Kamu Pasti Menyesal Jika Tidak Sempat Datang Ke Museum Kekinian di Kota Malang Ini

“Ke museum? Duh, pasti nanti bosan, cuma lihat yang itu-itu saja, gak ada yang seru.” Eh tunggu dulu, kamu tidak akan menemukan museum-museum seperti itu lho di Malang. Malah, di museum-museum ini kamu tidak cuma bisa melihat sesuatu yang lain dari biasanya, tapi kamu juga bisa berfoto bak supermodel diantara benda-benda ajaib yang dipajang didalamnya. Tertarik? Lebih baik kita teliti dahulu, yuk, ulasan dari traveloka.com ini.

Museum Angkut, via Instagram @winda.agnesia

1. Museum Angkut

Keindahan kawasan Kota Batu yang berada di utara Malang tidak berhenti pada wisata alam saja. Di Museum yang menampilkan aneka kendaraan dari berbagai zaman dan negara ini, wisatawan bisa menikmati sejarah sembari berburu foto di berbagai sudut museum yang menarik.

Museum Angkut memiliki beberapa konsep lokasi di dalamnya. Ada zona Eropa, Hollywood, Pecinan, dan masih banyak lagi. Pada akhir pekan akan ada karnaval seru yang menampilkan beberapa atraksi menarik. Tarif masuk Museum Angkut sekitar Rp100.000 saat akhir pekan atau hari libur, di luar itu akan mendapatkan diskon sekitar 30%.

Museum Angkut bisa diakses dari Kota Malang dengan lama perjalanan 45-60 menit, tergantung keadaan lalu lintas. Jam operasionalnya dimulai pada pukul 12.00 dan tutup pada pukul 20.00 setiap hari. Lokasinya berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 2, Ngaglik, Kota Batu.

2. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya menyimpan cukup banyak koleksi kendaraan tempur dari masa lalu seperti tank dan pelontar bom. Pengunjung yang datang ke sini akan langsung disuguhi dengan kendaraan tempur di depan bangunan yang dikelola sendiri oleh TNI AD. Sementara di dalam bangunan ada aneka senjata dan juga gerbong maut yang dahulu digunakan untuk mengangkut tawanan perang.

Berada di tengah-tengah Jalan Besar Ijen atau 10 menit perjalanan dari Alun-Alun Kota Malang, Museum Brawijaya buka setiap hari pada pukul 08.00-14.00, dan pada hari Minggu, museum buka satu jam lebih lama. Untuk menyaksikan semua koleksi yang ada di sini, wisatawan akan dikenai biaya masuk sekitar Rp3.000 saja.

3. Museum Topeng

Tidak jauh dari kawasan Museum Angkut atau di Jalan Terusan Sultan Agung berdiri Museum Topeng. Di tempat ini ada 2.000 topeng dari berbagai daerah di Indonesia yang sangat unik dan memiliki sejarah tersendiri. Semua koleksi yang ada di sini berasal dari kolektor dan donatur yang ingin menampilkan benda bersejarah kepada banyak orang.

Selain topeng yang menjadi atraksi utama, museum ini juga menyimpan koleksi patung, keris, Al-Qur’an yang berusia ratusan tahun, dan aneka barang antik lainnya. Wisatawan bisa mengetahui asal-usul barang-barang tersebut sembari mempelajari sejarah dari masa lalu. Museum ini buka pukul 12.00 dan tutup pada pukul 20.00. Tiket masuknya Rp25.000 per orang saat hari biasa dan Rp30.000 per orang saat akhir pekan.

4. Museum Malang Tempo Doeloe

Museum Malang Tempo Doeloe dibuka pertama kali pada tahun 2012 silam. Dengan konsep modern, museum ini menghadirkan sejarah Kota Malang sejak zaman kerajaan hingga modern. Di museum ini ada peninggalan dari masa lalu, batu kuno, prasasti, dan benda bersejarah lain yang erat hubungannya dengan Malang.

Museum Tempo Doeloe terletak di belakang Balai Kota Malang atau tepatnya di Jalan Gajahmada, Kiduldalem, Koljen, Kota Malang. Tiket masuknya Rp10.000 untuk pelajar, Rp15.000 untuk mahasiswa, dan Rp25.000 untuk umum.

Museum ini dekat sekali dengan Alun-Alun Tugu Malang yang menjadi ikon khas. Dari museum, wisatawan bisa datang ke sini untuk berfoto-foto atau menikmati keindahan bunga teratai yang ditanam di bagian tengah alun-alun.

5. Museum Tubuh

Museum tubuh merupakan kawasan museum anatomi terbesar di Asia yang berdiri di lahan seluas 1 hektare. Di tempat ini, wisatawan bisa menyaksikan aneka zona menakjubkan mulai dari Zona Paru-Paru, Gigi, Hati, Tulang, Hidung, Telinga, dan masih banyak yang lain. Masing-masing zona dilengkapi dengan fasilitas multimedia yang canggih sehingga pengunjung bisa belajar banyak hal.

Museum Tubuh berada tidak jauh dari Jatim Park 1 atau berlokasi di Jalan Kartika No. 1 Sisir, Kota Batu. Dari Malang, wisatawan bisa datang ke sini dengan waktu tempuh 45-60 menit jika lalu lintas lancar.

Tiket masuk Museum Tubuh atau The Bagong Adventure ini sekitar Rp70.000 saat akhir pekan. Pada hari biasa, tiket akan didiskon sebesar 30%. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.30-16.30.

Unik sekali, bukan? Dijamin kamu tidak akan bosan berada di dalam museum-museum ini, karena benda-benda yang dipajang merupakan benda-benda yang benar-benar tidak terduga. Jadi, apakah kamu sudah memesan tiket ke Malang akhir minggu ini?