SolusiSehatku.com
in , , ,

Lima Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Ini Akan Bayi Aman

Ibu hamil, apapun yang dilakukan harus melalui perhitungan yang matang. Jika tidak, bisa-bisa terjadi sesuatu dengan bayinya nanti. Salah satu hal kecil yang bisa mendapat perhatian lebih saat kehamilan ialah posisi tidur. Ya, posisi tidur, meskipun hal sepele, bisa menjadi sesuatu yang penting bagi keselamatan bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu, ada baiknya kita telaah posisi-posisi tidur yang baik bagi ibu hamil di bawah ini.

1. Menyamping ke Kiri

Dilansir dari Mommyasia, Beberapa ahli menyarankan agar ibu hamil tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Posisi tidur ini dapat melancarkan sirkulasi darah menuju jantung maupun menuju rahim, janin dan ginjal. Selain itu, tidur pada posisi menyamping ke kiri ini juga dapat mengurangi pembengkakan dibagian pergelangan kaki, kaki dan juga tangan. Tak hanya itu, posisi itu juga dapat membantu ginjal bekerja lebih baik untuk membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh.

2. Jangan Terlentang

Ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur terlentang setelah bulan kelima atau sudah memasuki trimester kedua kehamilan. Mengapa? Karena jika ibu hamil tidur dengan posisi terlentang dapat membuat tekanan pada pembuluh darah utama meningkat dan menghambat peredaran darah ke tubuh ibu termasuk ke janin.

3. Menggunakan Banyak Bantal

Bantak memang berfungsi agar ibu bisa tidur dengan nyaman. Jika ibu merasa sesak atau mengalami nafas pendek, letakkanlah bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada ibu. Nah, jika ibu merasakan sakit pada ulu hati, letakanlah beberapa bantal dibagian kepala sampai posisinya menjadi lebih tinggi. Sementara itu, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, ibu dapat mengganjal dengan bantal di bagian perut dan punggung.

4. Posisi Setengah Duduk

BACA JUGA:  Hobi diet di masa muda sebabkan kegemukan di hari tua

Selain itu, Alodokter.com menyebutkan bahwa posisi tidur dengan kepala dan punggung atas disangga bantal akan sangat membantu ibu hamil yang mengalami nyeri ulu hati yang mengganggu. Nyeri ulu hati yang dialami ibu hamil umumnya dipicu oleh hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dan kerongkongan (esophagus) sehingga asam lambung dan makanan bisa berbalik ke esophagus kembali. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk makan malam lebih dini, dan makan perlahan.

5. Tidur Dengan Posisi Tengkurap

Posisi ini sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil, menurut Bidanku.com. Tapi biasanya pasca kehamilan trimester pertama, karena adanya pembesaran payudara dan juga rangsang payudara yang lebih sensitif akan menimbulkan ketidaknyamanan untuk tidur tengkurap. Dan pada saat di mana perutmu sudah mulai membesar (awal 14 minggu) tidur dengan posisi tengkurap menjadi sangat tidak nyaman karena kamu harus menyokong paha dengan bantal untuk dapat tidur tengkurap karena perut yang mulai membesar.

Jika rasa tidak nyaman saat tidur disebabkan oleh perubahan payudara, maka ibu hamil bisa menyiasatinya menggunakan bra khusus masa kehamilan atau sport bra yang pas di dada. Ibu hamil dapat memeluk bantal besar untuk membantu melindungi payudara yang sensitif.

Namun, selain itu pentingnya ibu hamil dapat tidur dengan nyenyak. Tak perlu khawatir, tips dari Mommyasia akan membantumu mendapatkan tidur yang nyenyak.

  1. Letakkan satu bantal lembut di antara agar kamu tidak akan merasa terlalu lelah tidur dengan posisi miring.
  2. Menggunakan busa khusus dan letakkan di bawah punggung untuk mengatasi rasa lelah saat harus tidur dengan posisi miring
  3. Jika tidak bisa tidur di kasur yang datar, maka tidur disofa bisa menjadi cara yang sangat baik mengatasi gangguan selama tidur.
  4. Hindari makanan pedas yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan atau rasa mulas sepanjang malam.
  5. Lakukan relaksasi sebelum tidur, seperti minum susu hangat dicampur madu.

Bagaimana bu, apakah selama ini tidurmu sudah benar? Jika belum segeralah perbaiki agar bayi yang dikandung tidak mengalami masalah apapun ketika ia lahir nanti. Selamat mencoba saat tidur nanti, ya bu!

BACA JUGA:  Foto-foto model cantik di Surabaya Fashion Parade 2015
Baca Juga:
Lima Larangan-Larangan Paling Populer Tentang Kehamilan, Kamu Percaya?

Apa Sih Kehamilan Palsu Itu? Yuk Lihat Fakta-Faktanya

Lima Larangan-Larangan Paling Populer Tentang Kehamilan, Kamu Percaya?