100 Cara Merawat Rambut Superlengkap - Semakin Banyak yang Dilakukan Semakin Indah Rambut
in

100 Cara Merawat Rambut Superlengkap – Semakin Banyak yang Dilakukan Semakin Indah Rambut

Banyak artikel cara merawat rambut bisa ditemukan. Tapi, yang superlengkap? Ya, cuma di artikel ini. Selain cara merawat rambut rutin, di sini juga ada tip perawatan rambut untuk mendapatkan volume lebih, kilau super, plus ujung rambut yang sehat!

 

100 Cara merawat rambut superlengkap

Cara merawat rambut agar selalu bersih

Cara merawat rambut: keramas rutin.
Cara merawat rambut: keramas rutin. Image via BW Businessworld.

1. Ketahui tipe rambut kita. Cocokkan semua produk perawatan dengan tipe rambut kita supaya produk tersebut dapat bekerja secara efektif dan maksimal hasilnya.
2. Takaran sampo sebesar koin sebenarnya sudah cukup untuk keramas, bahkan untuk rambut panjang yang mengembang. Jadi, tak perlu berlebihan dalam memakai sampo.
3. Hindari produk berbahan silikon ya. Karena akan menutupi kerusakan rambut alih-alih memperbaikinya. Pilih juga yang bebas paraben.
4. Sebelum dikeramas, sisir rambut lebih dulu. Selain meluruhkan penataan rambut yang dilakukan sebelumnya, dengan disisir lebih dulu juga bisa meminimalkan problem rambut kusut.
5. Tidak perlu menambahkan sampo pada ujung rambut. Busa sampo di kulit kepala tetap akan dapat terdistribusi hingga ke bawah.
6. Sesudah keramas, hindari menggosokkan handuk pada batang rambut. Hal ini bisa memicu ujung rambut menjadi bercabang lo. Cukuplah ditepuk-tepuk saja perlahan.
7. Gunakan air hangat untuk membilas rambut dan hindari air panas. Lebih baik lagi, pilih air dingin yang mampu memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala.

Cara merawat rambut agar selalu sehat

Cara merawat rambut superlengkap: rawat di salon secara berkala.
Cara merawat rambut superlengkap: rawat di salon secara berkala. Image via Mastani Hair Care

8. Teh mint mampu bantu mengatasi rambut lepek! Mengoleskan teh dingin di kulit kepala mampu mengecilkan pori yang memproduksi sebum berlebihan.
9. Ramuan untuk rambut kusam yang paling efektif adalah yang terbuat dari daun sage. Rebus sejumput daun sage dengan setengah liter air, biarkan dingin, dan bilaskan ke seluruh rambut.
10. Gunakan serum perawatan sebelum mencuci rambut. Dan nikmati rambut superhalus setelahnya.
11. Aplikasikan kondisioner hanya di ujung rambut. Area ini butuh perhatian khusus, karena jauh dari akar rambut yang menjadi sumber nutrisi.
12. Sampo dengan kandungan citrus adalah yang paling baik untuk rambut berminyak. Atau tambahkan saja air lemon dalam sampo yang kita pakai.
13. Produksi sebum di kulit kepala akan aktif pada malam hari. Itu sebabnya, waktu keramas paling baik adalah pagi hari.
14. Tak ada yang lebih baik dari bedak bayi untuk akar rambut yang lepek! Bubuhkan pada kulit kepala sembari dipijat, dan bedak akan menyerap sebum dengan cepat.
15. Gunakan sampo bayi untuk rambut tipis. Lebih ringan dan tidak akan memberatkan rambut.
16. Campurkan 1 buah avokad, 1 pisang, 3 sdm minyak zaitun, dan 5 sdm plain yoghurt untuk masker rambut antikusam.
17. Aplikasikan hair oil pada rambut lembap, lalu segera keringkan dengan hairdryer. Produk ini mampu membuat helaian rambut menjadi sangat lembut.
18. Cara cepat memperbaiki rambut bercabang: aplikasikan beberapa tetes minyak kelapa ke ujung-ujung rambut.
19. Produk penataan rambut sulit dihilangkan. Untuk mengatasinya, gunakan sampo deep-cleaning setiap 2 minggu sekali.
20. Minyak zaitun bisa membantu mengatasi masalah ketombe yang membandel. Caranya, aplikasikan 2 sdt minyak zaitun pada kulit kepala, kemudian dipijat perlahan selama 2 menit.
21. 2 menit adalah waktu yang diperlukan oleh sampo untuk meresap ke dalam helaian rambut, dan kemudian baru bisa dibilas busanya.
22. Apabila helaian rambut kering hingga ujung, maka perlu untuk rajin memijat kulit kepala untuk picu sirkulasi peredaran darah.

Trik penataan rambut

 

Cara merawat rambut superlengkap: sisir dengan sisir sikat. Image via infokids.com.cy
BACA JUGA:  Cara Merawat Rambut Saat Musim Hujan

23. Sebaiknya tinggalkan produk penataan dan perawatan yang mengandung alkohol! Produk jenis ini bisa menghilangkan kelembapan alami rambut dan membuat rambut semakin kering.
24. Sisirlah rambut dengan sisir yang berbentuk sikat, karena bisa membantu untuk mengurai kusut pada rambut basah. Tapi tetap harus pelan-pelan ya, agar helaiannya tak mudah patah.
25. Mau menjinakkan anak rambut yang mengganggu? Gunakan gel ke telapak tangan, kemudian sisirkan ke rambut.
26. Selalu ikuti saran ini. Setiap kali menata rambut dengan hair dryer atau catok rambut dan sejenisnya, sebaiknya lakukan trim rambut setiap 6 minggu sekali.
27. Apabila menggunakan krim pelembap wajah untuk rambut keriting, tampilannya jadi akan semakin rapi dan tidak kusut lo.
28. Aplikasikan foam pengeriting pada rambut yang sedikit lembap, gelung dengan bentuk cepol, lalu biarkan semalaman. Paginya, gelombang cantik bisa didapatkan dengan mudah!
29. Jepit berbahan metal bisa membuat rambut kusut. Sebaiknya gunakan jepit yang sekali pakai saja.
30. Trik untuk anak rambut yang suka berdiri dan tak rapi, semprotkan hairspray pada sikat gigi kemudian sikatkan ke rambut perlahan.
31. Jangan mengikat rambut terlalu ketat, karena bisa menyebabkan batang rambut mudah patah.
32. Untuk gelombang acak yang seksi; campurkan styling cream dengan bedak rambut, lalu pijatkan ke helaian rambut dengan jari.
33. Harus buru-buru meluruskan rambut? Cukup catok saja bagian luar. Bagian dalamnya akan tertutupi kok.
34. Agar rambut tetap sehat, sebaiknya jangan gunakan catokan rambut lebih dari 2 kali dalam seminggu. Apabila terpaksa, pastikan untuk selalu menggunakan heat protector untuk melindungi helaian rambut dari panasnya catokan.
35. Jangan pernah mencatok atau mengeriting rambut yang masih basah ya. Uap air yang dihasilkan akan merusak struktur rambut! Keringkan dengan hair dryer dulu.
36. Semua alat penataan rambut, baik alat catok, curling iron, hinggar sisir, sebaiknya dilapisi bahan keramik agar tetap aman untuk rambut. Bahan ini juga mampu menangkap panas sehingga mempermudah penataan rambut.

Trik pewarnaan rambut

 

Cara merawat rambut yang diwarnai
Cara merawat rambut yang diwarnai. Image via Abbott CG210

37. Kondisioner khusus rambut diwarnai mampu melindungi warna supaya tak mudah luntur. Gunakan setiap kali keramas.
38. Hindari mencuci rambut satu hari sebelum mewarnai rambut! Lapisan sebum alami yang terbentuk akan melindungi kulit kepala dari reaksi alergi akibat proses pewarnaan. Kalau dicuci dulu, sebumnya akan hilang.
39. Penggunaan hair oil sebaiknya dihentikan dulu 1 minggu sebelum pewarnaan, karena bisa membuat rambut kurang maksimal dalam penyerapan warna.
40. Rambut berwarna ombre cerah? Jaga warnanya dengan tidak terlalu sering keramas. Akar berminyak? Dry shampoo-in aja.
41. Untuk highlight sehat: bilas rambut dengan teh camomile dingin.
42. Pewarnaan bisa membuat rambut kering. Jadi, sebaiknya aplikasikan produk perawatan khusus rambut diwarnai setiap 3 kali keramas.
43. Untuk warna rambut lebih terang: seminggu sekali, coba campurkan 4 sdm cuka dengan ½ liter air. Aplikasikan pada batang rambut dan biarkan selama 5 menit.
44. Salah mewarna rambut? Coba produk eksfoliasi rambut yang akan meresap ke seluruh batang rambut.
45. Setelah mewarna rambut, tunggu paling tidak 2 hari sebelum keramas. Agar pigmen warnanya terserap lebih sempurna.

