Suka Berkunjung Ke Museum? Cek 4 Museum Keren Di Bogor Ini.

Museum memiliki daya tarik yang tak biasa sehingga tidak semua orang memiliki keinginan untuk berdiam diri di dalamnya. Bagi sebagian orang, berkunjung ke museum adalah hal yang membosankan, akan tetapi masih banyak juga yang tertarik untuk menghabiskan waktu di dalam museum. Selain dapat memanjakan mata dan membuat tubuh menjadi rileks, museum dapat meningkatkan pengetahuan kita dalam topik-topik tertentu, misalnya jenis-jenis satwa atau sejarah Indonesia. Karena itu, berkunjung ke museum adalah salah satu hal yang sangat bermanfaat.

dailymail.co.uk

Untuk kamu yang senang berkunjung ke museum dan sedang berada di Bogor, jangan lupa untuk mengunjungi empat museum keren di kota ini. Apa saja dan dimana museum-museum tersebut? Yuk kita bahas.

1. Museum Zoologi

Dilansir dari travel.detik.com, untuk kamu yang menyukai satwa, kamu pasti menyukai museum yang berlokasi di dalam Kebun Raya Bogor ini. Museum Zoologi adalah museum yang khusus menyimpan puluhan ribu jenis fauna. Tercatat sekitar 650 jenis binatang mamalia, 1.100 jenis burung yang berasal berbagai wilayah di Indonesia, 600 jenis reptil dan ikan, 10.000 jenis serangga, 700 jenis invertebrata dan moluska sejumlah 2.300 jenis ada di sini, lengkap!

Fauna tersebut berada di dalam satu ruangan kaca besar dan ada juga yang dipajang di dinding. Penataannya pun bagus, dimana semua fauna tersebut diberikan ruangan tersendiri, tergantung jenis spesiesnya. Kamu akan terpukau melihat fauna-fauna asli Indonesia di sana, seperti bekantan, orang utan, badak bercula satu, burung kasuari, hingga macan dahlan. Benar-benar keren! Penjelasan tentang fauna-fauna tersebut pun lengkap dan kamu tidak akan kebingungan akan hal ini. Asyiknya lagi, kamu boleh berfoto sepuasnya dengan latar belakang fauna-fauna di sana.

2. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (Munasain)

Museum ini merupakan perkembangan dari Etnobotani ini baru diresmikan Agustus 2016. Berlokasi di Jalan Juanda no 22-24, Bogor. Di dalam museum modern ini kamu bisa melihat kerja sama manusia dengan alam yang sudah terjalin sejak dulu. Seperti penggunaan tanaman-tanaman untuk peranan kehidupan suku-suku bangsa di Indonesia terdahulu.

Selain itu, museum ini sendiri menggambarkan karakter dan identitas Kota Bogor di masa lalunya yang merupakan Kota Hijau, Kota Sejarah dan Kota Pintar. Museum ini juga akan mengingatkan sekaligus menggambarkan kembali tentang Kota Bogor sebagai kota pusaka.

3. Museum Perjuangan

Bagi kamu yang ingin mengetahui sejarah perjuangan rakyat Bogor melawan penjajah Belanda, datanglah ke Museum Perjuangan. Letaknya berada di Jl Merdeka nomor 56, dekat dengan Pusat Grosir Bandung (PGB). Di dalam museumnya kamu akan melihat berbagai jenis koleksi senjata seperti senapan hingga bambu runcing, mata uang Indonesia di zaman dulu, pakaian-pakaian tentara, dan manuskrip tentang perjuangan rakyat Indonesia. Kemudian, museum ini juga berbeda dengan museum lainnya, karena koleksi dan gedungnya. Gedung museum ini sudah ada sejak zaman Belanda. Serta, menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Bogor dalam mengusir para penjajah.

Museum ini dibangun pada tanggal 10 November 1957 dan diresmikan pada tanggal 15 Agustus 1958. Museum ini terdiri dari dua tingkat, di lantai dasar kamu bisa melihat koleksi senjata seperti pistol, senapan, hinggga meriam. Di lantai duanya, kamu akan melihat bambu runcing, foto-foto para pahlawan Indonesia, dan senjata lainnya yang digunakan masyarakat Bogor untuk berperang.

4. Museum PETA (Pembela Tanah Air)

Dari tampak luar, Museum PETA memiliki halaman luas dan gerbang besi yang besar. Museum ini terletak di pinggir Jalan Sudirman dan tidak sulit untuk menemukannya. PETA sendiri adalah cikal bakalnya TNI. Tentara PETA adalah para pejuang yang mengusir para penjajah. Museum ini menyimpan sejarah tentang terbentuknya PETA dan peranan tentara PETA dalam mencapai kemerdekaan Indonesia. Terdapat dua bangunan dan total 14 diorama di dalamnya. Koleksi senjata para tentara PETA pun berjejer di dalam museum. Dulunya, gedung museum ini pun digunakan sebagai pusat pelatihan tentara PETA. Kamu akan mendapat banyak pelajaran tentang sejarah Indonesia dalam mengusir penjajah di sini. Patung Jendral Sudirman dan Supriyadi di dalamnya akan makin membangkitkan semangatmu untuk cinta pada Tanah Air!

Nah, demikianlah empat museum keren yang harus kamu datangi di Bogor. Jangan lupa share pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Berikan komentar

Komentar spam, kami hapus. Terima kasih.