in

Buat Ruang Keluarga Nyaman Dengan Tips Ampuh Ini

Membuat ruang keluarga senyaman mungkin merupakan hal yang mudah sekaligus sulit. Meskipun begitu, menata ruang keluarga merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena di tempat inilah kamu akan menghabiskan waktu yang banyak bersama dengan keluarga. Untuk membantumu memaksimalkan potensi ruanganmu, yuk disimak cara-caranya, dilansir dari Dekoruma.com.

1. Menyesuaikan ukuran TV

Bagaimana rasanya jika kamu memiliki desain ruang TV yang luas namun hanya dilengkapi TV berukuran kecil, atau sebaliknya? Nggak cuma membuat ruang menjadi kurang proporsional, tapi hal ini juga akan mempengaruhi tingkat kenyamanan dari aktivitas di ruang TV tersebut.

2. Membandingkan jarak TV dan jarak pandang

Faktor yang perlu diperhatikan dalam menata desain ruang TV selanjutnya adalah jarak pandang alias jarak dari TV dan juga sofa tempat duduk. Tentu jarak yang terlalu jauh tidaklah nyaman, sedangkan jarak yang terlalu dekat akan membuat mata menjadi cepat lelah.

3. Menentukan ketinggian peletakan TV

Selain jarak pandang, ketinggian TV yang nggak pas juga akan membuat desain ruang TV menjadi nggak nyaman. Umumnya ketinggian peletakan TV pada ruang TV berkisar pada 100-110 cm dari lantai. Namun, hal ini juga perlu disesuaikan dengan tinggi dari anggota keluarga, ketinggian sofa yang digunakan dan lebar dari TV yang digunakan.

Jika ukuran TV relatif besar, maka ketinggian ini bisa dikurangi hingga 70 cm saja. Untuk menguji coba apakah ketinggian TV sudah pas, cobalah menonton dengan ketinggian tertentu dan dapatkan ketinggian dimana kamu dan keluarga bisa menonton dengan posisi santai dan pandangan lurus (tidak menunduk atau mendongak). Memakai meja TV juga bisa membantu.

4. Memastikan lebar desain ruang TV dan penataan sofa

Ukuran TV yang kamu gunakan juga mempengaruhi lebar ruangan atau panjang dari penataan sofa. TV yang terlalu kecil akan membuat orang yang duduk pada bagian ujung sofa kurang nyaman pada saat menonton. Jadi, sesuaikan ukuran TV dengan penataan sofamu agar setiap orang dapat menikmati ruang TV yang nyaman.

BACA JUGA:  40 Gambar, desain dan ide agar kamar tidur kecil terkesan longgar

Solusi untuk ruang yang lebar atau penataan sofa yang terlalu panjang agar menonton TV tetap nyaman adalah menggunakan teknologi curved TVpada desain ruang TV rumahmu. Teknologi curved TV akan membantu setiap posisi sudut pandang mampu mendapatkan gambar yang baik sehingga menonton TV menjadi lebih nyaman.

5. Memperhatikan detail instalasi elektrikal

Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam desain ruang TV adalah instalasi elektrikal pada desain ruang TV tersebut. Apalagi jika desain ruang TV-mu dilengkapi dengan berbagai perangkat seperti home theateraudio system, atau perangkat elektronik gaming.

Pastikan kamu menyediakan saklar yang cukup dan berada diposisi yang pas dan tak mengganggu. Biasanya posisi saklar ini berada di bawah pada dinding bagian belakang TV. Bila perlu, siapkan sebuah lemari atau meja nakas (side table) untuk melindungi dan menutupi berbagai saklar tersebut agar kabel-kabel tidak berserakan pada desain ruang TV.

Nggak cuma akan merusak secara visual, kabel yang berantakan pada desain ruang TV juga beresiko menyebabkan korslet atau menganggu lalu lintas di dalam ruang TV tersebut.

6. Melihat arah datang cahaya

Sumber cahaya pada desain ruang TV bisa datang dari dua sumber, yaitu pencahayaan alami dari bukaan seperti jendela ataupun pintu dan pencahayaan buatan dari lampu. Untuk pencahayaan alami, perhatikan sumber datangnya cahaya terhadap posisi TV.

Posisi sumber cahaya yang paling baik pada desain ruang TV adalah datang dari sisi kanan atau kiri dari TV. Posisi TV yang membelakangi sumber cahaya akan membuat gambar dari TV terasa tidak terlalu terang karena membelakangi cahaya. Sedangkan sumber cahaya yang datang tepat dari depan TV akan membuat layar TV menjadi silau.

BACA JUGA:  Mantab benar, desain arsitektur rumah di tepi sungai ala Ypenburg III

7. Menggunakan material dan dekorasi pelengkap yang mampu meredam suara

Berbeda dengan ruang lainnya, desain ruang TV memiliki fungsi audio yang tentu membutuhkan perlakuan desain yang berbeda agar suara yang dihasilkan saat kamu menonton lebih jernih dan nyaman di pendengaran.

Untuk itu pastikan, kamu menggunakan material-material yang memiliki permukaan lembut dan mampu meredam suara. Kurangnya keberadaan material interior yang mampu meredam suara pada desain ruang TV akan membuat audio terpantul dan menghasilkan gema yang tentu nggak akan membuat kegiatan nonton TV bersama keluarga menjadi nyaman.

Bagaimana nih, sudah mulai mencoba salah satu? Bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Yuk, Hemat Pengeluaran Dengan Daur Ulang Barang-Barang Ini.

Tips Dan Trik Membuat Ruang Tamu Lebih Nyaman Ini Menarik Untuk Dicoba, Lho!

Tip Jalani Proses Kehamilan dengan Bahagia dan Sehat

Tip Jalani Proses Kehamilan dengan Bahagia dan Sehat