Perlindungan terhadap rambut yang lebih baik

 

Cara merawat rambut superlengkap: jangan gunakan suhu yang paling panas saat memakai hair dryer.
Cara merawat rambut superlengkap: jangan gunakan suhu yang paling panas saat memakai hair dryer. Image via Dermstore

46. Keramas atau setidaknya basahi rambut sebelum masuk ke kolam renang. Hal ini akan menghalangi kaporit meresap ke rambut.
47. Aturan pantai: bilas air asin dari rambut. Karena partikel yang mengkristal bagaikan kaca supermini yang akan merusak rambut.
48. Ujung-ujung rambut yang sering tergesek pakaian bisa mudah bercabang. Maka sesekali cepol atau ikat kuncir kuda rambut.
49. Apabila harus beraktivitas di bawah sinar matahari, pakailah topi. Topi akan dapat melindungi rambut dari kekeringan.
50. Agar helaian rambut tetap kuat dan terasa lembut: oleskan masker rambut dan biarkan semalaman.
51. Apabila tipe rambutnya adalah mudah bercabang, semprotkan pelindung panas sebelum blowdry atau sebelum beraktivitas di bawah matahari. Lalu aplikasikan pelembap pada ujung rambut setelah aktivitas di luar ruangan.
52. Sarung bantal satin akan melindungi ujung rambut! Selain itu terasa lebih halus dan tidak merusak rambut.
53. Agar kelembapan dapat terserap lebih maksimal, aplikasikan produk perawatan rambut sebelum mencuci rambut.
54. Tepuk-tepuk rambut dengan kaus katun setelah berenang. Bahan ini lebih lembut dari handuk dan dapat mencegah rambut pecah.
55. Rambut berdiri? Itu adalah tanda-tanda rambut rusak! Gunakan produk anti-frizz pada rambut basah, lalu biarkan kering secara alami.
56. Cara tidur cantik: hindari tidur saat rambut masih basah. Rambut yang basah akan lebih mudah mengalami kerusakan.
57. Gunakan kondisioner pada rambut sebelum berenang ke pantai. Cara ini bisa membantu mencegah air asin menempel pada helaian rambut.
58. Tak punya produk untuk melindungi rambut dari panas? Untuk sementara, kita bisa menggunakan styling mousse. Produk tersebut juga mampu membuat lapisan proteksi yang mirip dengan pelindung panas.
59. Minum 1 sendok makan minyak zaitun setiap hari untuk kuatkan struktur rambut dari dalam.
60. Hindari blow dry melawan arah tumbuh rambut, karena bisa membuat struktur rambut menjadi kasar.
61. Produk penataan rambut akan teraktivasi berkat panas dari hair dryer atau alat catok. Hasilnya, tatanan rambut pun dapat bertahan lebih lama.
62. Selalu keringkan rambut dengan pilihan suhu sedang, agar tak mudah merusak batang rambut. Jaga jarak hair dryer, minimal 20 – 30 cm dari rambut.
63. Cara paling lembut untuk rambut: selalu gerak-gerakkan hair dryer selama pemakaian.
64. Biarkan rambut mengering alami selama 15 menit sebelum dikeringkan dengan hair dryer, agar rambut terhindar dari masalah kerusakan.
65. Pilih suhu panas paling rendah untuk mengeringkan rambut halus dan tipis, untuk menghindari rambut mudah kusut dan patah.
66. Sebaiknya gunakan diffuser yang akan mendistribusikan udara untuk mencegah kerusakan akibat panas.
Kilau
67. Campurkan 2 sdt air lemon, 3 sdm minyak kedelai, 4 sdm krim, dan biarkan kurang lebih selama 10 menit di rambut sebelum membilasnya.
68. Setelah keramas, bilas rambut dengan air dingin. Ini akan menutup lapisan keratin yang membuat rambut tampak lebih berkilau.
69. Ingin segera punya rambut yang berkilau? Pakailah sampo yang mengandung oil.
70. Untuk hasil yang lebih efektif dan tahan lama, lakukan perawatan rambut dengan treatment khusus di salon paling tidak seminggu sekali.
71. Gunakan ¼ liter bir untuk membilas rambut agar terlihat lebih tebal. Jangan khawatir, aromanya akan segera hilang kok.
72. Asam bisa berbuah manis lo. Kalau tak suka bir, kita bisa mencampurkan 100 ml cuka ke ½ liter air dan bilas rambut dengan campurannya.
73. Dapatkan kilau rambut sehat dengan mengonsumsi buah bervitamin 5 x sehari.
74. Cara lain untuk membuat helaian rambut berkilau: aplikasikan sedikit krim tangan pada helaiannya.
75. Semakin halus, rambut semaki n berkilau. Pakai sisir ionic yang bisa memperhalus struktur rambut.
76. Serum dengan keratin mampu mengisi lubang-lubang mikro pada batang rambut. Efeknya? Makin halus dan berkilau!
77. Pemberi kilau alami: teh hijau. Aplikasikan teh hangat yang diseduh selama 15 menit. Jangan dibilas!
78. Kita bisa memilih alat catok atau hairdryer yang mampu distribusikan ion pelembut dan pemberi kilau. Tetap aman, dan rambut pun berkilau!
79. Gunakan semprotan pemberi kilau yang dapat memperkuat tekstur sekaligus memberi kilau cantik.
80. Air di rumah cukup “keras” dan membuat rambut kaku? Bilas kondisioner dengan air mineral agar rambut tak kusam.
81. Cara cepat mendapatkan kilau rambut: kocok 2 butir telur, gosokkan perlahan ke rambut, biarkan 10 menit dan kilau instan pun jadi milik kita!

