Daftar Lengkap Perlengkapan Ibu Melahirkan yang Jangan Sampai Lupa Dibawa Saat Bersalin

Perlengkapan ibu melahirkan ini jangan terlupakan!

Hari-hari menjelang persalinan tiba itu memang menjadi momen yang paling mendebarkan bagi setiap calon ibu ya? Terutama kalau yang dijalani sekarang merupakan kehamilan pertama. Wah, pastinya deg-degan ya. Untuk menyambut si buah hati, pasti calon ibu sudah mempersiapkan segalanya; mulai dari nama, perlengkapan bayi, sampai belanja semua keperluan. Tapi, kadang malah jadi lupa dengan perlengkapan ibu melahirkan yang juga harus disiapkan.

Nah, makanya sekarang, kita coba lihat, persiapan untuk si calon ibu sendiri ya, supaya jangan sampai ada yang lupa. Saking senangnya dan tak sabar menimang si bayi, persiapan sendiri dilupakan. Nanti malah berefek ke kerepotan kita sendiri lo, dan akhirnya memengaruhi si bayi juga.

Yang perlu dipersiapkan pertama kali memang persiapan mental yang kuat bagi si calon ibu. Baru kemudian siapkan barang-barang kebutuhan si kecil, mulai dari baju-bajunya, perlengkapan mandi, kosmetiknya, dan lain-lain. Untuk keperluan bayi ini, kita bisa mulai mempersiapkannya kira-kira 2-3 bulan sebelum HPL tiba.

Terus, sekarang jangan lupa dengan persiapan si calon ibu, terutama perlengkapan ibu melahirkan yang harus dibawa ke bidan, rumah bersalin, ataupun rumah sakit. Pastikan semuanya dipacking dengan rapi dan teliti, satukan dalam tas yang sekalian disiapkan. Jadi ketika waktunya tiba, kita bisa langsung tenteng saja. Jangan sampai ada yang tertinggal.

Berikut adalah daftar perlengkapan ibu melahirkan yang harus disiapkan dalam satu tas, supaya tak ada yang tertinggal

 

Perlengkapan ibu melahirkan yang harus disiapkan dalam satu tas khusus
Perlengkapan ibu melahirkan yang harus disiapkan dalam satu tas khusus. Image via What Katy Said.

1. Baju bayi

Baju bayi adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus disiapkan dalam satu tas untuk dibawa ke rumah sakit atau rumah bersalin. Tak perlu terlalu banyak, cukup beberapa setel saja. Pilihlah baju bayi dengan kancing di depan, agar tak sulit saat memakaikannya pada bayi.

BACA JUGA:  Benarkah Persalinan Normal Itu Sangat Menyakitkan? Cari Tahu, Yuk!

Selain baju bayi, perlengkapan bayi lain yang juga harus disiapkan adalah kain gedong, selimut, kaus kaki, dan popok, sebaiknya sediakan popok sekali pakai saja supaya tidak repot. Seandainya di rumah hendak dipakaikan popok kain, tak masalah nanti.

 

2. Pakaian ibu menyusui

Setelah melahirkan, ada kemungkinan kita akan perlu untuk menginap beberapa hari di rumah sakit atau bersalin demi pemulihan, mungkin 2-3 hari untuk yang melahirkan vaginal, dan akan sedikit lebih lama untuk yang harus menjalani operasi caesar. Untuk itu, perlu juga membawa baju ganti.

Utamakan untuk membawa pakaian khusus ibu menyusui, yakni kemeja atau daster dengan kancing di bagian depan. Jangan lupa perlengkapan ibu melahirkan yang lain, seperti pakaian dalam, sarung, jilbab instan bagi yang berjilbab. Ada beberapa rumah sakit tidak menyarankan pemakaian gurita, maka tak perlu dibawa jika memang demikian. Tapi bila rumah sakit mengizinkan, boleh juga sekalian dipersiapkan.

Jangan lupa untuk menyiapkan juga bra khusus ibu menyusui, lantaran ukuran payudara cenderung membesar setelah melahirkan.

 

3. Breast Pad

Siapkan juga breast pad, yaitu semacam bantalan yang berfungsi untuk menyerap ASI yang merembes keluar, supaya tak sampai membasahi baju luar. Kadang ibu yang baru saja melahirkan juga tidak langsung bisa mengeluarkan ASI, tapi tak ada salahnya dipersiapkan.

Ada beberapa rumah sakit yang biasanya sudah menyediakan breast pad bagi ibu melahirkan.

 

4. Perlengkapan mandi

Meski mungkin masih belum bisa mandi, terutama yang harus menjalani kelahiran dengan operasi caesar, tapi kita tetap harus gosok gigi. Atau mungkin, sudah disediakan juga di rumah sakit. Namun, kalau mau membawa sendiri tentu akan lebih baik.

BACA JUGA:  5 Kondisi di Masa Nifas yang Tak Mengenakkan Ini Tak Pernah Dijelaskan oleh Dokter Mana Pun

Selama dalam masa pemulihan, mintalah tolong pada suami atau perawat jika akan mandi ya?

 

5. Perlengkapan Makeup

Supaya tak terlihat terlalu berantakan atau kuyu saat dijenguk, ada baiknya kita juga membawa sedikit alat makeup seadanya dalam tas perlengkapan ibu melahirkan yang akan dibawa.

Tak perlu membawa makeup kit yang terlalu lengkap dan banyak, cukup yang paling penting saja. Misalnya sisir rambut, bedak padat, dan lip gloss saja sudah cukup.

Dengan demikian, saat menerima tamu kita tak terlalu terlihat pucat kan?

 

6. Pembalut Bersalin

Nah, yang ini kadang terlupakan nih, sehingga membuat bingung saat di rumah sakit atau rumah bersalin.

Bawalah maternity pad, atau pembalut khusus untuk ibu melahirkan. Penting! Bentuknya berbeda dengan pembalut wanita yang sering digunakan saat menstruasi itu ya, lantaran pembalut ini lebih tebal dan panjang, karena digunakan untuk menampung darah nifas yang juga lebih banyak.

Keluarnya darah nifas ini juga tak cuma sehari dua hari saja, tapi bisa berminggu-minggu. Jadi persiapkan pembalut khusus ini agak banyak.

 

Selain keenam perlengkapan ibu melahirkan yang harus dibawa di atas, jangan lupa juga untuk membawa alat komunikasi ya, seperti smartphone dan juga chargernya. Boleh juga jika ingin mempersiapkan camilan sehat sekalian, karena kita akan membutuhkan banyak energi saat hendak melahirkan maupun setelahnya demi pemulihan.

Nah, sudah siap semua? Semoga persalinannya lancar ya!

About Carolina Ratri 99 Articles
Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan