Pernah Berwisata Ke WIlayah Mataram, Lombok? Lihat Dulu Wisata Khas Daerah Ini

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia selain Bali. Meskipun keunggulan wisata Lombok yang ditawarkan pada para wisatawan sebagian besar adalah wisata alamnya yang spektakuler, masih banyak jenis wisata lainnya yang dimiliki oleh Lombok.

Dikutip dari traveloka.com, pulau Lombok terbagi menjadi lima wilayah pemerintahan, yaitu Pemerintah Kota Mataram, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Masing-masing wilayah memiliki wisata khas masing-masing, sehingga dijamin kamu tidak akan merasa bosan berada di pulau ini.

Pura Taman Mayura, via Instagram @ao_yuu

Penasaran? Yuk kita bahas wisata khas di masing-masing wilayah Lombok ini mulai dari wilayah Pemerintah Kota Mataram.

1. Kota Tua Ampenan

Saat berada di Lombok, kamu bisa melihat keberadaan gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur klasik. Lokasinya di Kota Tua Ampenan yang dulu sempat dikenal sebagai kota paling ramai dan merupakan kota pelabuhan utama di Lombok. Buktinya pun terpampang jelas, dengan keberadaan gedung-gedung tua yang hingga kini masih berdiri di tempat wisata ini.

Kota Tua Ampenan ini juga kerap menjadi persinggahan bagi para wisatawan. Alasannya, karena di sini tersedia beragam pilihan hotel murah. Selain itu, akses transportasi dari Ampenan menuju berbagai tempat wisata di Lombok juga bisa dijumpai dengan mudah.

2. Pura Taman Mayura

Jika kamu menyukai arsitektur klasik, kamu bisa pula memilih berkunjung ke tempat wisata Pura Taman Mayura yang berada di Cakranegara. Kawasan ini memang dikenal sebagai area bersejarah di Kota Mataram. Utamanya, karena tempat ini adalah koloni dari Kerajaan Karangasem Bali.

Pura Taman Mayura pun merupakan salah satu peninggalan dari Raja Anak Agung Made Karangasem dari Kerajaan Karangasem Bali. Bangunan yang didirikan pada tahun 1744 ini memiliki desain arsitektur yang indah. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata seluas 3 hektare ini.

3. Pura Meru

Sempat menjadi wilayah dari Kerajaan Karangasem Bali, penganut agama Hindu di Lombok cukup tinggi. Hal itu terlihat dari keberadaan tempat wisata Pura Meru yang ada di Cakranegara yang merupakan pura terbesar yang ada di Lombok. Usianya pun sudah tua, dibangun pada abad ke 18.

Para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini bisa menyaksikan keunikan desain arsitektur pura. Pada saat melintasi jalanan, kamu akan dihadapkan dengan keberadaan tiga meru bertingkat yang dibuat dengan menggunakan atap dari bahan ijuk.

4. Mataram Mall

Kalau ingin mencari lokasi belanja yang nyaman di Lombok, lokasi yang bisa dituju adalah Mataram Mall. Pusat perbelanjaan yang satu ini terletak di Jl. Pejanggik, Cakranegara, Kota Mataram. Di tempat wisata ini, kamu akan menemukan keberadaan dua bangunan, yakni Mataram Mall 1 dan Mataram Mall 2 yang bisa menjadi lokasi belanja berbagai jenis barang.

Lumayan, bukan? Sambil kamu melakukan wisata sejarah dengan menikmati bangunan-bangunan peninggalan zaman dahulu, kamu juga bisa sekaligus membeli oleh-oleh untuk orang-orang tersayang yang menunggumu di rumah. Jika kamu kemari, jangan lupa untuk membawa kamera karena kamu akan menemukan spot-spot foto yang spektakuler disini.