Ini Dia 11 Museum Terbaik dan Terindah di Dunia
in

Ini Dia 11 Museum Terbaik dan Terindah di Dunia

Jika ingin melakukan wisata yang berfaedah, maka salah satu yang bisa kita lakukan adalah berwisata sejarah dengan mengunjungi museum.

Di Indonesia, mungkin ada ratusan museum yang kesemuanya menyimpan koleksi-koleksi berharga. Kalau di dunia? Ya, pastinya lebih banyak lagi!

Sejarah selalu menyertai di mana pun manusia berada, di setiap tempat di bumi ini. Dan semuanya harus dikumpulkan demi pelestarian memori dan objek-objek yang telah berjasa membentuk peradaban manusia.

Jika kita termasuk dari mereka yang sangat menghargai sejarah, maka jangan sampai lewatkan untuk mengunjungi museum ke mana pun kita pergi. Di sana kita bisa belajar dan mengetahui lebih jauh lagi mengenai sejarah dan semua peristiwa yang dialami oleh manusia, hingga seperti apa mereka kini.
Nah, mau tahu museum mana saja yang harus dan wajib kunjung lantaran menjadi museum paling menakjubkan yang ada di dunia?

 

Ini dia 11 museum terindah yang pernah ada di dunia

1. Museum Fatahillah – Indonesia

Museum Fatahillah.
Museum Fatahillah. Image via Wikipedia.

Kita mulai dengan museum di negara sendiri. Museum ini disebut juga dengan Museum Batavia atau Museum Sejarah Jakarta, terletak di Jl. Fatahillah 2, Jakarta Barat, di atas tanah 1.300 meter persegi.

Museum Fatahillah menyimpan berbagai hasil penggalian arkeologi, furnitur antik, keramik, gerabah hingga prasasti, yang mengisahkan jejak sejarah Jakarta,

 

2. Tokyo National Museum – Jepang

Tokyo National Museum.
Tokyo National Museum. Image via Japan Guide.

Tokyo National Museum dibangun tahun 1872, hingga menjadikannya sebagai museum tertua dan terbesar di Jepang. Saking luasnya, museum yang berlokasi di seberan Taman Ueno ini harus dijelajahi selama satu hari penuh, jika ingin melihat seluruh koleksinya secara lengkap.

Koleksinya terdiri atas hasil-hasil karya seni Jepang kuno, dan koleksi besar seni Buddha – Yunani, berbagai artefak dan kesenian khas Jepang dan Asia yang pernah beredar di jalur Sutra, atau Silk Road yang bersejarah itu.

 

3. Museum Nasional Korea – Korea Selatan

National Museum Of Korea.
National Museum Of Korea. Image via Architecture Revived.

Museum Nasional Korea juga merupakan salah satu museum terbesar dan terbaik di dunia, yang dikunjungi oleh 3 juta orang lebih setiap tahunnya.

Koleksinya meliputi benda-benda zaman Paleolithikum, dan benda-benda peninggalan tiga kerajaan besar di Korea–yaitu Silla, Baekje, dan Goguryeo. Tak hanya koleksinya luar biasa, kunjungi juga 2 pagoda besar yang ada di halamannya, yaitu Pagoda¬†Jingnyeongdaesa Bowol Neunggong dari Kuil Bongni dan Pagoda Yeomgeo hwasang.

 

4. Museum Hermitage – Rusia

Museum Hermitage.
Museum Hermitage. Image via Wikipedia.

Museum Hermitage, yang terletak di St. Petersburgh ini dan terdiri atas 6 bangunan ini, merupakan museum seni budaya terbesar, dengan koleksi benda-benda bersejarah dari seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 3 juta item.

Didirikan oleh Catharine the Great, museum ini menyimpan karya-karya Leonardo Da Vinci, Rembrandt, Reubens, dan seniman dunia lainnya, yang berupa patung, lukisan, dan seni terapan lain yang berusia 8 abad lebih.

 

5. Galeri Nasional London – Inggris

London National Gallery.
London National Gallery. Image via Visit London.

Galeri Nasional London merupakan rumah bagi 2.300 lukisan hasil karya para seniman dunia, yang dibuat mulai dari pertengahan abad ke-13 hingga pertengahan abad ke-20.

Lukisan-lukisan yang disimpan di galeri yang terletak di Trafalgar Square, London, Inggris, ini sebagian besar merupakan sumbangan pribadi dan hasil pembelian terhadap koleksi seni John Julius Angerstein, seorang bankir sekaligus kolektor seni yang hidup di abad ke-19.

 

6. Museum Vatikan – Italia

Vatican Museum
Vatican Museum. Image via MyLittleAdventure.

