Rasakan Kenikmatan Kuliner-Kuliner Khas Nusa Tenggara Barat Di Tanah Aslinya!

Pernah berkunjung ke Nusa Tenggara Barat? Jika sudah, apakah kamu pernah mencicipi masakan khas wilayah ini? Jika belum atau belum pernah berkunjung kesini, sebaiknya kamu atur rencana perjalanan untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat tahun ini, karena dari sinilah kuliner-kuliner favoritmu berasal. Yuk kita ulas satu per-satu kuliner khas nya!

1. Ayam Taliwang

Dilansir dari Info Budaya, sebelum dimasak dan dibakar, Ayam Taliwang direbus terlebih dahulu. Saat pembakaran, Ayam Taliwang dioleskan dengan berbagai bumbu rempah-rempah asli Indonesia, di antaranya adalah cabai merah yang sudah kering, bawang merah dan putih, terasi yang sudah digoreng, tomat, kencur, garam, dan gula merah, lalu semua bahan dicampur aduk. Masyarakat Nusa Tenggara Barat biasa memakan Ayam Taliwang ditemani dengan plecing kangkung.

2. Sate Bulayak

www.kamerabudaya.com

Makanan khas Nusa Tenggara Barat yang berikutnya adalah Sate Bulayak, makanan ini memang tidak sepopuler Ayam Taliwang, tapi jangan pernah meremehkan rasanya. Sate ini dibuat dengan daging yang jarang dijual di Jawa yaitu kambing dan ayam melainkan menggunakan daging sapi sebagai bahan utama pembuatannya. Bumbu yang digunakan pun adalah bumbu turun-temurun dan sudah menjadi bumbu khas Lombok. Dinamakan Sate Bulayak karena pada penyajian sate sapi ini diberi lontong yang nama lainnya adalah bulayak. Salah satu bumbu rempahnya adalah kacang tanah sangrai tumbuk yang direbus berbarengan dengan santan.

3. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung termasuk ke dalam makanan khas NTB yang populer dan menjadi makanan favorit di siang hari, biasanya makanan khas NTB yang satu ini melengkapi penyajian makanan khas NTB lainnya seperti Ayam Taliwang. Plecing Kangkung adalah makanan yang penyajiannya beda dengan masakan khas NTB lainnya, biasanya makanan ini disajikan saat masih hangat, tapi lain halnya dengan plecing kangkung yang disajikan saat kangkung sudah dingin dengan sambal tomat yang segar dan manis. Sambal tomatnya sendiri dibuat dengan racikan khusus. Dalam plecing kangkung terdapat bahan makanan lainnya juga seperti, kacang panjang, tauge, kacang goreng, dan urap. Batang kangkungnya juga berbeda dengan kangkung pada umumnya karena memiliki batang kangkung yang lebih besar.

4. Jaje Tunjak Lapis Poteng

Jaje tunjak lapis poteng memiliki daya tarik dan rasa yang khas tersendiri. Biasanya kuliner khas NTB ini dimakan untuk camilan saja. Kuliner jaje tunjak lapis poteng terbuat dari ketan yang bercampur dengan parutan kelapa lalu dikukus dan ditambahkan sedikit garam. Poteng sendiri adalah tape ketan yang pada proses pembuatannya digabungkan dengan perasan daun seger.

5. Sate Pusut

Sate pusut adalah sate yang potongan dagingnya berkisar lebih besar daripada umumnya yaitu sekitar 3 cm. Sate pusut disajikan bersama dengan tomat dan lalapan sawi yang pastinya akan menambah hawa nafsu kamu untuk mencicipinya.

6. Kelaq Kelor

Beepdo.com

Kelaq Kelor adalah nama makanan khas NTB yang berjenis sayuran. Sayur Kelaq Kelor biasanya disayur dengan menggunakan kuah bening. Daun Kelaq Kelor biasanya digunakan untuk memandikan mayat, tapi lain halnya dengan masyarakat Lombok yang biasa mengolah Daun Kelaq Kelor menjadi sebuah makanan yang bergizi. Kamu dapat menemukan sayur Kelaq Kelor di Lombok dengan nasi putih sebagai menu utamanya.

7. Nasi Kotaraja

Nasi ini memiliki ciri khas pada lauknya yang menggunakan “jangan rarit dan sambal sabie”. Jangan rarit sendiri adalah daging sapi yang digoreng dengan bumbu racikan rahasia.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 7 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur Ini Sayang Sekali Untuk Dilewatkan!