in , ,

Urutan Menggunakan Make-Up: Pemula Wajib Tahu!

Coba kamu pilih, menggunakan foundation dulu atau menggunakan concealer dulu? Jika kamu masih bingung, kamu tidak perlu panik dan merasa minder, sebab walaupun umur sudah menginjak kepala tiga pun masih banyak yang merasa bingung dalam menggunakan make up, lho, terutama menentukan menggunakan foundation dulu atau concealer dulu.

Memakai make up memang susah-susah gampang. Untuk tampil lebih bersih dan cantik, kamu cukup menggunakan bedak dan lipstik. Tapi, jika kamu ingin tampil lebih menarik lagi, kamu perlu mempelajari trik dan urutan menggunakan make up dengan benar.

Mungkin juga saat ini kamu sudah merasa oke-oke saja dengan urutan penggunaan make up mu dan kamu nyaman dengannya, namun apa kamu yakin kulit wajahmu sudah nyaman? Urutan penggunaan make up yang salah bisa memiliki dampak buruk lho untuk kulitmu.

Karenanya, yuk kita sama-sama belajar menggunakan make up kembali!

Pertama-tama, Bersihkan Wajahmu

Ini langkah awal yang sangat penting, agar wajahmu selalu dalam keadaan bersih sebelum pakai makeup. Kamu nggak ingin kan, kalau ada banyak kuman yang terperangkap di wajah karena tertutup makeup tebal? Jika terperangkap dalam waktu yang lama, wajahmu bisa rusak. Jika perlu, bersihkan wajah memakai facial foam dan toner, biar lebih fresh juga.

Moisturizer/Pelembap

Pada langkah kedua ini, kamu harus mengaplikasikan sesuatu yang dapat langsung merawat kulitmu. Karena langsung menyentuh kulit, kamu harus menggunakan pelembap. Eits, pakai pelembap juga nggak boleh sembarangan ya! Pastikan memakai pelembap yang sesuai dengan jenis kulit dan punya kandungan tepat untuk merawat kesehatan kulitmu.

Aplikasikan Sunblock

Bagi kamu yang punya banyak aktivitas di luar ruangan, wajib banget nih pakai sunblock. Sun screen yang satu ini punya manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan UV. Walaupun kamu sering berada di ruangan yang memiliki udara lebih dingin dan lebih teduh, kamu tetap harus mengaplikasikan sunblock agar kulitmu tidak mudah terbakar. Pastikan memilih sunblock minimal SPF 15 untuk melindungi kulit, ya.

BACA JUGA:  Daftar lengkap pantangan saat Imlek dan penjelasannya

Aplikasikan Foundation/Alas Bedak

Dilansir dar Dream.Co.Id, Jika kulit wajah sudah terlindungi dengan sunblock, kini saatnya menutupi kekurangan wajah dengan foundation. Iya benar, foundation digunakan lebih dahulu dari concealer, ya.

Bagi kamu yang memiliki kekurangan wajah seperti flek hitam atau tone warna kulit yang tidak merata pasti nggak PeDe banget. Nah, tutupin aja dengan foundation yang punya satu tone warna di bawah warna kulit asli. Aplikasikan menggunakan kuas makeup atau sponge makeup secara merata. Hal ini penting untuk memberikan tampilan makeup yang natural.

Pakai Concealer untuk membuat tone wajahmu merata

Selanjutnya adalah concealer! Kebanyakan dari kamu pasti bingung banget antara foundation dan concealer. Keduanya berfungsi sama untuk menutupi kekurangan wajah, tapi concealer ini tidak diaplikasikan ke seluruh wajah. Hanya bagian tertentu saja, seperti menutupi mata panda yang kurang tersamarkan jika hanya pakai foundation. Oleskan secukupnya saja di bagian bawah mata secara merata, ya! Untuk concealer, sebaiknya kamu menggunakan tone warna yang setingkat diatas warna kulitmu.

Menggunakan Bedak

Jika foundation dan concealer sudah kering, kini saatnya memulaskan bedak. Tepuk-tepuk spons bedak secara perlahan pada wajah hingga merata. Nah, dalam pemilihan bedak, pastikan sesuai dengan jenis kulit dan warna yang sesuai dengan warna kulit asli ya. Biar kamu nggak terlihat seperti sedang memakai topeng.

Make Up Alis

Beberapa cewek memilih untuk menggunakan pensil alis untuk memperjelas bentuk alisnya. Namun, banyak juga yang hanya menyisir alis dan membiarkannya tampil natural. Semua terserah denganmu ya. Jika ingin sedikit memberikan warna, bisa kok ambil sedikit eyeshadow warna natural dan aplikasikan pada alis.

Make Up Mata

BACA JUGA:  Jilboobs, jilbab gaul atau jilbab funky menurut agama Islam dan sosiolog

Hal pertama yang dilakukan adalah gunakan eyeshadow untuk mempercantik kelopak mata. Kamu bisa memberikan beberapa warna gradasi mulai dari yang paling soft ke yang paling dark untuk tampilan yang natural. Selanjutnya, gunakan eyeliner yang berfungsi mempertegas garis mata. Lalu, bikin bulu mata semakin lentik dengan mengaplikasikan maskara.

Menggunakan Blush On

Blush on memang tidak wajib, namun dengan menggunakan blush on, tampilan wajah bisa semakin fresh. Cara menggunakannya, kerutkan mulut seperti pose duck face. Tarik garis lurus pada tulang pipi untuk memberikan shade yang natural. Kamu bisa memilih warna pink atau brown yang natural. Penggunaan blush on ini juga bisa membuat pipi terlihat lebih tirus, lho.

Gunakan Lipstik

Terakhir adalah menggunakan lipstik. Ini nih poin yang paling menentukan makeup kamu bakalan sukses atau tidak. Soalnya, lebih dari 80% wanita di dunia merasa lebih menarik dan percaya diri setelah menggunakan lipstik. Bahkan, 90% diantaranya menggunakan lipstik setiap hari. Jadi, penting banget untuk memilih lipstik yang berkualitas, sehingga kecantikanmu akan selalau terjaga sepanjang hari.

Mulai gatal untuk latihan make up, bukan? Oke, segera mulai latihannya dan bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Segera Hentikan Pertengkaran Suami Istri dengan 9 Kalimat Sakti Ini!

Segera Hentikan Pertengkaran Suami Istri dengan 9 Kalimat Sakti Ini!

Wajah Bening Bak Artis Korea Bisa Kamu Dapatkan Dengan Sangat Mudah, Lho!