Yang Suka Marah-Marah Saat Menstruasi Wajib Baca Ini!

Hayo, siapa di antara kalian yang sering meluapkan emosi secara tiba-tiba saat menstruasi? Memang hal ini lumrah dijumpai pada setiap wanita saat mereka menstruasi, akan tetapi citramu tentunya akan menjadi lebih buruk di mata orang lain jika kamu sering marah-marah tanpa sebab. Untuk itu, kamu perlu menjaga emosi ekstra keras saat menstruasi muncul. Bagaimana caranya?

1. Melakukan hal yang membuat rileks

Dilansir dari allwomenstalk.com, beban kerja yang terlalu berat atau masalah dalam hubungan bisa membuatmu lebih gampang emosi. untuk itu, kamu perlu melakukan hal-hal yang santai untuk membuat pikiran lebih tenang. Kamu bisa bermeditasi atau melakukan yoga untuk mengendalikan emosi sehingga kamu bisa lebih damai dan tenang. Dengan cara ini, kamu bisa mengeluarkan dan membuang semua hal yang bisa membuat frustasi.

2. Hindari permen

Datang bulan bukan berarti kamu dibatasi untuk makan apa saja. Namun, sebaiknya hindari kafein dan permen karet karena ini bisa membuat perut merasa lebih buruk. Jika perut bermasalah, emosi kemungkinan akan naik. Untuk itu, cukup makan makanan ringan yang bisa memperbaiki kondisi mentalmu.

3. Salahkan haidmu, bukan diri sendiri

Jika kamu gampang emosi dan berteriak pada pasanganmu hanya lantaran hal sepele, jangan salahkan dirimu. Salahkan saja masa datang bulan dan minta maaf padanya tentang apa pun yang kamu katakan dan coba buat dia mengerti.

4. Kurangi rasa sakit

Mengurangi rasa sakit fisik akan membantu mengurangi emosi. Untuk itu, kamu perlu mengonsumsi beberapa obat penghilang rasa nyeri saat menstruasi. Jika menghindari obat, kamu bisa berendam di air hangat untuk menghilangkan rasa nyeri. Menghilangkan sakit fisik sangat penting dalam mengendalikan emosi karena jika fisik baik, tentu akan merasa lebih baik secara emosional.

5. Jangan takut menangis

Jika ingin menangis, menangislah dan keluarkan semua yang kamu rasakan. Menangis bukanlah hal yang buruk bahkan jika kamu merasa tidak perlu melakukannya. Menangis adalah cara terbaik untuk melepaskan stres dan kamu akan merasa lebih baik.

6. Menyendiri

Saat periode bulanan datang, terkadang banyak wanita menjadi anti-sosial. Jika kamu merasa harus mengurung diri lantaran tidak mood untuk berkumpul bersama teman-teman, jangan memaksakan diri. Menyendiri bukanlah hal yang buruk selama itu bisa membuatmu merasa lebih baik.

7. Konsumsi banyak kalsium

Kalsium sangat baik dalam menghilangkan nyeri atau kram saat datang bulan. Jika kamu terus menangis karena rasa sakit, cobalah untuk menambahkan banyak kalsium dalam mneu makanmu. Selain akan membuat tubuh terasa lebih baik, kalsium juga dapat meningkatkan mood kamu.

8. Kurangi makan garam berlebihan

Menurut Dian Sastrowardoyo yang dilansir dari Liputan 6 Showbiz,¬†“Saat menjelang haid, biasanya tubuh bakalan sedikit membengkak, terutama di bagian paha, payudara, dan perut. Kalau udah kayak gini, kamu akan merasa nggak nyaman dengan tubuh sendiri. Nah, kalau kamu mau nyegah rasa nggak nyaman yang muncul karena pembengkakan di beberapa bagian tubuhmu itu sebaiknya hindari konsumsi garam yang berlebih. Hindari makan makanan kemasan atau olahan. Hindari makanan cepat saji dan makanan ringan yang banyak mengandung micin. Oya paling aman pilih makanan segar.”

9. Istirahat Yang Cukup

Dilansir dari happifyourworld.com, secara medis, tidur adalah salah satu cara menjaga stamina tubuh tetap baik dan cara ini ampuh untuk mengtasi PMS. Tetapi pastikan juga bahwa waktu tidurmu tidak berlebih menjelang haid dapat menjadi salah satu cara mencegah mood swing yang mengganggu, terutama rasa sedih akibat depresi. Beristirahatlah dengan cukup dan tidak berlebihan. Selain dapat mengurangi stres saat PMS, tidur dapat me-refresh sistem organ tubuh agar kembali fit.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kamu coba untuk mengurangi emosi berlebih saat menstruasi. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu, ya.