Mau Tahu Penyebab Rambut Rontok? Ternyata Karena Kebiasaan Kita Juga!

Ketahui dulu apa saja penyebab rambut rontok!

Bagi perempuan, rambut bukan hanya sekumpulan serat yang berada pada area kepala. Rambut adalah sebuah identitas, sekaligus merupakan cara seorang perempuan mengekspresikan dirinya. Makanya kalau sampai rontok, wah, harus segera dicari deh penyebab rambut rontok yang kita alami.

Ya, lantaran rambut yang sehat adalah salah satu cerminan dari kecantikan seorang perempuan.

Bayangkan, maunya tampil cantik dengan tatanan rambut kekinian yang cetar membahana, tapi kemudian ternyata helaian rambut kita ini dalam kondisi tak prima dan mulai berjatuhan atau patah satu per satu. Alias rontok.

Pasti mood untuk menata rambut langsung hilang tak berbekas.

Sebenarnya, apa ya yang menjadi penyebab rambut rontok ini? Sepertinya kita juga biasa-biasa saja dengan rambut. Perawatan ya keramas, disisir. Kadang ya pakai dicatok, atau dikeringkan dengan hair dryer. Bukankah semua itu standar, dan semua perempuan juga melakukannya?

Kalau begitu, coba yuk kita lihat apa saja penyebab rambut rontok, agar bisa mencari cara untuk mengatasinya.

 

6 Penyebab rambut rontok yang paling utama

 

Penyebab rambut rontok harus diketahui dulu sebelum bisa diatasi.
Penyebab rambut rontok harus diketahui dulu sebelum bisa diatasi. Image via Ask Me Health Tips.

1. Rambut kekurangan nutrisi

Tak hanya perut, ternyata rambut kita juga membutuhkan asupan makanan dan nutrisi dari dalam tubuh lo, sehingga bisa tumbuh menjadi rambut yang indah, sehat, tebal dan berkilau.

Nah, masalahnya, perempuan memang akrab dengan yang namanya diet. Dan, terkadang diet terlalu ketat juga bisa membuat kita lupa untuk juga mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mampu menstimulasi pembentukan dan perbaikan jaringan rambut, menjaga kesehatan rambut dan mengurangi kerontokannya.

Makanan-makanan tersebut adalah kacang-kacangan, telur, daging sapi, tiram, sayuran hijau, buah-buahan, hingga ikan yang mengandung Omega 3.

Nah, sekarang coba dicek lagi deh menu diet sehari-harinya, jangan-jangan kita kekurangan zat-zat yang bergizi untuk rambut tersebut. Makanya, jadi rontok deh.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat: Kenali Dulu Jenis Jerawatnya Baru Tangani

 

2. Konsumsi obat-obatan

Beberapa obat dan suplemen memang dilaporkan dapat menjadi penyebab rambut rontok, antara lain obat untuk mengatasi asam urat, obat antihipertensi, pil kontrasepsi, ataupun obat antikolesterol.

Nah, jika kita merupakan penderita yang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu di atas, maka ya wajar jika kita mengalami kerontokan rambut.

 

3. Ketidakseimbangan hormon

Defisiensi ataupun kelebihan hormon tiroid, ketidakseimbangan hormon estrogen dan progresteron saat kehamilan atau pasca melahirkan, masa menyusui, dan masa-masa pre menopause, ternyata juga bisa jadi salah satu penyebab rambut rontok.

 

4. Alergi

Beberapa orang memang bisa mengalami alergi atau terlalu sensitif terhadap bahan pewarna rambut sehingga pada akhirnya hal ini menjadi penyebab rambut rontok. Tak hanya pewarna, tapi juga obat pelurus, smoothing, juga pengeriting.

Ini memang mesti diperhatikan ya–terutama kalau kita ingin menata rambut–bahwa kandungan zat kimia yang terdapat di dalam pewarna, pelurus maupun pengeriting rambut bisa membuat rambut jadi lebih rapuh, sehingga akhirnya mudah patah.

 

5. Faktor genetik

Jika problema rambut rontok dan mudah patah adalah suatu hal yang dirasakan juga oleh anggota keluarga lain secara turun temurun, maka mungkin hal ini bersifat keturunan.

