengambil rute lewat Sentul City atau Citeureup menuju Babakan Madang.

Tak seperti curug kebanyakan, Curug Bengkok ini terbilang pendek atau mini. Di bawahnya, ada kolam alami sedalam 2,5 meter dengan air yang sangat jernih dan dingin. Saat musim penghujan, akses menuju lokasi ini menjadi licin dan rawan terjadi banjir bandang, sehingga kamu tidak dianjurkan untuk datang ke sana saat musim hujan.

Hanya dengan membayar Rp5.000 saja, kamu sudah dapat menikmati segar dan dinginnya air terjun mini Leuwi Hejo. Meskipun harus menempuh satu kilometer dengan berjalan kaki, pemandangan alam yang memukau dan udara yang masih sejuk akan senantiasa menemani langkahmu sepanjang perjalanan menuju lokasi.

6. Curug Ciburial

Terletak berdekatan dengan kawasan Curug Leuwi Hejo, kamu akan menemukan satu lagi curug yang indah dan memukau, Curug Ciburial. Dari Curug Leuwi Hejo yang berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang ini, kamu cukup berjalan kaki ke hulu menuju Cibeureum, menyusuri sungai dan jalan setapak.

Suasana di sekitar Curug Ciburial masih alami. Udaranya masih segar, airnya pun jernih dan dingin. Harga tiket masuk ke Curug Ciburial adalah sebesar Rp10.000 per orang. Karena baru dibuka menjadi tempat wisata di Bogor, Curug Ciburial masih tergolong sepi pengunjung.

7. Curug Leuwi Lieuk

Sama dengan Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Lieuk juga berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang. Curug Leuwi Lieuk dikelilingi oleh tingginya bebatuan alam, dengan air yang jernih berwarna hijau. Keindahan alam ini membuat Curug Leuwi Lieuk disebut sebagai Green Canyon Kota Bogor.

Sama halnya dengan curug-curug lain di Bogor, akses menuju ke Curug Leuwi Lieuk juga licin dan sedikit berbahaya dengan banyak kelokan curam. Dengan berjalan kaki, kamu akan menempuh waktu sekitar 35 menit. Di sepanjang jalan, kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang memukau. Untuk masuk ke lokasi, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 per orang.

8. Curug Nangka

Berlokasi di kawasan Taman Nasional Halimun Salak, Curug Nangka menjadi tempat wisata di Bogor lainnya yang menawarkan udara sejuk pegunungan. Di sini, selain bisa menikmati derasnya air Curug Nangka, kamu juga bisa melihat keindahan dua curug lainnya, yaitu Curug Daun dan Curug Kawung yang lokasinya berdekatan dengan Curug Nangka.

Biaya kontribusi yang dibebankan kepada pengunjung lokasi adalah sebesar Rp15.000 per orang. kamu bisa menuju ke Curug Nangka dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kamu cukup menuju ke arah Ciapus dari Istana Bogor. Jika menggunakan kendaraan umum, dari Bogor Trade Mall, kamu bisa menggunakan angkutan nomor 03 trayek Ramayana–Ciapus.

9. Curug Hordeng

Curug Hordeng berlokasi di Jl. Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum mengambil rute ke Jonggol menuju Babakan Madang, hingga sampai ke Leuwi Hejo. Selalu berhati-hati karena jalanan dari Leuwi Hejo cenderung rusak dan tidak mulus. Harga tiket masuk ke curug ini adalah sebesar Rp15.000. Dengan harga ini, kamu tidak hanya bisa menikmati Curug Hordeng, melainkan dua curug lainnya yang dekat dengan Curug Hordeng, yaitu Curug Kembar dan Curug Ciburial. Tempat wisata di Bogor ini buka mulai pukul 09.00–17.00 WIB setiap harinya.

10. Curug Cilember

Wana wisata Curug Cilember terletak di Jl. Raya Puncak KM. 15, Megamendung, Cisarua, Bogor. Nama Cilember diambil dari nama desa di mana curug ini berada. Curug ini memiliki tujuh tingkatan dan setiap tingkatan memiliki kesulitan tersendiri dalam mencapainya. Semakin kecil angkanya, maka akan semakin sulit aksesnya. Hal inilah yang menjadikan Curug Cilember sangat unik. Akses menuju curug terbilang mudah. Dari Jakarta, ambil jalur ke Puncak melalui Tol Ciawi. Sampai di Cisarua, ambil arah ke Taman Matahari. Lokasi curug searah dengan Taman Matahari. Harga tiket masuk ke curug adalah Rp6.000 per orang.

11. Curug Country

Curug Country berada di Desa Tanjung Rasa, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. Dari Jakarta, keluar Tol Cibubur, pilih rute menuju Taman Buah Mekarsari. Kemudian, ambil rute ke Jonggol menuju Cariu. Terkadang, Anda tidak dipungut biaya masuk, namun untuk berjaga, siapkan saja Rp10.000. Keindahan curug ini ada pada aliran air yang jatuh melalui undakan-undakan batu, bukan seperti air terjun kebanyakan. Disamping airnya yang jernih dan segar, suasana di sekitar curug pun masih asri dengan banyaknya pepohonan. Karena lokasinya yang masih belum terlalu bagus, kamu sebaiknya sudah meninggalkan lokasi tak lebih dari pukul 17.00 WIB.

12. Curug Cipamingkis

Masih berada di satu kawasan dengan Gunung Batu Jonggol, terdapat Curug Cipamingkis, tepatnya di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupater Bogor. Curug ini merupakan pertemuan dari dua sungai, yaitu Sungai Cisarua dan Cipamingkis. Dikelilingi oleh hutan pinus, Curug Cipamingkis menawarkan pesona alam yang ekostis dan indah. Tiket masuk lokasi ini sebesar Rp9.000 per orang. Selain air terjun, di lokasi ini kamu juga bisa berkemah, jogging, dan beristirahat di saung yang telah disediakan. Lokasi ini beroperasi mulai pukul 08.00–17.00 WIB.

13. Curug Lembah Pelangi

Tak seperti kebanyakan curug yang berada di lokasi dataran tinggi di Bogor, Curug Lembah Pelangi berada di dataran rendah, sehingga udaranya cenderung panas dan lembab. Namun, panas cahaya yang memantul ini akan menimbulkan pelangi di lokasi air terjun, yang pada akhirnya menjadi nama dari curug ini.

Curug ini berada di Desa Cimanggu 1, Kampung Jatake, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Di sini, kamu tak hanya bisa menikmati indahnya pelangi dari bias cahaya matahari saja, tapi kamu juga bisa menjajal reppeling, atau berjalan menyusuri tebing menggunakan tali. Jangan cemas, karena ada banyak pemandu terlatih dan berpengalaman yang siap membantu dan menjagamu. Lokasi ini terbuka untuk umum mulai dari pukul 08.00–18.00 WIB. Biaya masuk ke curug ini adalah Rp. 3.000 per orang.

Sudah mulai tertarik untuk mengunjungi curug-curug tersebut? Jangan lupa membawa baju ganti ya, karena dijamin kamu akan basah-basahan di lokasi-lokasi ini. Selamat berlibur!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.