vemale.com
in ,

5 Perbedaan Rasa Cemburu Antara Pria dan Wanita. Nomor 3 Berbahaya!

Rasa cemburu memang dimiliki semua orang, dan hal tersebut bukanlah aib yang harus ditutupi. Yang menjadi masalah ialah jika rasa cemburu tersebut terlalu berlebihan dan mengganggu keseharian semua orang. Kadar cemburu juga berbeda-beda pada setiap orang, terutama pada pria dan wanita. Seperti apa perbedaanya? Dilansir dari Hipwee, setidaknya ada lima perbedaan mendasar dari rasa cemburu antara wanita dan pria.

1. Kecemburuan laki-laki berdasarkan komitmen, kecemburuan perempuan berdasarkan ego

Mekanisme kecemburuan pada laki-laki hanya terjadi ketika ia telah menjalin hubungan romantis dan memiliki komitmen untuk serius. Laki-laki jarang merasa cemburu ketika dia tidak menjalin hubungan dengan siapa pun. Nah, sedangkan mekanisme cemburu pada perempuan bisa muncul jauh sebelum ia terlibat dalam sebuah hubungan romantis. Dengan kata lain, perempuan bisa saja merasa cemburu meskipun ia dan “objek” yang dicemburuinya tersebut tidak terikat dalam suatu hubungan apapun.

2. Ekspresi kecemburuan laki-laki lebih elegan, ekspresi perempuan sulit ditebak dan (kadang) berlebihan

Mungkin benar ungkapan bahwa laki-laki adalah makhluk yang lebih agresif daripada perempuan. Banyak hal yang tidak bisa diterima lalu diselesaikan dengan jalan adu fisik. Begitu pula ketika mereka merasa cemburu. Laki-laki cenderung mengungkapkan kecemburuan dalam ungkapan verbal dan sikap posesif, memonopoli waktu pasangan, kekerasan fisik yang ditujukan baik terhadap pasangan maupun rivalnya (yang membuatnya cemburu), manipulasi emosional, bahkan bisa sampai mengancam rivalnya.

Hal ini berbanding terbalik dengan kaum perempuan. Perempuan menanggapi kecemburuan dengan perasaan tertekan karena amarah yang seringkali tidak diungkapkan yang berujung pada menangisi diri sendiri. Bahkan tak jarang perempuan menyalahkan diri sendiri atas perselingkuhan pasangannya. Dengan alasan dirinya tak cukup baik dan tak lagi menarik bagi pasangannya.

BACA JUGA:  Panitera PTUN Medan minta THR, kata OC Kaligis

3. Jika ada potensi orang ketiga, perempuan jauh lebih peka daripada laki-laki. 

Banyak yang bilang, ‘wanita kalau lagi cemburu bisa lebih jago menyelidiki sesuatu dari FBI’. Ungkapan tersebut agaknya benar adanya, sebab insting yang dimiliki perempuan menjadikan mereka lebih predictive. Mereka cenderung waspada dengan isyarat-isyarat yang menunjukkan bahwa pasangannya memberi perhatian lebih ke perempuan lain. Sehingga bau-bau perselingkuhan akan dengan mudahnya tercium oleh mereka. Kenapa laki-laki memiliki kemampuan yang terbatas dalam hal memprediksi ini? Karena laki-laki cenderung acuh dan tidak terlalu peduli dengan lingkungannya. Berbeda dengan perempuan, dimana mereka memiliki kepedulian yang tinggi bahkan hal-hal kecil yang terjadi pada pasangannya.

4. Ketika sedang cemburu, laki-laki tidak pernah membandingkan dirinya dengan orang yang dicemburui, sedangkan perempuan iya

Laki-laki bukanlah makhluk yang suka membanding-bandingkan diri dengan laki-laki lain. Mereka tdiak gampang cemburu dengan laki-laki lain yang memiliki daya tarik fisik yang lebih bagus. Kebanyakan laki-laki malah merasa sangat percaya diri dengan dirinya dan tidak peduli dengan laki-laki lainnya. Berbeda dengan perempuan. Mereka sering membanding-bandingkan diri dengan perempuan lain. Kekurangan fisik menjadikan mereka lebih sering merasa cemburu. Misalnya wanita pendek memiliki rasa cemburu yang lebih besar daripada wanita yang tingginya di atas rata-rata.

Bagi perempuan, kehadiran perempuan lain yang lebih menarik dari dirinya di sekitar pasangannya adalah sebuah bom waktu yang sewaktu-waktu akan membumihanguskan hubungan mereka. Sebenarnya bukan berarti laki-laki tak pernah melakukan hal ini, ya. Hanya saja, intensitas self-comparison perempuan jauh lebih tinggi.

5. Tingkat kecemburuan laki-laki bergantung dari lamanya hubungan, sedangkan perempuan tidak kenal masa

Bagi pasangan yang telah menjalin hubungan cukup lama, mungkin merasa cemburu semakin besar. Ada suatu rumus yang menggambarkan hal ini.

Hubungan lama = investasi banyak = kecemburuan tinggi.

Ketika seseorang menjalin hubungan romantis, sadar tak sadar akan banyak waktu, tenaga, bahkan biaya yang telah dihabiskan. Ketiga hal ini adalah investasi yang diberikan tidak hanya oleh laki-laki tetapi juga perempuan. Semakin lama hubungan, maka investasi yang telah diberikan oleh masing-masing pun semakin banyak. Dengan banyaknya investasi ini, maka tingkat kecemburuan pun semakin tinggi. Bertambahnya tingkat cemburu dalam hubungan yang semakin lama didasarkan karena ketidakrelaan akan kehilangan investasi yang telah diberikan selama ini.

BACA JUGA:  Tak tahan depresi penyanyi Korea ini bunuh diri

Hal ini berlaku untuk keduanya, laki-laki dan perempuan, meskipun laki-laki menunjukkan kecemburuan yang lebih besar. Semakin banyak seorang laki-laki berinvestasi dalam hubungannya, semakin ia tidak siap untuk kehilangan. Dengan kata lain, peningkatan ekspresi cemburu laki-laki dalam hubungannya mungkin adalah upaya untuk memastikan investasi untuk pasangan dan hubungannya belum terbuang sia-sia.

Menarik bukan? Nah dengan bertambahnya pengetahuanmu tentang hal ini, mungkin kamu bisa menjaga hubungan dengan pasanganmu lebih baik karena kamu sudah mengetahui apa yang dirasakan oleh masing-masing gender dan cepat atau lambat bisa memakluminya.

Dari kamu sendiri, apakah ada perbedaan lain yang kamu rasakan pada rasa cemburu antara pria dan wanita? Yuk bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Baca Juga:
9 Cara Ampuh Atasi Cemburu Berlebihan
Hal-Hal Aneh Yang Dilakukan Wanita Saat Sedang Cemburu

9 Cara Ampuh Atasi Cemburu Berlebihan

Eitss, Ternyata Cemburu Memiliki Banyak Manfaat Lho!