7 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Ini Sayang Sekali Untuk Dilewatkan!

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu kepulauan yang berada di gugusan kepulauan Bali-Nusa Tenggara yang dikenal dengan destinasi wisata yang menakjubkan. Mulai dari utara sampai selatan, dari barat sampai timur, Nusa Tenggara Timur memiliki sesuatu yang tidak akan membuat bosan para pengunjung, baik turis Indonesia maupun mancanegara.

Namun, destinasi wisata yang menarik akan selalu didampingi dengan kuliner khas wilayah tersebut. Menariknya, Nusa Tenggara Timur memiliki ragam wisata kuliner yang unik dan lezat. Karenanya, jika kamu berkunjung kesini, kamu wajib untuk mencobanya. Yuk, kita lihat ulasan masing-masing kuliner lezat dari Nusa Tenggara Timur!

1. Se’i

www.netizenpintar.com

Diam-diam, olahan makanan Se’i ini sangat mendunia, lho! Se’i atau daging asap yang terbuat dari daging sapi atau babi ini sangat laris dan diburu oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Dalam proses pembuatannya, daging sapi atau babi diawetkan melalui proses pengasapan. Setelah itu, barulah se’i dimasak dengan cara digoreng atau ditumis dengan bunga pepaya.

Dilansir dari takaitu.com, daging dimasak dengan kayu bakar yang berjarak jauh, sehingga bukan lidah api yang mematangkan daging, melainkan asap panas. Asap terebut memiliki keunggulan karena mengandung beberapa komponen kimia yang mampu membunuh bakteri dan jamur. Komponen kimia tersebut akan membuat daging asap terlihat berkilau.

2. Jagung Catemak

Jagung catemak merupakan makanan khas Flores yang berbahan dasar jagung, labu, dan kacang hijau. Secara fisik, jagung catemak memang mirip dengan kolak. Namun rasa jagung catemak cenderung asin dan gurih.

Menurut backpackerjakarta.com, catemak Jagung khas Nusa Tenggara Timur (NTT) ini sangatlah baik untuk dinikmati semua orang, termasuk anak-anak hingga orang dewasa. Dinikmati bersama keluarga dan orang-orang tercinta, karena memang hidangan sehat. Nah, bagi Travelers yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) jangan lupa untuk mencicipinya ya!

3. Jagung Bose

Mirip dengan catemak, jagung bose menjadi hidangan khas masyarakat Flores. Bahan dasar bose terbuat dari jagung, dengan tambahan kacang merah.
Berdasarkan Republika, semangkuk jagung bose terdiri dari bahan dasar jagung, kacang merah, labu manis, dan santan. Cita rasanya tawar-gurih dan kerap disajikan dengan daging se’i (daging sapi asap), tumis bunga pepaya, dan lawar ikan. Cara mengolahnya, yakni dengan terlebih dahulu merendam jagung berbiji putih di air kapur sirih. Kulit ari jagung kemudian dibuang dan bulir jagung dijemur.

4. Rumpu Rampe

Selain makanan berbahan dasar jagung, Flores juga punya hidangan lain yang terbuat dari daun ubi dan daun pepaya. Rumpu rampe namanya. Banyak ditemukan di Maumere, rumpu rampe biasanya dimakan dengan ikan bakar.

5. Kue Rambut

http://travel.tribunnews.com

Bertekstur gurih dan renyah, kue rambut menjadi kudapan khas masyarakat Nusa Tenggara Timur. Tak heran jika kudapan ini banyak ditemukan di pusat oleh-oleh khas Nusa Tenggara Timur di Flores. Kue rambut sendiri terbuat dari tepung beras, nira, gula, garam, dan air.

Dijelaskan oleh Detik Food, untuk membuatnya campurkan semua bahan menjadi satu adonan, akan tetapi konsistensinya tidak boleh terlalu kental dan encer. Agar bentuknya menyerupai rambut, masyarakat sekitar biasanya menggunakan batok kelapa yang diberi lubang kecil-kecil atau kaleng yang dilubangi. Adonan dituang lalu digoyangkan di atas minyak panas hingga terbentuk seperti rambut dengan lapisan yang tipis. Agar teksturnya tetap renyah maka digunakan minyak atau cara deep frying.

Kue rambut ini juga dapat bertahan lama jika disimpan dalam stoples yang kering dan kedap udara. Proses pembuatan yang mudah tapi memerlukan waktu dan ketelitian, membuat kue rambut menjadi camilan khas yang tidak mudah ditemukan di daerah lain.

6. Jagung Titi

Selain jagung catemak dan jagung mbose, Flores masih punya jagung titi yang jadi makanan favorit di sana. Biasanya, jagung titi dijadikan teman minum kopi saat pagi maupun sore hari.

7. Kolo

Kolo atau nasi bambu merupakan nasi bakar yang dimasak dalam sebilah bambu. Bambu yang dipakai adalah bambu muda dengan panjang sekitar 30 sentimeter.

Baca Juga: 5 Kuliner Kebanggaan Sulawesi Tenggara Ini Tidak Boleh Dilewatkan!