5 Kuliner Kebanggaan Sulawesi Tenggara Ini Tidak Boleh Dilewatkan!

Membicarakan makanan khas dari wilayah-wilayah di Indonesia seakan tidak ada habisnya, pasalnya dari satu daerah saja, ada puluhan makanan, minuman, dan camilan khas yang tidak ada di daerah lain. Begitu pula dengan wilayah Sulawesi Tenggara. Ada banyak sekali makanan khas yang berasal dari daerah ini yang bisa membuat lidah kita bergoyang karena kelezatannya. Penasaran dengan makanan-makanan tersebut? Berikut ulasannya, seperti dilansir dari Zona Sultra.

  1. Kasoami

Makanan khas Sultra yang pertama ini datangnya dari Pulau Wakatobi dan Buton. Kasoami mungkin bagi masyarakat Sultra tak asing lagi, namun masih banyak masyarakat yang belum pernah merasakan enaknya makanan ini.

Kasoami sendiri berbahan dasar ubi atau singkong. Khusus di Wakatobi sendiri, singkong yang digunakan bukanlah singkong yang pada umumnya banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Ubi ini jika direbus tanpa diolah atau digoreng bisa beracun yang membahayakan keselamayan jika. Karenanya ubi ini melalui proses yang panjang dan lama untuk bisa diolah menjadi kasuami.  Berbeda dengan singkon yang pada umunya, yang dapat diolah dengan mudah tanpa harus melalui parmentasi yang lama.

Kasoami ini mempunyai cita rasa yang khas tentunya sangat enak bila dinikmati dengan ikan asin, ikan kuah ikan goreng, ikan bakar, ikan perende tergantung selera Kamu. Kamu juga dapat menambahkannya dengan sayur bening serta bisa juga dimakan saat menikmati secangkir teh hangat.

Untuk mendapatkannya sangat mudah, Kamu dapat membelinya di pasar tradisional kota Kendari seperti pasar Korem, atau bagi Kamu yang mau menyaksikan pembuatannya silahkan berkunjung ke Pulau Buton atau Wakatobi.

  1. Kabuto
Resepdanmakanan.com

Kabuto merupakan makanan berasal dari Kabupaten Muna dan Buton yang berbahan dasar ubi atau singkong. Proses awalnya setelah ubi dibersihkan dibiarkan berjamur terlebih dahulu. Dalam jangka waktu lama dibiarkan mengering dan akan menambah rasa kenikmatan dan aroma dari makanan ini saat disajikan.

Paling enak jika makanan ini disandingkan dengan kelapa parut sebagi garnisnya. Kamu juga dapat memakannya dengan lauk ikan goreng dan ikan asin.

Tekstur dari makanan ini sangat kenyal, namun ada juga yang terasa lembut seperti sebuah kue kering. Untuk mendapatkannya, di kota Kendari lumayan sulit, karena pada dasarnya penjual di pasar hanya menjual dalam bentuk ubi kering.

Jadi, Kamu bisa mengolahnya sendiri sambil ditemani oleh tukang masak yang telah ahli memasak kabuto agar hasil yang Kamu dapat lebih maksimal.

  1. Lapa-Lapa

Lapa-lapa ini makanan khas Sultra yang mempunyai cita rasa gurih, sebagai pelengkap biasanya lapa-lapa ini disantap dengan ikan kaholeonarore (ikan asin). Dalam pengolahan lapa-lapa ini berasnya dimasak bersama-sama santan, hingga setengah matang kemudian diangkat dan didinginkan, kemudian direbus. Namun sebelum direbus dibungkus dulu menggunakan janur kelapa yang muda.

Dimasyarakat suku Muna biasanya makanan ini dibuat saat menjelang hari raya umat muslim. Pembukaan puasa, lebaran idul fitri dan idul Adha. Dan pembuatannya pun butuh proses yang cukup lama demi mendapatkanb hasil yang maksimal. Tentunya dengan cita rasa yang luar biasa.

Sangat mudah didapatkan, banyak penjual di pasar-pasar tradisional. Di kota Kendari, makanan ini dijajakan terutama di Pasar Korem, baiknya Kamu membelinya ketika pagi hari.

  1. Sinonggi
wisatasultra.com

Sinonggi ini merupakan makanan khas suku Tolaki dari Sulawesi Tenggara yang terbuat dari pati sari sagu. Suku Tolaki ini mempunyai tradisi menyantap sinonggi bersama-sama yang disebut mosonggi. Bagi Suku Tolaki, sinonggi adalah makanan pokok yang sekarang telah mengalami pergeseran makna dan bersaing dengan nasi.

Untuk proses pembuatan sinonggi memiliki seni dan cara tersendiri. Jika Kamu tidak tahu membuat sinonggi makan sulit bagi Kamu untuk merasakn cita rasa asli dari sinonggi ini.

Jadi, buat Kamu yang belum pernah merasakan dan membuat sinonggi mending kunjungi beberapa rumah makanan yang ada di kota Kendari banyak yang menyajikan makanan tersebut, dijamin makanan ini bisa memanjakan lidah Kamu apalagi sama sekali yang belum pernah mencicipi makanan ini.

  1. Sate Gogos Pokea

Sate gogos pokea adalah sate yang terbuat dari bahan dasar kerang yang banyak dijumpai di kali Pohara, Kabupaten Konawe dan Asera, Kabupaten Konawe Utara. Nama pokea sendiri merupakan nama lokal untuk kerang. Sate kerang ini disajikan memakai bumbu apa-apa (hanya kerang rebus lalu ditusuk bambu) atau kadang dibuat seperti bumbu bacem manis. Tapi sate pokea memakai bumbu dan agak pedas.

Untuk mendapatkannya sangat mudah banyak penjual keliling dari makanan ini, apalagi ketika Kamu yang berkunjung ke tempat wisata maka dengan mudah Kamu mendapatkannya.

Rasanya unik, dengan ukuran yang kecil membuat Kamu ketagihan sambil ditemani dengan pemandangan pantai yang ada di Sultra.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Sulawesi Selatan Ini Bisa Bikin Kamu LUpa Untuk Pulang