Tips Anti-Ribet Saat Bepergian Ini Akan Sangat Membantumu Di Kemudian Hari

Pernahkah kamu jalan-jalan keluar dari kota tempatmu tinggal yang mengharuskan kamu untuk menginap di kota tersebut? Tentunya kamu memerlukan peralatan tempur yang banyak, seperti halnya baju, sepatu, alat mandi, terutama make-up. Terbayang tidak, berapa koper yang harus kamu bawa agar dapat muat semua barang-barang tersebut?

Tapi tenang dulu, pastinya kamu tidak perlu membawa semuanya dong walaupun kamu harus tampil maksimal saat jalan-jalan? Kamu cukup membawa beberapa, dan menyimpannya dengan teknik khusus agar tidak ribet dan tidak menyusahkan diri saat kamu dalam perjalanan.

Mau tau tips packing anti-ribet? Cek daftarnya dibawah ini, dilansir dari IDN Times.

  1. Gulung Pakaianmu

Melipat pakaian adalah proses yang membosankan dan menjengkelkan. Pakaian yang dilipat membutuhkan banyak ruang sehingga mengakibatkan boros koper atau tas, apalagi kalau koper atau tasnya berukuran kecil. Menggulung adalah pilihannya.

Gulung semua pakaianmu untuk menghemat ruangan dan membuat ringan ketika membawanya. Hal ini dapat sangat membantu, terutama ketika berlibur saat musim panas karena kita pasti akan membawa cukup banyak baju untuk ganti. Cara menggulung ini akan sangat efektif, dan juga kita bisa memberikan ruang lebih untuk sandal atau sepatu kita sehingga cukup dalam satu wadah untuk pakaian dan sepatu.

  1. Gunakan lembaran kering untuk menjaga kelembapan pakaian

Pakai lembaran kering khusus pakaian atau bisa juga menggunakan tisu untuk membatasi antara pakaian satu dengan pakaian lainnya. Khususnya untuk sandal atau sepatu. Hal ini digunakan agar pakaian kita tidak lembab saat disimpan dalam koper atau tas sehingga tidak menyebabkan bau apek. Mana mungkin pergi liburan tapi pakaiannya bau, apa enggak malu?

  1. Bawa dan gunakan panty liner saat berpergian

Jangan lupa selalu bawa panty liner saat berpergian sekalipun tidak dalam periode datang bulan. Hal ini bertujuan untuk menjaga area kewanitaan agar tetap segar karena tidak menutup kemungkinan saat pergi liburan kita akan lebih sulit untuk menemukan toilet. Fungsi dari panty liner ini juga untuk memperpanjang waktu pakai celana dalam kita sehingga akan menghemat penggunaan celana dalam. Jika tidak sempat berganti celana dalam, cukup membuang dan menggunakan panty liner yang baru.

  1. Kemas terlebih dahulu barang yang dibutuhkan

Untuk perempuan, pakaian adalah hal yang nomer satu diutamakan. Karenanya, untuk mengemas barang pasti akan mengemas pakaian terlebih dahulu. Sesuaikan pakaian yang akan digunakan saat liburan, dahulukan pakaian yang berwarna netral atau polos sehingga kita akan mudah memadukannya pada saat liburan nanti.

Bawa pakaian secukupnya, sesuaikan dengan waktu kita berlibur. Dan jangan lupa bawa pakaian cadangan untuk menghindari masalah seperti pakaian basah, hilang atau robek. Akan lebih mudah apabila sebelum packing kita membuat daftar barang bawaan, agar kita lebih gampang mengurutkan dan mengecek barang bawaan kita.

  1. Letakkan aksesoris dalam wadah

Para perempuan juga tidak akan melupakan hal satu ini dalam menjaga penampilannya, yaitu aksesoris. Bawa aksesoris secukupnya dan taruhlah aksesoris tersebut dalam satu wadah kecil agar tidak tercecer. Jika hanya membawa beberapa aksesoris, untuk menghemat ruang dapat diletakkan jadi satu bersama obat-obatan pribadi didalam kotak obat. Hindari meletakkan asesoris sembarangan bersama pakaian, sebab akan menyulitkan kita saat mencarinya.

  1. Bawa alas kaki yang sesuai

Bawa 1 sepatu dan 1 sandal. Itu saja sudah cukup ladies, percayalah! Gunakan sepatu atau sepatu sandal saat flight dan saat berjalan-jalan saat liburan. Dan gunakan sandal saat santai atau kaki sudah merasa gerah menggunakan sepatu. Hindari membawa alas kaki terlalu banyak, karena akan memakan banyak ruang. Bawalah sepatu dan sandal yang paling nyaman dan dapat dipadukan dengan pakaian kita, karena saat liburan tidak perlu untuk bergonta-ganti alas kaki. Yang terpenting adalah kenyamanan saat kita pergi berlibur. Masa mau ke pantai menggunakan heels?

  1. Cukup satu hair styling tool

Bagi perempuan yang tidak berkerudung, rambut adalah hal yang tidak bisa dibiarkan saja. Pasti tidak ingin bad hair day saat liburan, kan? Agar efektif dan tidak menghabiskan banyak ruang, cukup bawa satu alat saja yang kira-kira bakal kita gunakan untuk rambut kita saat liburan. Rasanya cukup membawa alat catok saja bukan? Toh, rambut kita juga pasti akan ditata se-simpel mungkin saat liburan. Untuk pengering rambut sepertinya tidak perlu dibawa, sebab terkadang kita tidak terlalu membutuhkannya dan terkadang hotel sudah menyediakannya.

  1. Jangan lupakan bedak bayi

Terdengar lucu ya, eits tapi jangan salah bedak bayi juga berfungsi banyak, lho. Jika saat liburan kita tidak sempat cuci rambut menggunakan shampo, kita bisa menaburkan bedak bayi di rambut kita untuk mengurangi minyak di rambut sehingga tidak lepek dan rambut kita bisa wangi kembali. Bedak bayi juga dapat ditaburkan di sekitar paha atau ketiak kita ketika kita merasa bau badan akibat keringat. Dan juga bedak bayi dapat digunakan sebagai pelengkap make-up kita.

  1. Terpenting, bawa obat-obatan

Kita tidak tahu bagaimana cuaca dan kondisi di tempat liburan yang akan kita tuju. Akan lebih menyulitkan ketika tubuh kita jatuh sakit dan kita harus mencari apotek di tempat yang asing bagi kita. Maka akan lebih aman ketika kita berjaga-jaga membawa obat sendiri. Bawa obat sakit kepala, vitamin untuk menjaga tubuh kita tetap fit, obat flu, serta obat penyakit pribadi misalkan obat alergi. Kesehatan kita itu penting, lho.

Baca Juga: Travelling Menyenangkan Dengan Anggaran Terbatas? Bisa!