Ternyata di Lombok Tengah Ada Pantai Kuta Juga, Lho! Kok Bisa? Cek Destinasi Wisata Lainnya Di Sini

Kabupaten Lombok Tengah menjadi wilayah yang penuh dengan tempat wisata menarik. Jika kamu memperhatikan, ternyata di Pantai Kuta tidak hanya berada di Bali, tapi juga di Lombok Tengah. Pemandangannya pun tak kalah spektakuler dengan pemandangan Pantai Kuta di Bali. Namun selain itu, masih banyak tempat-tempat wisata yang sangat menarik di Lombok Tengah. Mau tahu apa dan dimana saja destinasi wisata tersebut? Cek daftarnya di bawah ini.

Pantai Kuta Lombok, via Instagram @rizkydwivivi

1. Pantai Kuta Lombok

Dikutip dari traveloka.com, Pantai Kuta Lombok yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut berjarak kurang lebih 50 Km dari Kota Mataram, bisa menjadi pilihan tempat menghabiskan waktu liburan berikutnya. Pantai ini berada di pesisir selatan Pulau Lombok dan lokasinya berdekatan dengan tempat-tempat wisata, di antaranya adalah Pantai Tanjung Aan, Desa Sade, Pantai Seger, Pantai Selong Belanak, ataupun Pantai Putri Nyale.

Tempat wisata yang satu ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Pantai Kuta Bali. Kamu akan menemukan pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih dan luas di sini. Bayangkan saja, Pantai Kuta Lombok ini punya garis pantai yang sangat panjang, mencapai 7,2 Km. Selain itu, air laut di tempat ini juga bersih, seolah mengundang siapa pun untuk menceburkan diri ke dalamnya.

2. Pantai Seger

Kalau masih belum puas dengan keindahan Pantai Kuta Lombok, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Seger. Tempat wisata yang satu ini lokasinya berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok. Kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan ke arah timur sejauh 4 Km. Di sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang mengagumkan dari atas bukit.

Selain memiliki pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, pantai ini kerap menjadi lokasi olahraga selancar favorit. Dengan ombaknya yang tinggi, para peselancar bisa merasakan keseruan tersendiri di tempat wisata ini. Untuk masuk ke area pantai, kamu juga tidak perlu membayar mahal, hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp10 ribu.

3. Pantai Putri Nyale

Tidak jauh dari Pantai Seger, kamu juga bisa menyempatkan datang ke Pantai Putri Nyale. Jarak tempat wisata ini hanya selemparan batu dari Pantai Seger. Selain itu, pantai ini juga memiliki hamparan pasir yang indah. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Lombok, suasana di pantai ini relatif lebih sepi. Cocok bagimu yang tidak suka dengan keramaian.

Satu hal yang menjadi ciri khas dari tempat wisata Pantai Putri Nyale ini adalah cerita legenda Putri Mandalika. Bahkan, untuk menggambarkan legenda tersebut, terdapat Monumen Putri Nyale yang berada di pinggir pantai. Selain itu, di sini juga terdapat tradisi unik yang disebut dengan Bau Nyale.

Dalam tradisi ini, masyarakat akan berlomba-lomba mencari binatang laut yang bentuknya mirip cacing—oleh masyarakat disebut dengan nyale. Konon, cacing nyale tersebut merupakan jelmaan Putri Mandalika yang memilih terjun ke tengah laut daripada harus dipersunting oleh pangeran.

4. Desa Sade

Tempat wisata berikutnya yang berada tidak jauh dari Desa Kuta adalah Desa Sade. Di sini, kamu akan bisa menyaksikan secara langsung kehidupan Suku Sasak yang dikenal sebagai penduduk asli Pulau Lombok. Masyarakat yang tinggal di Desa Sade pun masih terus berusaha untuk melestarikan budaya yang diturunkan secara turun temurun.

Di desa yang berjarak sekitar 6 Km dari Desa Kuta ini, kamu bisa menyaksikan keberadaan rumah-rumah tradisional milik penduduk. Mereka masih menggunakan bahan-bahan tradisional untuk pembangunan rumah, mulai dari tiang kayu, atap dari alang-lang kering, hingga dinding dari bambu.

Ada hal menarik lain yang bisa dijumpai di tempat ini, terutama terkait kebiasaan warga Desa Sasak dalam memanfaatkan kotoran kerbau. Kotoran tersebut mereka gunakan sehari-hari untuk membersihkan rumah. Dalam kepercayaan masyarakat di tempat wisata ini, kotoran kerbau berguna untuk mengusir serangga dan serangan magis.

5. Pantai Tanjung Aan

Perjalanan menyusuri pantai-pantai indah di sekitar Desa Kuta masih belum usai. kamu bisa pula menyaksikan keindahan Pantai Tanjung Aan yang dikelilingi oleh area perbukitan. Salah satunya adalah Bukit Merese yang merupakan tempat wisata terkenal lainnya di Pulau Lombok. Untuk menjangkau pantai ini, kamu hanya butuh melanjutkan perjalanan selama 12 menit dari Pantai Seger.

Pantai Tanjung Aan merupakan pantai yang ramai dikunjungi wisatawan. Keunikan utama yang dipunyai Tanjung Aan adalah pada struktur pasirnya. Berbeda dengan pantai lain, pasir Pantai Tanjung Aan memiliki ukuran yang cukup besar, seperti merica. Selain itu, kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas di tempat wisata ini, mulai dari berenang, snorkeling, selancar, ataupun sekadar menyaksikan pemandangan dari tepi pantai.

6. Bukit Merese

Berkunjung ke Kuta Lombok, kamu juga tidak boleh melewatkan keberadaan Bukit Merese. Tempat wisata ini berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan dan akses masuknya bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Sesampainya di atas bukit, kamu akan bisa menyaksikan pemandangan yang memukau siapa saja. Bahkan, tidak sedikit yang menyebut pemandangan di sini bak pemandangan di negeri lain.

Dari padang rumput atas bukit ini, kamu akan bisa menjumpai keberadaan kerbau yang tengah mencari makan. Selain itu, kamu dapat pula menyaksikan pemandangan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian. Namun, tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Kamu hanya bisa bersantai sembari berburu foto instagrammable atau menunggu kedatangan waktu matahari terbenam.

7. Pantai Selong Belanak

Tempat wisata yang mengagumkan berikutnya di Lombok adalah Pantai Selong Belanak. Pantai yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Lombok Tengah ini berada 19 Km ke arah barat dari Pantai Kuta Lombok dan berada pada satu jalur perjalanan. Akses menuju ke tempat ini cukup mudah. Bisa ditempuh dalam waktu 30 menit perjalanan dari Bandara Internasional Lombok.

Tempat wisata ini ibarat sebuah pantai yang tersembunyi, diapit oleh dua bukit. Pantai Selong Belanak memiliki garis pantai yang cukup panjang, mencapai 1 Km. Pasir pantai lembut serta ombak yang tidak terlalu besar menjadi pemandangan yang menyegarkan di sini. Mereka yang datang ke sini pun biasanya tidak melewatkan kesempatan untuk belajar selancar. Terlebih, ada fasilitas penyewaan papan sekaligus kursus selancar.

Nah itulah beberapa destinasi wisata di Lombok Tengah yang menarik untuk dikunjungi. Menakjubkan bukan, jika kamu bisa berada di sana? Selamat berlibur dan ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya!