Lengkapi Liburan Manismu Dengan Kuliner-Kuliner Khas Bali Ini!

Bali merupakan tempat favorit para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menghabiskan waktu liburannya. Hal ini karena Bali menawarkan destinasi wisata yang menarik dengan segala fasilitasnya yang modern tapi tetap menjunjung tinggi budaya setempat. Dengan kulinernya yang khas dari wilayah ini, Bali tidak pernah sepi dari pengunjung, dan ini yang menjadikannya sebagai pulau paling istimewa di Indonesia.

Kulinernya sendiri sangat beragam, dan sebagian sangat terkenal di seluruh pelosok Indonesia karena keunikan dan cita rasanya yang menarik. Apa sajakah kuliner-kuliner tersebut? Mari kita bahas satu persatu.

1. Ayam betutu

Makanan yang satu ini memang sudah sangat khas sekali dengan Bali. Siapa sih yang bisa melewatkan kuliner ini ketika datang ke Bali? Sudah menjadi ikon kuliner di Bali sehingga ayam betutu sangat tidak boleh dilewatkan.

Kalau kita suka makanan yang pedas, ayam betutu sangat pas untuk disantap oleh lidah kita. Selain itu makanan ini kaya akan rempah-rempah dengan tekstur pedas yang berlimpah. Penjual ayam betutu di Bali sendiri sudah banyak sekali. Hanya tinggal kita pintar-pintar memilihnya saja yang dekat dengan domisili atau pun yang memiliki rekomendasi paling baik menurut kita.

2. Sate lilit

blog.kulina.id

Namanya sate, pasti khas dengan tusukannya. Tetapi berbeda dengan sate lilit yang satu ini. Jika biasanya sate itu dagingnya ditusuk, sate lilit ini “dililit” di tusukannya.

Sebelumnya dagingnya telah dihaluskan, kemudian diberi bumbu-bumbu khas Bali lalu dililitkan ke batang daun serai. Di sini terlihat jelas perbedaan sate lilit dengan sate lainnya. Bicara soal rasa, gurih dan empuk bisa kita dapatkan ketika makan ini. Ada tiga daging yang biasa dijadikan sate lilit; ayam, babi, dan ikan tenggiri. Tetapi yang terakhir ini yang menjadi khasnya Bali.

3. Nasi campur ayam

Belum sempat untuk menikmat semua kuliner khas Bali ketika berada di sana? Jangan khawatir, ada nasi campur yang mungkin sudah bisa mengobati rasa penasaran kita akan makanan khas Pulau Dewata.

Seperti namanya, nasi campur memiliki berbagai lauk di dalamnya, sebut saja sate lilit, ayam yang sudah disuir, sayur urap, dan lawar ayam. Ini sangat enak untuk disantap dengan nasi panas.

4. Rujak bulung dan rujak kuah pindang

Lifestyle Okezone

Rujak dengan kuah dari ikan tuna? Bagaimana rasanya? Yang jelas sangat segar di mulut dan juga pedas, karena dalam dua rujak ini menggunakan irisan mangga dan juga cabai. Tetapi di berbagai tempat kita bisa menemukan dengan isi berbagai buah juga rumput laut di dalamnya.

5. Nasi jinggo

Ini merupakan salah satu makanan murah dari Bali. Tidak ada salahnya mungkin bagi rombongan Raja Salman untuk menikmati menu yang satu ini. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang yang juga tersedia sambal khas Bali.

Karena makanan ini dibanderol dengan harga yang murah, maka lauknya juga tidak bisa kita harapkan yang mewah ‘kan? Di dalam nasi jinggo terdapat mie goreng, ayam suir, dan tempe goreng.

Demikian seperti ditulis oleh Qubicle. Bagaimana, sudah merencanakan liburanmu di Bali? Jangan lupa untuk mencicipi semua makanan khas wilayah ini, ya!

Baca Juga: Rasakan Kenikmatan Kuliner-Kuliner Khas Nusa Tenggara Barat Di Tanah Khasnya!