Wisata Outdoor di Bogor, Siapa Yang Menolak?

Memang ada saja orang yang tidak suka berjalan kaki menaiki gunung hanya untuk mendapatkan momen matahari terbit, atau berjalan di hutan untuk menikmati gemerisik daun yang diterpa angin. Biasanya alasannya sih karena tidak suka capek-capek jalan, akan tetapi apakah kalian tahu, sesuatu yang sulit didapatkan akan berkali-kali lipat lebih indah jika didapatkan dengan bersusah payah. Maka dari itu, banyak orang yang rela bersusah payah menaiki gunung demi mendapatkan pemandangan spektakuler di atas sana.

Di Bogor sendiri ternyata banyak lho spot-spot outdoor yang bagus dan bisa kamu jadikan lokasi wisata alam, seperti Gunung Pancar dan Danau Quarry. Penasaran? Yuk lihat beberapa lokasi wisata lainnya, seperti dilansir dari traveloka.com.

1. Gunung Pancar

Gunung Pancar menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang cocok untuk berbagai aktivitas yang menuntut interaksi dengan alam. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Di sini, kamu akan disuguhkan udara segar pegunungan dan pemandangan alam yang menakjubkan. Belum lagi beragam flora dan fauna yang hidup di sekitarnya. Bukan hanya sekedar trekking dan menjelajah saja, Gunung Pancar juga dimanfaatkan sebagai tempat berkemah, outbond, hingga foto pre-wedding. Aktivitas malam hari seperti api unggun dan pesta barbekyu juga sering diadakan di sini.

Tiket masuk ke Gunung Pancar adalah sebesar Rp. 5.000 per orang di hari kerja dan Rp7.500 di hari libur. Jika kamu ingin berkemah, melakukan foto pre-wedding, atau menyewa lahan untuk kegiatan outbond, kamu akan dikenai biaya tambahan sesuai dengan aktivitas yang akan kamu lakukan di sana.

2. Danau Quarry

Danau Quarry terletak di Desa Nuggaherang, Tegallega, Cigudeg. Danau ini menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang dulunya adalah cekungan bekas lahan pertambangan. Karena lama ditinggalkan, cekungan tersebut terisi oleh air hujan. Uniknya, air di dalam danau ini bukan berwarna biru, melainkan hijau. Dan hal inilah yang menjadi keindahan utama danau tersebut.

Akses menuju Danau adalah jalanan berbatu tanpa aspal dan sedikit rusak, karena sering digunakan oleh truk untuk mengambil material bangunan. Kamu bisa menuju lokasi melalui Pasar Parung menuju lokasi wisata Gunung Muara. Biaya kontribusi yang dibebankan kepada setiap pengunjung tempat wisata ini adalah sebesar Rp20.000.

3. Bukit Alesano

Bagi penggemar kegiatan outdoor, Bukit Alesano menjadi tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi. Bukit yang berlokasi di Cipelang, Cijeruk, Bogor dan berdekatan dengan balai Embrio Ternak dan Agrowisata Warso Farm ini, merupakan salah satu lokasi wisata yang digunakan untuk tempat berkemah. Lokasi ini menawarkan panorama Kota Bogor yang sangat indah, terlebih di malam hari.

Cukup dengan membayar Rp10.000 per orang, kamu sudah bisa mendirikan tenda dan menikmati suasana dingin pegunungan. Untuk menuju ke lokasi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi yang tinggi dan bukan jenis sedan atau sepeda motor, mengingat akses menuju bukit yang berbatu dan sedikit rusak.

4. Rafting Sungai Cisadane

Beberapa sungai besar di Bogor sering kali digunakan sebagai sarana olahraga air seperti rafting. Salah satunya adalah Sungai Cisadane, sungai dengan jeram yang sangat menantang dengan arus yang deras. Di sini, ada satu penyedia jasa rafting, yaitu Cisadane Rafting. Cisadane Rafting berlokasi di Jl. Muarajaya Desa Ciadeg, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Selain wisata rafting yang memacu adrenalin, kamu juga bisa menikmati berbagai latihan outbond dan juga mencoba bermain paintball. Setiap paket wahana ditawarkan dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp150.000–Rp250.000 per orang.

5. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding merupakan salah satu penyedia jasa paragliding di Bogor. Berlokasi di Jl. Raya Puncak KM. 87, Bukit Paralayang, Puncak, Bogor, kamu akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan terbang di atas Kota Bogor menggunakan paragliding bersama instruktur terbaik. Untuk masuk ke lokasi, kamu hanya dikenakan biaya sebesar Rp13.000 saja. Biaya untuk paragliding bergantung pada layanan yang dipilih.

Kamu bisa menikmati sensasi terbang menggunakan paragliding setiap harinya mulai pukul 08.00–17.00 WIB. Untuk menuju lokasi tidak sulit, karena dekat dengan Puncak Paragaya yang berlokasi di Kawasan Puncak Paralayang, tak jauh dari Masjid Besar Atta Awun, Puncak.

6. Agro Gunung Mas

Berlokasi di Jl. Raya Puncak KM. 87, Cisarua, Tugu Selatan, Bogor, Agro Gunung Mas menawarkan hamparan luas kebun teh. Di sini, kamu bisa merasakan sejuknya udara pegunungan sambil menunggang kuda, berenang, berkemah, dan berjalan-jalan di sepanjang perkebunan teh.

Agro Gunung Mas juga menawarkan beragam paket wisata yang menarik yang bisa kamu nikmati. Di sini juga tersedia kafe untuk kamu menikmati berbagai sajian ringan. Untuk memasuki lokasi, kamu harus membayar sebesar Rp16.000 per orang. Jika ingin memanfaatkan fasilitas di dalamnya, kamu akan dikenai biaya tambahan yang berbeda sesuai dengan fasilitas yang kamu pilih.

7. Gunung Kapur Klapanunggal

Gunung Kapur Klapanunggal berlokasi di Desa Klapanunggal, Cileungsi, Bogor. Gunung ini sebenarnya berupa tebing kapur yang dahulu merupakan tempat penambangan batu kapur untuk membuat semen. Wisata alam ini menyuguhkan kamu pemandangan tebing-tebing nan indah dan alami tanpa ada biaya masuk.

Karena jalurnya yang sedikit berbatu, banyak pengunjung yang memilih untuk menggunakan sepeda menuju lokasi. Bukan hanya pemandangan tebing kapur saja, di sini, kamu juga bisa melihat indahnya pemandangan matahari tenggelam dan air terjun kecil yang ada di antara bebatuan merah. Selain itu, banyak cekungan-cekungan bekas pertambangan yang eksotis dan memukau sebagai objek foto.

8. Gunung Batu Jonggol

Tempat wisata di Bogor yang satu ini sangat sesuai untuk para pendaki. Gunung ini lebih menyerupai bukit berbatu, berlokasi di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor. Gunung Batu ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 200 meter saja. Namun, tanjakan dan jalur pendakian yang ekstrem tetap perlu diwaspadai.

Untuk menuju lokasi, kamu bisa melalui Cileungsi ke arah Jonggol menuju Kampung Menger, sementara jika dari Cibinong, kamu bisa memilih rute Citereup menuju Tajur ke Sukamakmur. Tempat wisata ini gratis dan bisa dikunjungi kapan saja oleh para pendaki. Namun, tidak ada kendaraan umum yang menuju ke lokasi ini.

9. Gunung Muara Rumpin

Berlokasi tidak jauh dari Pasar Parung, tepatnya di Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, berdiri megah Gunung Munara Rumpin. Gunung ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para pendaki. Selain gratis dan bisa dikunjungi setiap waktu, Gunung Munara Rumpin juga tidak setinggi gunung lainnya, hanya sekitar 1119 mdpl.

Namun, berbeda dengan Gunung Batu Jonggol, jalur pendakian gunung ini cukup mudah. Di sela-sela pendakian, kamu akan disuguhkan panorama alam terbaik Kota Bogor. Untuk menuju ke gunung ini, kamu cukup mencari Pasar Parung untuk kemudian mengikuti jalan yang ada. Namun, akses jalan menuju ke lokasi hampir sepenuhnya berupa jalan berbatu, sehingga kamu lebih baik tidak menggunakan mobil sejenis sedan.

10. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau TNGGP adalah salah satu Taman Nasional tertua di Indonesia. Luas taman ini mencapai lebih dari 20 ribu hektare, dengan cakupan wilayah Gunung Gede dan Gunung pangrango, juga hutan yang mengelilinginya. Ada banyak lokasi menarik di sekitar taman ini, seperti Curug Cibeureum, Telaga Biru, hingga Alun-Alun Surya Kencana. Di sini, kamu juga bisa melihat besarnya pohon rasamala, segala jenis anggrek hutan, dan tumbuhan lain yang belum diketahui namanya. Taman ini dibuka mulai pukul 08.30–16.00 setiap hari kerja dan hingga pukul 15.00 WIB di akhir pekan.

11. Puncak Pagaraya

Eksotisme alam Kota Bogor bisa kamu saksikan langsung di Puncak Paragaya. Puncak Paragaya berlokasi di Kawasan Puncak Paralayang, tak jauh dari Masjid Besar Atta Awun. Dari Jakarta, melalui Tol Jagorawi, kamu sudah bisa tiba di lokasi dengan mengambil jalur ke Puncak. Di sini, ada satu pohon besar dan tinggi yang sering dijadikan objek foto oleh para pengunjung.

Biaya masuk yang dikenakan sebesar Rp13.000 per orang. Jika ingin naik ke atas pohon untuk berfoto, kamu bisa membayar biaya tambahan sebesar Rp15.000. Lalu, jika ingin menggunakan jasa foto yang ada di sana, kamu bisa membayar sebesar Rp10.000 untuk setiap fotonya. Cukup mahal, namun jika dibandindingkan dengan keindahan alam yang kamu dapatkan, harga yang kamu bayarkan pun sebanding.

12. Hutan Cifor

Hutan ini sebenarnya merupakan kawasan hutan penelitian bernama Hutan Penelitian Dramaga. Berlokasi di Kawasan Dramaga. Nama CIFOR ini sendiri merupakan singkatan dari sebuah lembaga, yaitu Center of International Forestry Research. Hutan ini memang ada untuk membantu para peneliti memelajari berbagai jenis flora dan perlindungan hutan secara menyeluruh.

Di dalam hutan juga terdapat penangkaran rusa spesies asli Indonesia, bukan rusa totol. Wisata yang bisa kamu lakukan di sini adalah wisata alam berkemah, menjelajah hutan, dan melihat rusa. Masuk ke lokasi hutan ini tidak dipungut biaya, namun kamu tidak boleh mengunjunginya lewat dari pukul 17.00 WIB.

13. Danau Situ Gede

Danau Situ Gede berada di dalam Hutan Dramaga, tepatnya di Kelurahan Situgede, Bogor Barat. Danau ini sering menjadi tempat memancing dan berperahu setiap harinya. Bahkan, danau ini juga digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk membuat film. Danau ini juga sangat dekat lokasinya dengan Hutan Penelitian Cifor.

Danau ini buka hingga sore hari menjelang petang. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa masuk dan menikmati pemandangan alam yang disuguhkan di danau ini. Di sekitar danau juga banyak warung yang menjual makanan dan minuman.

14. Rumah Pohon dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol

Berada di jalan masuk menuju Curug Ciherang, kamu akan menemukan sebuah rumah pohon dan jembatan kayu. Dibangun di sebuah pohon yang besar dan tinggi menjulang, rumah pohon ini menjadi titik berfoto yang paling menarik karena berlatar pemandangan perbukitan yang memesona. Tempat wisata di Bogor ini beralamat di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Jakarta.

Itulah dia 14 lokasi wisata outdoor di Bogor yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Menarik bukan? Untuk akhir pekan kali ini, kamu akan kemana? Bagikan yuk di kolom komentar!