BACA JUGA:  Cara Mudah Membuat Sanggul Berbentuk Pita dari Rambut

Cara merawat rambut agar lebih bervolume

Cara merawat rambut agar lebih bervolume
Cara merawat rambut agar lebih bervolume. Image via Cult Beauty.

82. Rambut berminyak adalah musuh besar volume rambut. Untuk mengatasinya, lihat tip no. 12 di atas.
83. Untuk gaya super chic: sasak rambut pada bagian mahkota, lalu semprotkan hairspray.
84. Buat sendiri penambah volume rambut: campur 1 sdm teh gelatin ke sampo. Keramas seperti biasa.
85. Potongan layer bisa memberi volume pada rambut tipis. Yuk, ke salon dan perbaiki gaya rambut kita!
86. Tundukkan kepala saat mengeringkan rambut, lalu balik rambut menutup ke arah muka. Sisir. Hal ini dapat membuat rambut bervolume secara instan.
87. Bedak rambut juga mampu menaikkan akar rambut. Pijatkan perlahan.
88. Root lifter dapat menaikkan akar rambut seketika. Semprotkan pada bagian akar kemudian cukup keringkan dengan hairdryer.
89. Rambut tipis akan terlihat padat ketika ditata bergelombang. Caranya: gulung rambut setengah kering dengan rol rambut, blow dry, dan lepas setelah 20 menit.
90. Sedikit keringat akan membuat rambut jadi bervolume. Dry shampoo saat cuaca panas.
Peralatan
91. Pilih sisir dengan bulu sikat natural dibanding dengan yang plastik, karena akan lebih lembut terhadap helaian rambut.
92. Namun hati-hati. Jangan menggunakan sisir sikat natural ketika rambut masih basah, sikatnya akan rusak! Cukup gunakan sisir plastik bergigi jarang.
93. Apabila menyisir bagian kulit kepala menggunakan sisir sikat natural dengan tekanan yang ringan, maka sirkulasi darah akan terstimulasi lebih. Nutrisi rambut pun bisa terdistribusi merata hingga ke rambut. Hello, rambut sehat!
94. Lakukan gerakan menyisir dari akar hingga ujung. Cara ini mampu mendistribusikan lapisan perlindungan oleh kulit kepala ke seluruh helaian rambut.
95. Solusi mudah jika rambut terjebak di sisir sikat: gunakan sisir sasak atau yang bergigi jarang untuk membersihkannya.
96. Apabila punya sisir plastik, lapisan proteksinya akan rusak dalam 6 bulan, maka gantilah secara berkala.
97. Berapa kali kita perlu menyisir setiap harinya? 10 kali saja cukup! Terlalu sering menyisir justru memicu kulit kepala memproduksi sebum berlebih.
98. Cara mudah bikin efek lurus pada rambut sekaligus membuat tatanannya lebih rapi dalam waktu singkat: cukup semprotkan hairspray pada sisir kemudian sisirkan ke batang rambut. Ini juga bisa mengurangi rambut statis.
99. Hindari menggunakan sisir sikat pada rambut yang cenderung keriting. Cara terbaik mengatur rambut keriting adalah dengan sisir bergigi jarang, Hal ini akan menghindari rambut kusut dan gelombangnya lebih terdefinisi.
100. Bersihkan sisir setiap 2 minggu sekali, cuci dengan sampo lalu bilas.

BACA JUGA:  Ini Dia 7 Tempat untuk Belajar Makeup Sendiri

 

Nah, demikian cara merawat rambut yang superlengkap. Siap untuk melakukan semuanya sekarang? Hello, rambut indah!

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

10 Gangguan dan Hal Penting di Masa Nifas yang Akan Dialami oleh Ibu yang Baru Saja Melahirkan

10 Gangguan dan Hal Penting di Masa Nifas yang Akan Dialami oleh Ibu yang Baru Saja Melahirkan

9 Manfaat ASI yang Jarang Diketahui - Bisa Jadi Obat Juga Lo!

9 Manfaat ASI yang Jarang Diketahui – Bisa Jadi Obat Juga Lo!