Dari Gunung Rinjani Hingga Pantai Pink, Dijamin Kamu tidak Akan Bosan Berwisata Ke Lombok Timur

Lombok timur memiliki tempat wisata khas yang tidak dimiliki wilayah lainnya di Pulau Lombok, contohnya Taman Nasional Gunung Rinjani dan Pantai Pink. Hal inilah yang membuat kita akan selalu ingin kembali ke wilayah ini. Penasaran tempat wisata apa saja yang ada di sini selain kedua tempat tersebut?

Gunung Rinjani, via Instagram @ben_boarding_call

Berikut ulasannya, yang dikutip dari traveloka.com.

1. Taman Nasional Gunung Rinjani

Bagi yang doyan bertualang, Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi tempat wisata yang cocok. Di sini terdapat Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia—setelah Gunung Kerinci. Tidak lupa, kamu juga bisa menyaksikan keindahan Segara Anak yang berada di kaldera Gunung Rinjani.

Kalau kamu ingin mendaki Gunung Rinjani, terlebih dulu harus melakukan pemesanan kepada pihak pengelola tempat wisata ini. Bisa secara langsung menuju kantor Balai Taman Nasional Gunung Rinjani di alamat Jl. Arya Banjar Getas Lingkar Selatan Kota Mataram. Terdapat dua pintu masuk jalur pendakian, yakni Pintu Masuk Sembalun dan Pintu Masuk Senaru.

2. Desa Sembalun

Desa Sembalun yang berjarak 90 Km dari Kota Mataram tidak hanya menjadi lokasi pintu masuk jalur pendakian Gunung Rinjani. Desa Sembalun yang berada di kaki Gunung Rinjani ini juga menjadi pilihan tempat wisata menarik. Karena berada di dataran tinggi, kamu akan merasakan suasana yang sejuk.

Di sini, kamu juga akan memperoleh suguhan pemandangan yang alami. Pemandangan hijau bisa disaksikan ke mana pun mata memandang. Tidak heran kalau para pendaki kerap menghabiskan waktu cukup lama di tempat wisata ini. Meski, hanya untuk sekadar melepas lelah sembari berfoto narsis.

3. Puncak Pergasingan

Kalau kamu memiliki waktu yang singkat dan tidak sempat mendaki ke Gunung Rinjani, Puncak Pergasingan bisa menjadi alternatif. Tempat wisata ini merupakan sebuah bukit yang berada di Desa Sembalun dengan ketinggian mencapai 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dari atas bukit, kamu akan bisa menyaksikan pemandangan yang unik. Pemandangan tersebut adalah, petak-petak sawah milik masyarakat Desa Sembalun yang terlihat berwarna-warni. Kalau ingin menyaksikan keindahan di tempat wisata Puncak Pergasingan, tiket masuknya murah, hanya Rp15.000,00 per orang.

4. Hutan Bambu Sembalun

Hutan Bambu Sembalun menjadi tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di Desa Sembalun. Di sini, kamu akan menyaksikan keberadaan hutan bambu yang telah ditata secara teratur oleh masyarakat setempat. Penataan ini merupakan upaya masyarakat setempat untuk menjadikan Sembalun sebagai desa wisata.

Di tempat wisata ini, kamu akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah. Terlebih bagi para pencinta foto selfie yang sering mengunggah fotonya ke Instagram. Foto selfie dengan latar belakang hutan bambu bisa menjadi foto yang menarik, lo!

5. Air Terjun Mangku Sakti

Di Kabupaten Lombok Timur, kamu juga bisa menyaksikan keberadaan tempat wisata air terjun yang indah. Tempat tersebut adalah Air Terjun Mangku Sakti yang berada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Tempat ini berjarak kurang lebih 60 Km dari Kota Mataram. Selanjutnya, untuk menuju ke lokasi air terjun, kamu bisa naik ojek dengan tarif Rp50 ribu pulang – pergi.

