13 Pekerjaan Ini Sangat Cocok Digeluti Oleh Seorang Ambivert Seperti Kamu

Jika kamu bingung apakah kamu ekstrovert atau introvert, mungkin kamu adalah ambivert. Bagi kamu yang seorang ambivert, mencari pekerjaan yang cocok tidaklah sulit karena kamu bisa mudah beradaptasi pada situasi apapun. Namun tentu ada beberapa jenis pekerjaan yang akan berkembang jika kamu yang menggelutinya. Apa saja?

1. Human Resources department (HRD)

Dilansir dari life.idntimes.com, human resource ini memiliki tugas untuk merekrut karyawan dan menempatkannya pada posisi yang tepat. Sebagai seorang ambivert, kamu bisa membaca karakter mereka, sekaligus memancing untuk membuat mereka akrab dan nyaman saat ngobrol denganmu.

2. Psikolog atau terapis

Psikolog memiliki misi untuk meringankan beban pikiran pasiennya. Pasien-pasien tentu butuh telinga untuk mendengarkan seluruh keluh kesah mereka, sekaligus orang yang mampu untuk memberikan nasihat-nasihat layaknya seorang sahabat.

3. Sales

Sebagai penjual barang, kamu wajib cepat dalam beradaptasi dan mengakrabkan diri dengan calon pembeli, sekaligus mendengarkan apa saja yang menjadi kebutuhan mereka untuk bisa menjual barang yang kamu miliki.

4. Marketing

Kamu harus bisa memikirkan strategi dengan baik, di saat bersamaan mencari koneksi orang banyak untuk membantu memasarkan produkmu.

5. Blogger

Sebagai blogger, kamu akan diundang ke berbagai acara dan bertemu banyak orang. Di saat yang sama, kamu bisa menyalurkan bakat “aku ingin sendiri” dari sisi introvertmu dengan cara menulis di website.

6. Manajer perusahaan

Manajer adalah salah satu orang yang memegang kendali di perusahaan. Jelas sekali, emosimu harus stabil, kamu wajib bisa mendengarkan orang lain, disaat yang bersamaan menghargai dan merangkul mereka menjadi satu tim dan merasa dihargai oleh perusahaan.

7. Event organizer atau party planner

Seorang event organizer harus tahu betul keinginan pelanggan mereka. Sebagai seorang introvert, kamu adalah ahlinya dalam mendengarkan dan dalam masalah intuisi. Sebagai seorang ekstrovert, kamu tahu betul bagaimana harus mengobrol asyik dengan sahabatmu atau disini adalah pelangganmu.

8. Pengacara

Emosimu yang tenang dan terkendali sebagai seorang ambivert membuatmu jadi ahlinya dalam memenangkan argument-argumen yang ada di pengadilan.

9. Hubungan internasional (export import, menteri luar negeri dan lainnya).

Membuat dirimu akrab dengan warga mancanegara dengan latar belakang budaya berbeda tentu sulit. Namun, sebagai seorang ambivert, kamu bisa mengatasinya dengan mudah karena secara intuisi kamu mengerti apa yang harus dilakukan, sekaligus mengenali mereka lebih dalam.

10. Guru

Guru memiliki kewajiban untuk dekat dengan pribadi kepada murid-murid. Hal ini untuk mengetahui bagaimana pendapat sekaligus kesulitan mereka dalam belajar.

11. Jurnalis

Kamu harus bergerak cepat, pintar mengatur waktu dan tidak boleh malu-malu. Kalau tidak, tentu kamu tak akan pernah bisa mendapatkan berita bagus sekaligus mewawancarai orang-orang penting, kan?

12. Pebisnis

Seorang pebisnis tentu tidak boleh malu atau menutup dirinya dengan orang lain. Tentu untuk menjalankan bisnis, kamu butuh bantuan orang lain dan tentu saja, strategi untuk memajukan bisnis tersebut.

13. Presiden

Sebagai orang yang memimpin sebuah negara, tugas seorang presiden memang sangat berat. Tentu saja, dia wajib mengatur emosi dengan baik kapanpun dan dimanapun. Di saat yang bersamaan, dia pun harus menghadapi banyak orang dan harus mau membuka diri terhadap mereka.

Hebat bukan, pekerjaan yang cocok dilakukan oleh ambivert? Apakah kamu sudah menentukan karir idamanmu? Dalam menentukan, yang terpenting adalah kamu harus konsisten dengan apa yang ingin kamu jalani. Jika kamu sudah menentukan, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Jika kamu sudah melakukan apapun dengan bersungguh-sungguh, maka pekerjaan itulah yang akan berbalik bekerja untukmu dan kamu akan menjadi orang yang paling bahagia.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!