9 Cara Ampuh Atasi Cemburu Berlebihan

Cemburu memang hal yang biasa terjadi pada manusia, dan hal ini merupakan hal yang sangat normal. Namun, yang menyebalkan adalah jika cemburumu ini berlebihan, dapat mengganggu keseharianmu, keseharian pasanganmu, dan bahkan keseharian semua orang di sekitar kalian.

Tapi tenang saja, kamu bisa kok mengurangi kadar cemburumu dengan cara-cara berikut ini. Dilansir dari Kompas Lifestyle, ada banyak cara meredakan cemburu yang sedang berapi-api, lho.

1. Cari tahu kenapa kamu cemburu

Ini adalah hal paling dasar yang harus kamu lakukan. Kamu harus menanyakan kepada diri sendiri apa akar masalah dari perasaan kamu. Apakah pengalaman kolektif yang membentuk karaktermu menjadi pencemburu seperti ini? Karena baik tindakan maupun pikiranmu berulang kali terkoneksi langsung ke otak. Jadi, coba runutkan pengalamanmu untuk temukan apa penyebabnya.

2. Bercerminlah

Langkah dasar yang kedua, cobalah minta pasangan melakukan apa yang selalu kamu lakukan. Misalnya, karena cemburu kamu selalu menelepon sekadar ingin tahu keberadaan pasangan. Mintalah pasanganmu untuk melakukan hal yang sama kepadamu kemudian bercerminlah, bagaimana rasanya selalu diperhatikan berlebihan, yang cenderung tidak logis. Mintalah ia untuk melakukan hal tersebut sampai kamu merasa konyol karena sering ditanyakan hal-hal yang aneh. Dari sini seharusnya kamu sudah mengetahui bahwa perbuatanmu dulu tidak menyenangkan bagi pasanganmu.

Jika pasanganmu tidak mau melakukannya, kamu bisa membaca pengalaman orang-orang yang pernah diperlakukan seperti itu di internet dan kamu bisa membandingkannya dengan apa yang terjadi dengan kamu dan pasangan selaman ini.

Baca Juga: Hal-hal aneh yang dilakukan wanita saat cemburu

3. Diskusikan dengan teman atau keluarga pasangan

Sebaiknya mulai bicarakan bersama teman dekat atau keluarga pasanganmu. Cari tahu lebih mendalam tentang pasanganmu, dengan cara yang tak berlebihan dan suasana akrab. Mintalah mereka menggambarkan sosok pasanganmu seutuhnya, yang membuatmu merasa yakin pasangan adalah yang terbaik untukmu. Atau sesekali bergabunglah bersama orang terdekat pasangan, untuk mengetahui bagaimana aktivitas pasangan dengan dunianya. Dengan mengenal dunia si dia, kamu lebih bisa mengendalikan pikiranmu dari perspektif berbeda, bukan sekadar asumsi dan dugaan semata.

4. Hadapi ketakutan

Kamu sebaiknya mulai bergaul juga bersama teman-teman pasangan, terutama lawan jenis. Hadapi ketakutanmu dengan lebih sering bersentuhan dengan pergaulan pasangan. Dengan menyelami dan berbaur bersama teman pasangan, kamu mulai bisa menerima dan belajar berpikir lebih rasional.

5. Ubah cemburu dengan menggoda pasangan

Goda pasanganmu dengan memperhatikan dirimu lebih baik. Perhatikan penampilanmu, atau tunjukkan rasa percaya dirimu padanya. Jika pun pasangan melirik pria tampan/wanita cantik, goda saja pasangan, bahwa si dia sedang berjalan bersama orang yang lebih cantik/tampan. Jangan langsung dibawa marah karena pada dasarnya pria menganggapnya hanya selingan dan tidak berfikir serius tentang itu. Tunjukkan pula bahwa kamu punya selera humor yang baik dengan menanggapi hal ini secara humoris. Yang pasti, buat si dia menjadi berpikir, bahwa dia beruntung memilikimu.

Baca juga: Gaya cemburu berdasarkan zodiak, dari Capricorn hingga Sagitarius

7. Kamu sudah beruntung memenangkan persaingan, ingat itu!

Selalu catat dalam memorimu, bahwa di antara orang lain yang pernah mengejar pasanganmu, kamu lah yang berhasil mengambil hatinya dan kamu lah yang memenangkan persaingan itu. Cara ini bisa jauh mengatasi rasa cemburu karena kamu bisa mengerti bahwa diantara wanita-wanita lain yang jauh lebih menarik, dia hanya memilihmu.

8. Sesekali mengetes pasangan

Jika masih saja tak sanggup mengontrol rasa cemburu, mengetes pasangan menjadi cara yang tidak rasional. Namun jika memang masih penasaran, sejumlah orang melakukan ini dengan mengirim orang lain untuk menggoda pasangan, dari tampilan fisik yang nyaris sempurna. Cara ini digunakan untuk mengetahui bagaimana pasangan meresponsnya. Seharusnya, jika pasangan tak peduli dan cuek dengan pancingan ini, kamu tak perlu lagi cemburu kan?

9. Lakukan terapi

Jika semua cara di atas sudah dicoba, namun kamu masih saja dikuasai rasa cemburu berlebihan, sebaiknya cari bantuan profesional yang bisa membantu kamu mengatasi persoalan psikologis, perasaan, dan pikiran yang tidak rasional.

Nah menarik bukan cara-cara di atas? Jika kamu memiliki cara ampuh lainnya, bagikan ceritamu di kolom komentar ya!