Tarif ojek tersebut memang terkesan cukup mahal. Akan tetapi, hal ini sepada karena jalur yang harus dilalui juga memang sulit, berupa area hutan. Selain itu, akses menuju ke lokasi tempat wisata Air Terjun Mangku Sakti juga cukup jauh, mencapai 3 Km. Terlebih, tukang ojek tersebut juga berperan sebagai seorang pemandu dan portir.

Sesampainya di lokasi tempat wisata Air Terjun Mangku Sakti, kamu akan dihadapkan dengan aliran air yang berwarna biru kehijauan. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri aliran air dari Air Terjun Mangku Sakti untuk bisa menemukan keberadaan air terjun kedua, yaitu Air Terjun Mangku Kodek.

6. Wisata Pohon Purba Lian

Saat berada di Lombok, kamu dapat pula menjumpai tempat wisata yang memberikan suasana ala film The Hobbit. Tempat tersebut adalah Wisata Pohon Purba Lian yang ada di Dusun Menanggabaris, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Butuh waktu perjalanan selama 2,5 jam untuk bisa menjangkau tempat ini.

Keunikan utama dari tempat ini adalah pada keberadaan pohon-pohon berusia ratusan tahun yang menjulang tinggi. Konon, pohon-pohon ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pohon-pohon tersebut berjenis pohon lian dan memiliki diameter batang mencapai 5m dan tinggi 50m. Berdiri di samping pohon, kamu akan merasa seperti Bilbo Baggins, tokoh utama dalam film The Hobbit.

7. Pantai Pink

Pantai unik di Lombok bukan hanya Pantai Tanjung Aan yang memiliki pasir seperti butiran merica. Di Lombok, ada pula tempat wisata lain yang tidak kalah unik, yakni Pantai Pink. Sesuai dengan namanya, pantai yang berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ini memiliki pasir berwarna kemerahan.

Warna kemerahan pada pasir di tempat wisata ini muncul karena tercampur dengan serpihan terumbu karang berwarna merah. Warna kemerahan tersebut akan terlihat sangat mencolok pada saat pasir terkena air laut. Terlebih, kalau kamu datang ke tempat ini pada suasana yang cerah.

Kalau kamu tertarik menuju ke tempat wisata ini, perjalanan yang harus dilalui cukup jauh. Jarak antara Kota Mataram dengan Pantai Pink mencapai 90 Km. Butuh waktu perjalanan selama 2 jam untuk bisa menuju ke sini.

Jangan khawatir, ada beberapa tempat menarik lain yang bisa dijumpai ketika datang ke sini. Di antaranya adalah Tanjung Ringgit, Gua Jepang, ataupun Pantai Tanjung Beloam.

8. Pantai Cemara

Tidak banyak yang mengetahui keberadaan Pantai Cemara yang ada di Lombok Timur ini. Tempat wisata ini memang kerap disebut sebagai salah satu pantai tersembunyi. Terlebih, lokasinya jauh. Di ujung timur Lombok, berdekatan dengan Tanjung Ringgit dan masuk dalam wilayah Desa Pemokong, Kecamatan Jerowaru.

Perlu menjadi catatan, terdapat dua tempat wisata bernama Pantai Cemara. Pantai Cemara lainnya berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat, tidak jauh dari lokasi Pelabuhan Lembar.

Sebagai sebuah pantai tersembunyi, kamu bisa bersantai tanpa gangguan di tempat wisata ini. Pemandangannya pun indah. Dengan keberadaan hamparan pasir putih yang diselingi oleh keberadaan rerumputan dan pohon cemara.

Mereka yang datang ke tempat wisata ini kebanyakan adalah warga lokal. Aktivitas yang biasa dilakukan di sini cukup beragam. Mulai dari sekadar piknik, memancing, berenang, atau bahkan ada pula yang angon sapi.

Demikianlah beberapa lokasi wisata yang menakjubkan di wilayah Lombok Timur. Selain 8 lokasi tersebut, tentu masih banyak lokasi wisata yang belum dijabarkan. Daripada penasaran, sebaiknya kamu segera berkunjung kesana dan ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!