Ingin Ramadhan Yang Kamu Jalani Bermanfaat? Ikuti Tips-Tips Ini

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia, terutama bagi pada muslim dan muslimah di Indonesia. Pada bulan ini kamu bisa meningkatkan ibadahmu dengan cukup signifikan, juga dapat meningkatkan kualitas diri agar bisa menjadi lebih bermanfaat. Untuk itu, banyak sekali hal yang dapat kamu lakukan, mulai dari dalam diri hingga melatih fisik.

Ya, meskipun kita membatasi asupan makanan dan minuman saat berpuasa, kita tetap harus melatih fisik agar tidak menjadi semakin lemah. Mungkin memang terdengar aneh, namun cobalah sendiri dan rasakan manfaat-manfaatnya.

Baca Juga: Tanda-Tanda Proses Pembuangan Racun Secara Alami Selama Menjalankan Puasa Ramadhan

Berikut ini adalah beberapa hal-hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan.

1. Kegiatan Spiritual

Bulan Ramadhan merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT setiap harinya. Di bulan suci ini kamu juga berkesempatan untuk memperbaiki akhlak dan perbuatanmu agar puasa yang dijalankan semakin berkah. Mengaji, berdiam diri di masjid (i’tikaaf), banyak mendengar kajian agama serta memperbanyak salat sunnah menjadi cara terbaik untuk mengisi hari-harimu selama bulan Ramadhan.

Jika memiliki rezeki berlebih, kamu bisa menjalankan ibadah umrah saat bulan Ramadhan. Menurut Hadist Riwayat Bukhari, umrah saat Ramadan memiliki nilai yang sama dengan melakukan ibadah haji.

2. Kegiatan Fisik

Meski olahraga intensitas berat tidak disarankan saat berpuasa karena dapat membuat tubuh dehidrasi, kamu bisa melakukan olahraga ringan yang juga masih bernilai ibadah. Misalnya, berjalan kaki ke masjid atau naik turun tangga untuk melemaskan otot-otot kaki. Selain berolahraga, kebersihan tubuh juga harus dijaga. Mandi, berganti pakaian dan menjaga rumah agar selalu bersih juga merupakan salah satu bagian dari ibadah.

3. Kegiatan Mental

Dari pada tidur terlalu lama, tak ada salahnya gunakan waktumu untuk membuat daftar tujuan atau goals checklist untuk membuatmu fokus terhadap apa yang ingin kamu kerjakan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat pengetahuan dengan membaca buku-buku tafsir, hadis atau buku sejarah Islam. Jika kurang senang membaca buku, cobalah menonton tayangan ceramah atau program Islami yang mampu mendongkrak keimananmu.

Di samping tu, kamu juga bisa mengikuti kursus singkat seputar Ramadan. Di sana kamu akan dijelaskan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan dan bagaimana cara mengerjakannya. Ilmu yang kamu dapat akan lebih beguna lagi jika kamu bagikan kepada orang yang membutuhkan.

4. Kegiatan Sosial

Bagi kamu yang gemar melakukan kegiatan sosial, bulan Ramadhan menjadi salah satu momen tepat untuk melakukannya. Undanglah teman atau kerabat untuk buka puasa bersama di ruahmu. Selain mendapat manfaat silaturahmi, kamu juga mendapatkan pahala karena telah memuliakan orang yang berpuasa.

Selain kerabat dan teman, memberikan makanan dan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim sangat berpahal. Tak heran, banyak orang yang berlomba-lomba mengadakan santunan dan buka puasa bersama anak yatim demi mengejar pahala dan kebajikan. 

Kamu juga bisa memberikan hadiah-hadiah kecil untuk disalurkan kepada orang yang membutuhkan. Misalnya, berikan kado peralatan sekolah atau baju baru untuk anak-anak di panti asuhan. Meski nilainya tidak seberapa, pasti mereka sangat menyenanginya.

5. Kegiatan Psikologis

Di bulan Ramadhan ini kamu bisa membangun kebiasaan baru dan meninggalkan kebiasaan lama serta mengevaluasi diri kamu agar terus menjadi pribadi yang baik dan berguna setiap harinya. Tak ada salahnya tuliskan keluh kesahmu, ide dan perasaanmu selama bulan Ramadhan sebagai salah satu cara untuk berkaca diri dan menjadi orang yang lebih baik lagi.

Nah, apakah kamu sudah terpikirkan ingin melakukan hal bermanfaat apa selama Ramadhan ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini, ya!