Begini Lo Perawatan Wajah Alami ala Korea yang Bikin Muka Flawless Sepanjang Hari
in

Begini Lo Perawatan Wajah Alami ala Korea yang Bikin Muka Flawless Sepanjang Hari

Perawatan wajah alami ala Korea, atau sering disebut dengan K-Beauty, begitu populer di dunia semenjak maraknya film dan drama Korea yang banyak menampilkan para artis perempuan Korea.

Ya, amazing juga sih ya lihatnya, lantaran para artis perempuan Korea ini kok bisa ya, punya kulit putih sempurna, tanpa jerawat, dan tanpa kusam seperti itu? Senantiasa glowing dan flawless!

Ya, perempuan Korea memang dikenal memiliki wajah putih dan mulus tanpa cela, tulang pipi bersemu merah, bentuk mata serupa buah almond, dan kulit yang bersinar cerah.

Makanya tak heran, berbagai perawatan wajah alami ala perempuan Korea ini sekarang menjadi sorotan dan dikagumi oleh perempuan yang ada di seluruh dunia.

Yah, perempuan Korea memang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk merawat kulit mereka dengan sangat teliti. Kalau biasanya perempuan di mana pun mengandalkan berbagai pertolongan dari kosmetik agar tampil sempurna, perempuan Korea justru mengandalkan kecantikan kulit wajah yang alami dengan sedikit saja polesan make up.

Mereka lebih suka melakukan perawatan wajah alami untuk memelihara kecantikan kulit, ketimbang memolesnya dengan make up.

 

Ini dia 4 rahasia perawatan wajah alami perempuan Korea

Rumput laut.
Rumput laut. Image via Best Health Magazine Canada

1. Rumput laut

Rumput laut merupakan salah satu bahan dasar produk-produk kosmetik yang dijual di pasaran. Namun, para perempuan oriental ini ternyata tak cuma menggunakannya sebagai bahan pembuat kosmetik, tetapi mereka juga mengonsumsinya sebagai makanan sehari-hari.

Dan, setelah diteliti, ternyata rumput laut ini mengandung bahan anti penuaan dini lo! Jadi, tak heran deh para perempuan Korea itu tetap pada punya kulit kencang, meski mungkin usia mereka sudah tak muda lagi.

 

2. Kulit padi

Sudah menjadi tradisi pula bagi perempuan Korea untuk menggunakan kulit padi sebagai bahan perawatan wajah alami mereka.

Caranya, kulit padi ini ditumbuk hingga halus, kemudian dijadikan scrub tubuh. Ada juga yang mengubah kulit padi ini menjadi minyak.

Ekstrak kulit padi ini biasanya juga digunakan sebagai masker wajah yang mereka lakukan secara rutin hingga menghasilkan kulit wajah yang cerah dan bercahaya. Sedangkan minyaknya mereka gunakan sebagai pelembap dan pembersih wajah.

 

3. Kacang adzuki

Kacang adzuki adalah salah satu rahasia kecantikan perempuan Korea yang tertua.

Kacang ini ditumbuk lalu dicampur dengan air sedikit saja. Perempuan Korea biasa menggunakannya sebagai scrub. Kita pun bisa memanfaatkannya sebagai scrub tubuh, maupun untuk masker wajah.

 

4. Minyak Camellia

Minyak ini dihasilkan dari biji tanaman Camellia japonica, biasa digunakan untuk mencegah keriput dan kekeringan pada wajah perempuan Korea. Juga untuk mencegah wajah kusam.

Kita bisa menggunakannya untuk tujuan yang sama, atau bisa juga mengoleskan minyak Camellia ini di siku yang kasar, ataupun sebagai pelembap rambut.

 

Lalu bagaimana dengan perawatan wajah alami sehari-hari perempuan Korea? Apa saja yang mereka lakukan untuk mendapatkan kulit bercahaya begitu ya?

 

Ternyata ada 6 langkah perawatan wajah alami yang mereka lakukan secara rutin

 

Rahasia perawatan wajah alami ala perempuan Korea.
Rahasia perawatan wajah alami ala perempuan Korea. Image via Sweety High.

1. Serum

Pertama kali setelah seorang perempuan Korea mencuci wajah, maka ia akan langsung mengoleskan serum untuk memberi kelembapan pada kulit, sehingga perawatan kecantikan yang lain akan dengan mudah meresap.

