Gorontalo Punya 5 Kuliner Lezat, Jangan Takut Kelaparan!

Berkunjung ke bagian utara Pulau Sulawesi, terutama Gorontalo, tak lengkap rasanya jika tidak turut mencicipi makanan khas dari daerah tersebut. Makanan-makanan khas Gorontalo ini cukup sulit untuk didapatkan di daerah selain Gorontalo, oleh karenanya jika kamu sedang berada disana, kamu harus mencicipi hidangan-hidangan kebanggaan mereka. Saat kamu meninggalkan Gorontalo, kamu pasti akan kangen dengan masakan-masakannya. Penasaran? Berikut ulasan-ulasan mengenai kuliner khas Gorontalo, dilansir dari Moslem Lifestyle.

  1. Ayam Iloni

Sekilas Ayam Iloni ini hampir sama dengan ayam bakar pada umumnya, tetapi perbedaannya hanyalah bisa kita temukan saat sudah mencicipi. Bumbu ayam iloni sangat didominasi oleh rempah-rempah seperti jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, kemiri, dan masih banyak lagi. Sebelum dimasak, daging ayam direndam bersama santan dan cara masaknya bukan dibakar, melainkan dipanggang. Bagi penggemar kuliner pedas, ayam iloni bisa jadi jawaban yang sempurna.

  1. Binte Biluhuta
cookpad.com

Sejak lama daerah Gorontalo memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia. Maka tak heran, jika di provinsi ini beberapa makanan khas Gorontalo terbuat dari bahan dasar Jagung. Salah satu yang populer adalah binte biluhuta, kata ‘binte’ artinya jagung, sedangkan ‘biluhuta’ artinya disiram. Hidangan ini memang merupakan jagung yang disiram. Sekilas binte biluhuta mirip dengan bubur manado karena sama-sama makanan berkuah dengan suwiran ikan dan sayur-sayuran. Perbedaan terletak di bahan dasar, kalau bubur manado menggunakan beras atau singkong, hidangan ini tentunya menggunakan jagung. Tertarik untuk mencobanya?

  1. Kue Sabongi

Inilah salah satu makanan ringan khas Gorontalo yang merupakan warisan nenek moyang, sebab kue ini sudah dikenal sejak zaman para raja Gorontalo. Dua bahan dasar kue ini adalah singkong dan pisang, meskipun begitu kue sabongi memiliki citarasa dan kenikmatan tersendiri. Cara pembuatannya pun cukup sederhana saja dan tidak memperlukan waktu yang lama, mirip dengan membuat makanan combro atau misro. Nah, kuliner ini pasti cocok di lidah hampir semua orang.

  1. Tili Aya

Makanan yang satu ini umumya bisa ditemukan pada acara-acara tertentu saja seperti acara adat. Tili aya merupakan olahan dari bahan dasar gula merah lalu disajikan bersama nasi atau makanan pokok lainnya. Sebetulnya cara pembuatan makanan ini cukup mudah dengan bahan dasar gula merah, kemudian dicampur dengan beberapa butir telur dan santan. Setelah itu semua bahan dicampur dalam satu adonan, kemudian dikukus sampai matang.

 

  1. Ilabulo
backpackerjakarta.com

Jika ingin menyantap makanan yang tidak terlalu berat tapi tetap mengenyangkan, maka makanan khas Gorontalo yang satu ini patut kita coba. Namanya ilabulo, yaitu hidangan berbahan dasar sagu dan hati ayam yang dimasak bersama santan. Sekilas memang ilabulo mirip dengan pepes, tetapi dari segi rasa lebih pedas dan tekstur lebih kenyal. Masyarakat lokal kerap menjadikan makanan ini sebagai santapan siang yang lezat.

  1. Bilenthango

Bahan dasar makanan yang tak kalah menggoyang lidah ini adalah ikan mujair yang disajikan dengan cara masak cukup unik yaitu setengah digoreng atau dipanggang. Tahap pembuatannya yaitu ikan dibelah menjadi dua bagian, lalu digoreng atau dipanggang di atas daun pisang yang sebelumnya sudah diolesi dengan minyak pada pengorengan. Api dinyalakan kecil saja agar ikan tersebut bisa matang merata sampai ke dalam. Setelah itu, ikan diberi bumbu dari berbagai macam rempah-rempah dengan cara disiram ke ikan tersebut sedikit demi sedikit.

Jadi, selama kamu berada disana, jangan takut kelaparan, karena kuliner-kuliner Gorontalo sangat lezat. Buktikan sendiri dan ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Lengkapi Liburan Manismu Dengan Kuliner-Kuliner Khas Bali Ini!