Segera konsultasikan dengan dokter kulit agar kerontokan dapat dicegah dan dikurangi sebelum terjadi kebotakan.

 

6. Faktor psikologis

Tanpa disadari, kondisi stres, depresi kurang tidur dan permasalahan psikis lainnya bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok yang parah.

Ada baiknya untuk mencoba aktivitas yang menenangkan seperti yoga ataupun spa untuk menyingkirkan kekhawatiran berlebih yang bisa merusak mahkota kita itu.

 

Selain beberapa penyebab rambut rontok di atas, ternyata kadang kebiasaan-kebiasaan kita jugalah yang menyebabkan rambut menjadi mudah patah dan rontok. Kebiasaan apa saja? Mari kita lihat.

BACA JUGA:  Ini dia jenis kosmetik yang tepat untuk tipe wajahmu, jangan sampai salah!

1. Meluruskan rambut

Jangan mungkiri jika kita masih tak bisa kalau tak pakai straightening iron andalan untuk menata rambut frizzy agar terlihat lebih lurus. Kebiasaan ini ternyata bisa memperparah kerontokan rambut yang kita alami.

Tapi jika kita sudah terlanjur rutin meluruskannya dengan teknik smoothing, maka gunakan kondisioner rambut yang bisa mengembalikan kekuatan rambut hingga pada level strukturalnya.

 

2. Jarang menyikat rambut

Menyikat rambut? Buat apa? Rambut kita kan sudah rapi kok tanpa disisir?

Ah, yang benar? Padahal jika kita lebih rajin lagi dalam menyisir rambut apalagi dengan menggunakan bristle brush, hal tersebut bisa menstimulasi produksi sebum alami dan memperkuat batang rambut dari akarnya lo.

 

3. Menata saat masih basah

Kebiasaan ini juga sering kita lakukan kan, apalagi kalau lagi terburu-buru? Kita sering menata rambut dengan hot tools dalam kondisi rambut masih sangat basah.

Sebaiknya, tinggalkan kebiasaan buruk tersebut sekarang juga deh! Kebiasaan ini bisa merusak folikel rambut, memicu rambut jadi lebih mudah patah, bahkan bisa membuat rambut kita terbakar lo. Duh!

 

4. Mengeringkan terlalu keras

Mengeringkan rambut terlalu keras juga bisa merusak kutikula rambut sehingga kelembapan alaminya akan terkikis sedikit demi sedikit.

Hal ini akan mengakibatkan tekstur rambut menjadi terasa lebih kering, kasar dan mudah patah.

 

5. Keseringan diikat

Ya, gaya ponytail memang paling praktislah buat kita ya? Apalagi di hari-hari gerah atau untuk kita yang sibuk tak sempat menata rambut ini itu.

Tapi bukan berarti juga kita bisa menata rambut dengan gaya tersebut tiap hari. Apalagi jika mengikatnya terlalu kencang, plus diikat dengan karet gelang pula! Waduh!

BACA JUGA:  Ini dia beberapa produk makeup halal yang perlu kamu ketahui

Itulah salah satu kebiasaan yang bisa menjadi penyebab rambut rontok dan mudah patah. Yuk, hentikan kebiasaan ini. Sekali waktu, biarkanlah rambut digerai dan bernapas dengan bebas. Kalaupun diikat, pastikan pengikatnya dari bahan yang lembut dan tidak terlalu kencang.

 

6. Lupa tak mengaplikasikan kondisioner

Mengabaikan aplikasi kondisioner karena takut rambut terasa lepek ternyata bisa membuat batang rambut jadi lebih rapuh dan tidak mendapatkan nutrisi terbaik.

Padahal kondisioner bisa banget membuat rambut lebih kuat dan terlindungi, karena nutrisi-nutrisi yang ada di dalamnya. Jadi, jangan pernah tinggalkan kondisioner setiap kali sehabis keramas ya.

 

Nah, itu dia beberapa penyebab rambut rontok yang mesti diketahui. Kalau sudah tahu, tentunya akan lebih mudah ya bagi kita untuk mencari cara mengatasi rambut rontok.

About Carolina Ratri 99 Articles
Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan