Aplikasi Handphone yang Ramah Anak? Banyak, Ini Dia 7 di Antaranya!
in

Aplikasi Handphone yang Ramah Anak? Banyak, Ini Dia 7 di Antaranya!

Memang, perkembangan zaman semakin canggih, alat telekomunikasi pun dirancang dengan sesempurna mungkin sehingga dapat semakin memenuhi kebutuhan masyarakat. Lalu, bagaimana dengan anak-anak? Yah, walaupun tak disarankan bagi anak terlalu banyak memegang gadget, tapi ada kok aplikasi handphone yang ramah anak.

Meski demikian, tetap ya. Sebaiknya orang tua membatasi anak untuk bermain gadget–saran para ahli adalah hanya 2 jam sehari saja untuk usia 6 tahun ke atas–dan orang tua wajib dan harus selalu mendampinginya saat bermain gadget.

 

Nah, berikut beberapa aplikasi handphone ramah anak yang bisa dimainkan oleh anak dengan pendampingan orang tua

1. Ustyme

Aplikasi handphone ramah anak: Ustyme.
Aplikasi handphone ramah anak: Ustyme. Image via YouTube.

Merupakan aplikasi gadget yang dirancang untuk anak usia 3 tahun ke atas. Ini adalah aplikasi video call sebenarnya, hanya saja ada tambahan perpustakaan ebooks dan games yang dirancang untuk latihan membaca dan bermain.

Di dalamnya terdapat dua buku dan satu game untuk belajar anak dan ada beberapa bonus ebook. Jadi aplikasi ini dibuat agar anak-anak betah ber-video call, karena bisa sambil main games atau membaca dengan orang yang terkoneksi di seberang sana. Memang bukunya masih berbahasa Inggris, tapi bagus juga untuk membiasakan anak belajar bahasa kedua kan?

Wah, ini bisa dicoba nih, kalau salah satu orang tua dari anak-anak lagi di luar kota atau mungkin di luar negeri. Bisa jadi satu alternatif untuk menjaga bonding mereka juga.

 

2. Disney Karaoke: Descendants

Aplikasi handphone ramah anak: Disney Karaoke: Descendants.
Aplikasi handphone ramah anak: Disney Karaoke: Descendants. Image via Milled.

Nah, kalau si kecil adalah penonton setia film seri Descendants di channel Disney, aplikasi satu ini pasti akan jadi favoritnya deh.

Aplikasi ini dibuat untuk anak usia 8 tahun ke atas. Mereka bisa berkaraoke dan bernyanyi bareng Mal, Evie, Carlos, dan Jay, para tokoh di film tersebut.

Ajak si kecil menyanyikan 9 lagu yang ada di sini, rekam dengan mode selfie, lalu tambahkan filter. Seru!

 

3. Kindoma Storytime

Aplikasi handphone ramah anak: Kindoma.
Aplikasi handphone ramah anak: Kindoma. Image via Kindoma.

Aplikasi handphone ini dibuat untuk anak usia 4 tahun ke atas. Seperti halnya Ustyme, aplikasi ini dirancang untuk membantu anak-anak berbagi pengalaman membaca dengan orang yang dicintai dari jarak jauh.

Anak-anak bisa latihan membaca dengan orang tua, nenek, kakek, atau orang terdekatnya yang sedang berada di lokasi yang berjauhan seperti di luar kota atau luar negeri. Asyik kan?

 

4. Disney Karaoke: Frozen

Aplikasi handphone ramah anak: Disney Karaoke - Frozen.
Aplikasi handphone ramah anak: Disney Karaoke – Frozen. Image via discchord.

Aplikasi yang dapat menampilkan klip musik dari film Frozen ini memungkinkan anak untuk bisa menyanyikan lagu-lagu Frozen favorit, bersama dengan karakter yang disukainya.

Aplikasi handphone ini dapat merekam suara dengan trek instrumental asli, membuat galeri pertunjukan, dan membagikan rekaman dengan orang lain lo. Pastikan si kecil sudah berusia 5 tahun ke atas ya, untuk bisa memainkan aplikasi ini.

 

5. The Game of Life

Aplikasi handphone ramah anak: The Game of Life
Aplikasi handphone ramah anak: The Game of Life. Image via YouTube.

Aplikasi handphone ini cocok untuk anak usia 8 tahun ke atas, dapat dimainkan multiplayer mode online dengan fitur pertandingan. Fasilitas permainannya cukup banyak, yaitu:

  • Multiplayer Online: dapat dimainkan dengan lawan yang sama-sama online
  • Play Lokal: mainkan hingga tiga teman di satu perangkat
  • Fast Mode: mode permainan yang lebih pendek
  • Minigames: games-games kecil yang bisa dimainkan dengan cepat.
  • Chat: kirim pemain lain dengan emotikon ekspresif selama pertandingan online

Seru nih, kayaknya!

 

6. KidMix The Social Network & Playdate Planner for Kids

Aplikasi handphone ramah anak: KidMix.
Aplikasi handphone ramah anak: KidMix. Image via The Peninsula Qatar.

Aplikasi handphone ini cocok untuk anak usia 8 tahun ke atas, dan ini semacam aplikasi media sosial tapi ramah untuk anak.

Kelebihan aplikasi ini adalah setelah pendaftaran mendetail dengan verifikasi data pribadi, orang tua dapat menggunakan Dasbor Orang tua untuk memantau aktivitas anak-anak mereka selama beraktivitas di aplikasi. Jadi bisa deh mengawasinya langsung.

Fitur utamanya adalah feed berita, yang mirip dengan Facebook. Ada juga konten SmartZone, yang memungkinkan anak untuk dapat memposting foto, mengirim pesan, membuat grup, dan sebagainya, yang tentunya dapat dimonitor langsung oleh orang tua.

 

7. Trivia Crack

Aplikasi handphone ramah anak: Trivia Crack.
Aplikasi handphone ramah anak: Trivia Crack. Image via Learning Liftoff.

Aplikasi handphone ini cocok untuk anak usia 11 tahun ke atas. Bisa untuk mengasah kecerdasan anak dengan cara menjawab pilihan ganda.

Aplikasi ini akan menguji pengetahuan si kecil dalam enam kategori berbeda dengan cara memutar Willy the Wheel, lalu ketemu deh dengan karakter-karakter lucu nan pintar berikut:

  • Tito adalah ahli Geografi dan membagikan pengetahuan kelas dunia pada si kecil.
  • Albert adalah ahli pemecah masalah untuk bidang sains
  • Hector akan memastikan si kecil mengetahui semua peristiwa penting bersejarah yang pernah ada.
  • Bonzo menjaga kebugaran otak si kecil seputar topik olahraga.
  • Tina akan menguji pengetahuan seni si kecil, dari yang klasik, juga tentang budaya, dan bahkan bisa membantu si kecil membuat lukisan yang indah.
  • Pop akan meng-update semua informasi seputar dunia hiburan, dari muai acara TV, video games, film, hingga musik terbaru.

 

Nah, kan. Benar kata bijak nan klise itu, bahwa teknologi bak dua mata pedang. Bisa menjadi berguna banget, pun bisa melukai. Tergantung si pemegangnya, bagaimana ia menggunakannya.

Jika orang tua bisa membiasakan si kecil untuk memanfaatkan teknologi–salah satunya adalah soal penggunaan beberapa aplikasi handphone di atas–dengan bijak sejak dini, percaya deh, ia akan menjadi manusia bertanggung jawab sepenuhnya dalam mempergunakan teknologi untuk mempermudah hidupnya hingga ia besar nanti.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Bicara Perempuan

9 Manfaat ASI yang Jarang Diketahui - Bisa Jadi Obat Juga Lo!

9 Manfaat ASI yang Jarang Diketahui – Bisa Jadi Obat Juga Lo!

Kenali Jenis Narkoba Supaya Kita Bisa Menghindarinya

Kenali Jenis Narkoba Supaya Kita Bisa Menghindarinya