2. Toner

Toner akan memberikan kesegaran pada kulit sehingga wajah pun menjadi lebih cerah.

3. Losion atau essence

Losion atau essence bermanfaat untuk menambah nutrisi pada kulit, membuat kulit jadi lebih kenyal dan terhindar dari kerusakan kulit akibat polusi dan radikal bebas.

4. Eyecream

Selanjutnya, perempuan Korea akan merawat mata mereka secara khusus dengan eyecream, yang berfungsi untuk menghilangkan dark area pada sekitar mata juga pada sudut mata.

Eyecream ini akan menyamarkan lingkaran hitam bak mata panda akibat kelelahan.

5. Moisturizer

Selain untuk melembapkan wajah, moisturizer akan membantu menutrisi kulit sehingga terlihat lebih segar dan sehat.

6. Sunblock

Langkah terakhir perawatan kecantikan yang dilakukan oleh perempuan Korea ini adalah mengaplikasikan sunblock, atau tabir surya.

Fungsinya—sepertinya sih sudah kita ketahui ya—untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari yang jahat, sehingga terhindar dari penuaan dini.

 

Dan, berikut ini adalah 7 tips cantik ala perempuan Korea, yang juga bisa kita lakukan setiap hari

1. Minum air yang cukup

Kebanyakan perempuan Korea rutin minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Selain minum, mereka juga makan buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan cairan dan serat bagi tubuh.

Cairan yang cukup akan menjaga kesehatan kulit dan mempertahankan kelembapan alami kulit.

2. Rutin bersihkan wajah

Membersihkan wajah merupakan langkah utama yang dilakukan oleh para perempuan Korea dalam ritual perawatan wajah alami mereka. Wajah yang kotor akan menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, komedo, keriput dan lain sebagainya lo.

3. Masker wajah

Selain membersihkan wajah secara teratur, perempuan Korea juga rutin menggunakan masker wajah.

Masker wajah terbaik adalah masker yang menggunakan resep alami. Agar kecantikan wajah kita lebih sempurna lagi, gunakan masker wajah setidaknya 2 kali seminggu. Masker wajah akan dapat menutrisi kulit jadi lebih cantik, halus, merona dan bebas jerawat.

4. Gunakan neck cream

Untuk perawatan leher, perempuan Korea menggunakan neck cream agar bisa tampil lebih bersih dan putih. Ini juga bisa untuk menyeimbangkan warna antara muka dan leher nih.

Sepertinya tak lucu kan, kalau wajahnya halus, putih dan merona, eh … lehernya hitam lengkap dengan kerut-kerutnya. Duh!

5. Tidur yang cukup

Istirahat yang cukup juga sangat berpengaruh pada kecantikan lo! Dan, tidur cukup juga merupakan salah satu rahasia cantik ala perempuan Korea yang perlu kitaa tiru.

Masa tidur adalah saat-saat terbaik bagi kulit untuk melakukan regenerasi sel. Kalau porsi tidur kurang, maka terjadilah penuaan dini. Kulit jadi keriput dan mengering.

6. Pilih produk kecantikan yang tepat

Umumnya kebanyakan perempuan Korea lebih memperhatikan perawatan wajah alami ketimbang penggunaan make up.

Jadi, kita juga tak perlu menggunakan make up yang terlalu tebal atau menor. Tampillah cantik alami, apa adanya. Seperti perempuan Korea.

7. Menata rambut

Perempuan Korea juga sangat memperhatikan tatanan rambut. Jadi, tatalah rambut kita sesuai bentuk wajah.

 

Nah, itu dia rahasia perawatan wajah alami ala perempuan Korea.

Siap untuk punya wajah glowing dan flawless ala artis-artis Korea? Jadikan tip-tip di atas sebagai kebiasaan kita sehari-hari.

Ditulis oleh Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.

Ini Dia Proses Melahirkan Normal Secara Detail Agar Ibu Punya Bekal Pengetahuan

Ini Dia Proses Melahirkan Normal Secara Detail Agar Ibu Punya Bekal Pengetahuan

Pilihlah Baju Hamil yang Nyaman - Berikut Tip dan Trik Lengkapnya!

Pilihlah Baju Hamil yang Nyaman – Berikut Tip dan Trik Lengkapnya!