Museum Vatikan sangat khas dengan anak tangga spiral dan lukisan Michaelangelo di langit-langitnya, hingga tak perlu heran lagi kalau diberi predikat sebagai museum terindah di dunia.

Di museum yang didirikan oleh Paus Julius II di abad ke-16 ini tersimpan lukisan-lukisan para maestro seni dunia, mulai dari Fra Angelico, Raphael, hingga Michaelangelo. Selain lukisan, juga ada sarkofagus, patung-patung dan frieze–yaitu seni lukisan di dinding sebelah atas pintu dan jendela, yang setiap tahunnya dinikmati oleh 4.6 juta lebih wisatawan yang datang.

 

7. Musee du Louvre – Prancis

Musee du Louvre.
Musee du Louvre. Image via Wikipedia.

Di Paris, ada museum yang sangat terkenal dengan arsitekturnya yang khas–dengan piramida kaca yang ditambahkan tahun 1989–dan dibangun di masa pemerintahan Raja Phillip di abad ke-12, yang juga merupakan bekas tempat tinggal Louis XIV.

Musee du Louvre, museum yang dikunjungi tak kurang dari 8 juta orang setiap tahunnya ini, berada di antara 2 sungai besar dan terkenal di Paris, yaitu sungai Seine dan sungai Rue de Rivoli.

Koleksi paling terkenal yang bisa ditemukan di sini adalah lukisan Monalisa, yang dilukis oleh Leonardo Da Vinci.

 

8. Rijkmuseum – Belanda

Rijksmuseum.
Rijksmuseum. Image via Awesome Amsterdam.

Rijkmuseum, yang didirikan lebih dari 2 abad yang lalu ini mempunyai simpanan koleksi paling bersejarah di dunia, meliputi koleksi-koleksi adikarya milik Rembrandt, Van Dyck, Vermeer, dan Jan Steen. Selain, tentunya, koleksi fotografik klasik, gambar, dan hasil cetak yang juga tak kalah berharganya.

 

9. Royal Mummy Room – Mesir

The Egyptian Museum
The Egyptian Museum. Image via Memphis Tours.

Royal Mummy Room, Mesir, merupakan saksi berbagai koleksi mumi dari 27 dinasti Firaun, termasuk salah satunya yang diduga merupakan mumi Sang Firaun yang tenggelam di Laut Merah di zaman Nabi Musa. Tak heran sih, lantaran Mesir memang merupakan sumber sejarah tertua yang ada di dunia.

Selain mumi, kita juga bisa menikmati berbagai artefak, patung, sarkofagus, kuburan Firaun Thutmosis III, Thutmosis IV, Amenophis II, dan masih banyak lagi.i.

 

10. New York Museum of Modern Art – Amerika Serikat

New York Museum of Modern Art
New York Museum of Modern Art. Image via NYCgo.com.

New York Museum of Modern Art menyimpan 150.000 karya seni, 4 juta film foto, dan 22.000 film, sehingga disebut sebagai salah satu museum paling berpengaruh dalam modern art yang berkembang di dunia. Di sini juga ada hasil adikarya milik Picasso dan Van Gogh.

Tak hanya menikmati koleksi-koleksi seni yang luar biasa, di sini kita juga bisa puas membaca-baca buku dan majalah mengenai seni modern dan kontemporer yang jumlahnya mencapai 300.000 eks.

 

11. The Museo Nacional de Antropologia – Meksiko

The Museo Nacional de Antropologia.
The Museo Nacional de Antropologia. Image via Wikipedia.

Terletak di Mexico City, The National Museum of Anthropology ini didirikan tahun 1964, dan menyimpan koleksi-koleksi artefak di masa pra-Colombus. Ada beberapa yang benar-benar menakjubkan seperti Batu Matahari, peninggalan suku Aztec.

Koleksi lainnya meliputi kepala batu raksasa Olmec, Sacred Cenote dari Chichen Itza, patung-patung dewa Aztec, sejarah benua Amerika sebelum Christopher Colombus datang, dan berbagai bukti jejak sejarah kehidupan pertengahan di Meksiko Tengah.

 

Nah, jadi, mau ke museum mana dulu nih kita?

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

Memilih Gedung Pernikahan, Biasanya Calon Pengantin Akan Melakukan 5 Kesalahan Ini

Memilih Gedung Pernikahan, Biasanya Calon Pengantin Akan Melakukan 5 Kesalahan Ini

Makan Sehat Tak Berarti Harus Selalu Nasi - Coba Penuhi Semua Nutrisi yang Diperlukan Tubuh!

Makan Sehat Tak Berarti Harus Selalu Nasi – Coba Penuhi Semua Nutrisi yang Diperlukan Tubuh!